Halo, sobat mahasiswa dan calon mahasiswa di seluruh Indonesia!

Universitas Padjadjaran atau sering disebut Unpad pada tahun 2020 lalu menerima 6.745 mahasiswa baru untuk jenjang pendidikan S1.

Jumlah yang banyak, bukan? 

Mahasiswa yang masuk pada Unpad akan dididik dengan mengacu pada visi: “Mencapai Universitas Bereputasi Dunia dan Berdampak pada Masyarakat” yang dilandasi oleh Pola Ilmiah Pokok “Bina Mulia Hukum dan Lingkungan Hidup”. 

Universitas yang diambil dari nama Kerajaan Sunda, yaitu Kerajaan Padjadjaran ini pun mengutamakan keunggulan akademik baik tingkat nasional maupun internasional, karakter yang profesional dan berintegritas, dapat terus berinovasi, serta dapat berdampak dan mengabdi pada masyarakat.

Ditinjau dari visi tersebut, universitas yang berdiri pada 11 September 1957 tentunya memiliki keunggulan yang patut sobat Ruang Mahasiswa pertimbangkan sebagai tempat untuk berkuliah.  

Sumber gambar: unpad.ac.id

Berikut, tim Ruang Mahasiswa telah merangkum beberapa alasan mengapa kamu harus memilih Unpad sebagai kampus tujuan! 

1. Terakreditasi A

Universitas Padjadjaran telah dinyatakan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) sebagai kampus yang terakreditasi A pada 19 Desember 2018. 

Akreditasi penting untuk bahan pertimbangan karena menilai kelayakan sebuah perguruan tinggi. Akreditasi A memberi makna bahwa Unpad memberi kualitas sangat baik sebagai universitas yang menunjang proses pembelajaran mahasiswa. 

Tak hanya itu, akreditasi ini penting untuk melihat mutu dari pendidikan tinggi agar kepentingan mahasiswa dan masyarakat terlindungi.  Hal ini mencakup bidang akademik maupun non-akademik. 

Tentunya dengan akreditasi A, maka Unpad menjamin kepentingan mahasiswa dan masyarakat dalam bidang akademik dan non-akademik. Mahasiswa pun memiliki daya saing dengan perguruan tinggi lainnya.

2. Mendapatkan Berbagai Penghargaan

Universitas Padjadjaran memperoleh pengakuan dalam kancah internasional, loh!

Unpad  berhasil masuk dalam daftar The Times Higher Education atau The World University Rankings 2021. Hanya ada 9 universitas dari Indonesia yang masuk dalam daftar tersebut. 

Di Indonesia sendiri, Unpad masuk menduduki posisi ketujuh sebagai universitas terbaik di Indonesia. Hal ini sesuai dengan hasil riset The World University Rankings 2021 yang dirilis pada 2 September 2020. 

Sedangkan menurut QS Asia University Rankings 2021, penilaian setingkat benua Asia, Unpad berada pada posisi 238 sebagai universitas terbaik di Asia.

Penilaian lainnya menurut Webometric. Unpad menduduki peringkat 1.832 di dunia. Sedangkan untuk di Indonesia sendiri, Unpad ada pada urutan ke sembilan sebagai universitas terbaik. 

Sungguh prestasi yang membanggakan!

Baca juga: 10 PTN Terbaik di Indonesia 2021 versi UniRank

3. Jurusan Lengkap

Pada awal berdiri, Unpad hanya memiliki 4 fakultas yaitu Fakultas Hukum dan Pengetahuan Masyarakat, Fakultas Ekonomi, Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan, dan Fakultas Kedokteran.

Kini Unpad yang selalu bertumbuh dan berkembang, memiliki 16 fakultas. Program studi (prodi) untuk studi sarjana (S1) yang terdapat pada Unpad yaitu sejumlah 54.

Ke 16 fakultas tersebut yaitu:

  • Fakultas Hukum,
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis,
  • Fakultas Kedokteran,
  • Fakultas Matematika dan IPA,
  • Fakultas Pertanian,
  • Fakultas Kedokteran Gigi,
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik,
  • Fakultas Ilmu Budaya, Psikologi,
  • Fakultas Peternakan,
  • Fakultas Ilmu Komunikasi,
  • Fakultas Keperawatan,
  • Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan,
  • Fakultas Teknologi Industri Pertanian,
  • Fakultas Farmasi, serta
  • Fakultas Teknik Geologi. 

For your information, Fakultas Ilmu Komunikasi Unpad merupakan yang pertama di Indonesia, loh!

Fikom Unpad berdiri sejak 18 September 1960. 

BAN-PT juga menyatakan bahwa Universitas Padjajaran menempati posisi ke-4 Universitas yang memiliki program studi terakreditasi A. Sebanyak 33 prodi yang terakreditasi A.

4. Fasilitas Pembelajaran yang Lengkap

Bukan hanya menyediakan berbagai jurusan, fasilitas yang mendukung proses keberhasilan belajar mengajar juga disediakan secara lengkap.

Unpad memiliki rumah sakit gigi dan mulut, rumah sakit pendidikan, pusat bahasa, e-learning, hingga pusat pelayanan basic science. 

Pusat bahasa memfasilitasi mahasiswa untuk belajar bahasa. Pusat bahasa pun memberi kesempatan untuk mengembangkan kemampuan berbahasa dengan menyediakan berbagai kursus intensif maupun privat.

Kursus yang dapat diikuti yaitu bahasa Indonesia, bahasa Sunda, dan bahasa asing seperti bahasa Inggris, Perancis, Jepang, Jerman, Belanda, Rusia, Italia, dan Arab. 

Terlebih, Pusat Bahasa Unpad menyediakan jasa konsultasi kebahasaan, penyuntingan, penerjemahan, dan tes kemahiran bahasa Indonesia.

Sumber: unpad.ac.id

Bertujuan untuk mengoptimalkan penggunaan teknologi demi memaksimalkan pembelajaran, Unpad menyediakan ruang e-learning.

Pada ruang tersebut disediakan komputer dan sarana prasarana elektronik lain yang mendukung.  

e-Learning Unpad bekerja sama  dengan dosen untuk mengadakan mata kuliah online.

Mereka juga dapat berkonsultasi mengenai how to design online course, how to create good online course, how to design content, online course management

Pusat pelayanan basic science yaitu laboratorium untuk kegiatan pelatihan internal dan  eksternal mahasiswa serta pembelajaran basic science.

Tenaga pengajar  datang dari berbagai fakultas seperti Kedokteran, MIPA, Farmasi, Perikanan dan Ilmu Kelautan, dan fakultas-fakultas lainnya. 

Baca juga: 5 PTN Terbaik di Pulau Jawa versi Webometric 2021

5. Fasilitas yang Mendukung Hobi Olahragamu

Sumber: unpad.ac.id

Unpad juga mendukung mahasiswa yang memiliki hobi olahraga. Hal ini terbukti dari adanya lapangan, baik indoor maupun outdoor

Lapangan yang disediakan oleh Unpad yaitu lapangan futsal, bulu tangkis, serta voli yang gabung dengan lapangan basket. 

Bahkan Unpad memiliki stadion sepak bola yang disebut Stadion Jati Padjadjaran. Berlokasi di Jl. Raya Bandung, Jatinangor, stadion ini memiliki daya tampung hingga 1500 orang

Pusat Kebugaran dan Kecantikan Fitness Ideal,  juga  disediakan oleh Unpad.

Diresmikan pada 9 April 2005, Fitness Ideal dilengkapi dengan dokter ahli olahraga dan dokter ahli gizi. Hal Ini bertujuan agar dapat mengatur takaran latihan, jenis latihan, dan komposisi tubuh.

Tersedia 42 jenis alat fitness yang dapat digunakan oleh seluruh anggota. Bahkan pusat kebugaran ini dilengkapi dengan medical check up seperti rekam jantung, pengukuran ketebalan lemak, hingga shower dengan air panas. Ada pelatihnya juga dong!

Mahasiswa tetap bugar dong meski jadwal kuliah padat merayap, ya! 

6. Memiliki Kerja Sama Baik Dalam Negeri dan Luar Negeri

Unpad menjalin kerjasama dengan lebih dari 60 universitas di berbagai negara. Negara-negara yang menjadi pilihan yaitu Inggris, Jepang, Korea Selatan, Perancis, dan Belanda.

Universitas yang bekerjasama dengan Unpad yaitu Universiteit Leiden, Sung Kyun Kwan University, University of New South Wales, King’s College London,Tohoku University Guizhou University, Dong A University.

Unpad pun berani untuk menerima 229 siswa asing pada tahun 2019. 

Dilansir dari Detik.com, Unpad memiliki mahasiswa asing terbanyak kedua se-Indonesia. Cocok nih, untuk kamu yang ingin melatih berkomunikasi bahasa Inggris sehari-hari dan memperluas pertemanan.

Sedangkan untuk kerja sama dalam negeri, Unpad berkolaborasi dengan universitas lainnya, pemerintah pusat, BUMN, BUMD, serta pemerintahan kabupaten/kota.

Terlebih lagi, Unpad juga bekerja sama dengan LSM dan rumah sakit. 

7. Fasilitas Akomodasi dan Transportasi 

Alasan harus memilih Unpad yang terakhir di list ini adalah fakta unik bahwa Unpad menyediakan fasilitas akomodasi dan transportasi yang baik.

Universitas yang terletak di dua lokasi yaitu Dipati Ukur dan Jatinangor ini memfasilitasi mahasiswa dengan menyediakan asrama.

Terdapat 12 asrama dengan total daya tampung 1.564 orang.  Tentunya asrama terbagi di beberapa tempat yang berbeda. Kamu dapat menambah relasi dari orang berbagai daerah. 

Kampus yang seluas 3.285,5 Hektar ini, menyediakan transportasi umum dengan GRATIS.  Unpad menyediakan angkutan biru sejumlah 9 mobil untuk akses dalam kampus.

Tak hanya itu, Unpad juga menyediakan mobil gandengan

Baca juga: Yuk Ketahui, 6 Fakta Menarik Universitas Indonesia Berikut


Nah sobat, itulah beberapa alasan mengapa kamu harus memilih Unpad sebagai kampus tujuan untuk melanjutkan pendidikan.

Gimana? Setelah mendengar beberapa alasan harus memilih Unpad di atas, apakah kamu semakin semangat masuk Unpad atau justru berubah pikiran, sobat?

Apapun keputusanmu, semoga dapat berdampak baik untuk kamu, ya!


*Artikel ini telah ditulis berdasarkan referensi valid seperti, situs resmi universitas: unpad.ac.id, kompas.com, detik.com dan lainnya.

Penulis Jessica Idelia Soekardjo