Halo, sobat Ruangmahasiswa!

Nggak kerasa ya sudah mau memasuki bulan April. Artinya, pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2021 akan segera dilaksanakan. Wah, gimana nih persiapan kamu, calon mahasiswa, untuk masuk PTN impian?

Seperti yang sudah dijelaskan pada artikel sebelumnya, bahwa UTBK ini merupakan tes masuk perguruan tinggi yang dilaksanakan oleh LTMPT. UTBK ini sudah dilaksanakan sejak tahun 2019, lho!

Tentunya, peraturan UTBK dari tahun ke tahun selalu berubah dan dinamis mengikuti situasi dan kondisi yang ada. Tak terkecuali aturan UTBK 2021 yang pelaksanaannya masih dilaksanakan di tengah pandemi.

Nah, buat kamu calon mahasiswa harus tahu info UTBK 2021, dong! Terus, jangan lupa cermati apa saja peraturan UTBK 2021 supaya persiapannya nggak salah arah, ya!

Pelaksanaan UTBK tahun 2021 secara garis besar tidak terlalu berbeda dengan tahun 2020. Hal tersebut dikarenakan adanya proses penyesuaian terhadap pandemi COVID-19.

Eits...tapi ada beberapa hal yang membedakan lho, Sobat! Mau tahu apa saja peraturan UTBK 2021 dan perbedaannya dengan UTBK tahun sebelumnya?

Langsung aja simak penjelasan mengenai ketentuan atau aturan UTBK 2021 di bawah ini, ya!

1. Jenis Tes

Di dalam pelaksanaan UTBK, terdapat dua jenis mata uji dalam setiap pelaksanaanya, Sobat. Apa saja sih?

Yang pertama, ada Tes Potensi Skolastik (TPS). Tes ini berisi 4 sub tes yang beberapa diantaranya dibuat menggunakan bahasa Inggris.

Yang kedua, terdapat Tes Kompetensi Akademik (TKA), Sobat. Nah, TKA ini masih terbagi lagi, lho! Ada TKA Saintek untuk kelompok sains dan teknologi dan TKA Soshum untuk kelompok sosial humaniora.

Hayo, kamu mau ambil jenis tes Saintek apa Soshum, nih?

Nah, di tahun 2021 dua jenis tes ini akan diujikan dalam UTBK 2021 lho, Sobat! Inilah salah satu hal yang membedakan UTBK 2021 dengan UTBK 2020.

Kalau tahun lalu jenis tes yang diberlakukan hanya TPS saja, tahun ini TKA juga akan menjadi salah satu tes yang diujikan. So, jangan lupa tetap mempersiapkan diri dengan materi TKA, ya!

Baca: 12 Tanya Jawab seputar UTBK – SBMPTN 2021 !

2. Waktu Pengerjaan

alasan pentingnya try out utbk - manajemen waktu
Sumber gambar: blog.ruangguru.com

Karena terdapat 2 jenis tes dan bobot yang beragam dalam UTBK 2021, LTMPT membagi durasi waktunya secara berbeda.

Untuk jenis tes TPS diberikan waktu pengerjaan selama 105 menit. Hal ini sama dengan UTBK 2020 dan memiliki perbedaan dengan UTBK 2019 yang diberi waktu 120 menit.

Kemudian, tes jenis TKA (Saintek atau Soshum) diberikan waktu selama 90 menit. Alokasi waktu ini tidak berubah sejak pelaksanaan UTBK pada tahun 2019.

Nah, buat kamu peserta UTBK 2021, perhatikan juga ya alokasi waktu ini! Jangan sampai kalian kehabisan waktu pas pengerjaan UTBK.

3. Kelompok Ujian

Untuk pertama kalinya, pelaksanaan UTBK 2021 menyelenggarakan kelompok ujian campuran. Wah, apaan tuh?

Kelompok ujian campuran adalah peserta UTBK yang mengikuti jenis tes TPA, TKA Saintek, dan TKA Soshum secara bersamaan.

Sejak dilaksanakannya UTBK pada 2019, kelompok ujian ini belum pernah ditawarkan kepada calon mahasiswa lho, Sobat.

Jadi, UTBK 2021 secara keseluruhan mengadakan kelompok ujian Saintek, Soshum, dan Campuran bagi calon mahasiswa 2021.

Baca: Terbaru! 5 Cara Memprediksi Skor UTBK untuk Lolos SBMPTN 2021

4. Ketentuan dalam Pengambilan Kelompok Ujian

Setelah Sobat Ruangmahasiswa tahu tentang kelompok ujian UTBK 2021, kalian juga harus paham mengenai ketentuan pengambilannya, lho!

Kira-kira apa saja sih ketentuan dalam mengambil kelompok ujian dalam UTBK 2021? Simak penjelasannya, ya!

Untuk peserta yang akan memilih program studi klaster Saintek, maka diwajibkan mengikuti TPS dan TKA Saintek. Begitupula jika Sobat Ruangmahasiswa ingin memilih prodi Soshum, maka harus mengikuti TPS dan TKA Soshum.

Eiitss…tidak berhenti sampai di situ, Sobat. Karena terdapat kelompok ujian campuran yang memilih prodi Soshum dan Saintek. Oleh karena itu, jika kamu memilih kelompok ini harus mengikuti TPS, TKA Saintek, dan TKA Soshum.

Persiapkan diri dengan baik ya, Sobat!

5. Gelombang Pelaksanaan dan Kesempatan Tes

UTBK 2021 memberikan keleluasaan waktu bagi kalian, lho! Karena, tahun ini terdapat 2 gelombang pelaksanaan UTBK. Hal ini berbeda dengan tahun 2020 yang hanya terdapat 1 gelombang pelaksanaan saja.

Akan tetapi, rupanya kesempatan tes yang diberikan oleh LTMPT tidak bertambah, Sobat. Kesempatan yang diberikan sama seperti pada UTBK 2020.

Pasalnya, peserta UTBK 2021 hanya diperbolehkan mengikuti 1 kali ujian saja. Berbeda dengan tahun 2019 yang memperbolehkan peserta UTBK mengikuti 2 kali tes.

Tapi, tenang saja ya! Selagi Sobat Ruangmahasiswa mempersiapkan diri dengan baik, 1 kali kesempatan yang diberikan tetap akan maksimal, kok!

6. Kuota Mahasiswa di Kampus PTNBH

PTN berbadan hukum di Indonesia
Sumber : kompasiana.com

Sobat Ruangmahasiswa pernah mendengar istilah PTNBH? Wah, kira-kira apa ya?

PTNBH merupakan singkatan dari Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum, Sobat.

Nah, di Indonesia terdapat 12 PTNBH. Diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Universitas Gadjah Mada (UGM)
  • Universitas Sebelas Maret (UNS)
  • Universitas Indonesia (UI)
  • Universitas Diponegoro (Undip)
  • Universitas Padjadjaran (Unpad)
  • Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)
  • Universitas Sumatera Utara (USU)
  • Universitas Hasannudin (Unhas)
  • Universitas Airlangga (Unair)
  • Institut Teknologi Bandung (ITB)
  • Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), dan
  • Institut Pertanian Bogor (IPB)

Pada UTBK 2021 ini, setiap PTNBH dapat menentukan kuota mahasiswa jalur UTBK-SBMPTN sebanyak minimal 30% dari total mahassiwa. Hal ini berbeda dari perguruan tinggi non-PTNBH yang memiliki kuota minimal 40%.

Jadi, buat kamu yang ingin berkuliah di 12 PTNBH di atas, harus mempersiapkan diri dengan belajar giat, ya!

Eiitss…tapi bukan berarti kalau kampus impianmu bukan PTNBH, kamu bisa santai-santai ya belajarnya. Kamu tetap harus belajar dengan giat karena ada ribuan pesaingmu di luar sana!

7. Patuhi Protokol Kesehatan

Yang terakhir, ketentuan yang sudah seharusnya menjadi kewajiban bagi kita semua. Karena pelaksanaan UTBK 2021 masih berada di tengah pandemi COVID-19, maka Sobat Ruangmahasiswa harus menaati protokol kesehatan, ya!

Karena, kesehatan adalah yang terpenting selama kalian berjuang mendapatkan kampus impian.

Itu tadi 7 ketentuan atau aturan dalam pelaksanaan UTBK 2021. Semoga tulisan ini dapat membantu kalian dalam mengenal dan memahami peraturan yang ada di UTBK 2021, ya!

Semangat calon mahasiswa 2021!


*) Ditulis dengan berbagai sumber referensi valid, terutama situs resmi LTMPT.

Penulis Pradana Ricardo
Mahasiswa Universitas Sebelas Maret, Surakarta