Update : 12 Maret 2019

Ruang Mahasiswa adalah platform pengembang akademi online dan media informasi untuk mahasiswa dan calon mahasiswa.

Didirikan pada tanggal 15 Agustus 2015 oleh seorang pemuda dari desa, yang bernama Ronaldi Tumanggor yang pada saat itu sedang berkuliah di S1 Ilmu Komputer USU.

Alasan didirikannya Ruang Mahasiswa dilatarbelakangi  founder yang berasal dari desa tersebut sangat susah mencari informasi seputar perkuliahan di awal masuk perkuliahannya pada tahun 2013.

Sehingga dia juga berpikir bahwa banyak adik – adik yang kesusahan untuk mendapatkan informasi seputar masuk kampus dan dunia perkuliahan, karena pada saat itu tidak ada satu situs website pun yang fokus dan serius mengulas informasi seputar masuk kampus dan dunia perkuliahan.

Berkaca pada pengalaman itu, beliau terpikir bahwa kasus yang sama pasti banyak terjadi pada calon mahasiswa dan maupun mahasiswa lainnya, sehingga lahirlah ide untuk mendirikan ruangmahasiswa.com.

Maka awal berdirinya Ruang Mahasiswa adalah sebagai platform media informasi yang berisi informasi perkuliahan, tips, motivasi, beasiswa dan lain – lain yang bermanfaat dan positif bagi mahasiswa & calon mahasiswa yang dapat diakses secara grafis.

Memiliki tujuan yang mulia sekali yaitu memberikan informasi dan  berbagi di antara mahasiswa Indonesia. Dengan tekad dan kerja sama untuk sebuah tujuan mulia, situs ini diharapkan bisa menjadi acuan mahasiswa untuk memperoleh informasi, bercerita, berbagi dan memotivasi.

Menyadari bahwa minimnya situs yang mengkaji informasi khusus tentang mahasiswa sedangkan mahasiswa sangat membutuhkan informasi tersebut, karena demikianlah ada keinginan beberapa mahasiswa yang memprakarsai media ini untuk memberikan informasi yang memang benar  – benar dibutuhkan oleh para mahasiswa.

Semakin bertambah tahun dengan seiring terus mengembangkan Ruang Mahasiswa, Ronaldi  menyadari bahwa  permasalahan mahasiswa juga tidak hanya pada akses informasi tetapi juga terjadi pada masalah mendasar pada dunia pendidikan tinggi, seperti:

  • Masih banyaknya lulusan SMA/sederajat yang tidak bisa kuliah, hal ini dibuktikan dengan data hanya 30% lulusan SMA/sederajat yang bisa melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi
  • Masih banyak anggapan baik dari siswa atau pun orang tua bahwa untuk kuliah itu harus punya uang banyak, harus berasal dari keluarga orang kaya padahal banyak beasiswa yang bisa membantu pendidikan di perguruan tinggi
  • Sangat banyak mahasiswa yang mengaku salah jurusan, dibuktikan melalui penelitian yang dilakukan Indonesia Career Center Network (ICCN) pada 2017 bahwa 87% mahasiswa mengaku salah jurusan

Ini adalah beberapa masalah utama dari banyaknya masalah pendidikan tinggi di Indonesia.

Maka pada November 2018, tim Ruang Mahasiswa mengembangkan platform dengan beberapa fitur barunya yang dibagi menjadi 4 bagian utama, yaitu:

  1. Akademi Online : yaitu pelatihan, konsultasi & kuliah online untuk membahas topik – topik tertentu yang dibutuhkan banyak mahasiswa dan calon mahasiswa seperti masuk PTN, SNMPTN, SBMPTN, cara meraih beasiswa, tips menyusun skripsi dan lain sebagainya.
  2. Kampus : fitur direktori kampus, peringkat, keunggulan dan fasilitasnya di Indonesia sehingga calon mahasiswa lebih mudah menemukan yang cocok untuk mereka sesuai keinginan dan minat. Serta ada pendaftaran 1 pintu bagi kampus – kampus swasta yang belum memiliki portal pendaftaran online
  3. Event : menjadi direktori event atau kegiatan mahasiswa Indonesia yang lengkap dalam 1 platform, hal ini menjadikan mahasiswa sebagai penyelenggara lebih mudah mempublikasikan acara mereka ke target peserta dan mahasiswa/i Indonesia akan lebih mudah mencari kegiatan – kegiatan mahasiswa yang cocok & tepat
  4. Info : menyajikan beragam informasi dan tips perkuliahan seperti, info beasiswa, info kuliah & kampus, tips & trik mahasiswa dan lain sebagainya

Jika anda tertarik bekerjasama dalam pengembangan Ruang Mahasiswa atau hal lainnya yang berkaitan dengan memajukan pendidikan Indonesia, silahkan kontak kami:

Email: tim@ruangmahasiswa.com | atau kontak kami selengkapnya klik di sini

Besar harapan kami dari tim Ruang Mahasiswa kita saling mendukung, saling berkontribusi untuk memajukan pendidikan di Indonesia.

Kepada mahasiswa, tetaplah menjadi mahasiswa yang positif dengan mengedepankan prestasi dan kontribusi nyata, karena pasti menjadi harapan masa depan bangsa.


Ingin jadi penulis artikel, atau kamu punya pengalaman, cerita atau pun tips yang menarik untuk dibanyak orang?

“Saat ini ruangmahasiswa.com dibaca lebih dari 3000 kali setiap harinya, maka sudah dipastikan artikel yang kamu tulis akan banyak dibaca orang”.

Segera kirimkan artikelmu. Klik di sini

Terus dukung ruangmahasiswa.com untuk dapat selalu berbagi tindakan nyata . Salam dan semangat mahasiswa!

Ruang Mahasiswa – Buat KULIAH jadi lebih MUDAH

Salam,

Tim Redaksi


Saksikan tayangan kami di DAAI TV