Ngomongin kuliah, orang – orang pasti pengennnya untuk berkuliah di kampus atau universitas terbaik. Nah, terutama untuk kuliah di PTN (Perguruan Tinggi Negeri), mungkin kamu salah satunya juga langsung terpikir ke PTN yang ada di pulau Jawa.

Memang tidak menjadi rahasia lagi, bahwa PTN terbaik di Indonesia itu adanya di Pulau Jawa, yang menjadi pusat penduduk Indonesia, pusat pemerintahan, pusat ekonomi, pulau dengan terpadat penduduknya.

Di samping banyaknya kampus – kampus atau universitas yang bagus dan favorit di pulau Jawab, tapi kali ini tim RuangMahasiswa fokus mengulas Top 5 PTN di Pulau Jawa aja berdasarkan kriteria – kriteria tertentu.

Pastinya kamu pengen tahu dan pengen kuliah di 5 PTN terbaik ini kan?

Nah, agar makin tahu, yuk mari kita simak 5 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) terbaik di Pulau Jawa!

Apa salah satunya ada nama kampusmu atau kampus impianmu?

Penilaian Terbaru Tahun 2021!

Webometrics Ranking of World Universities atau lembaga pemeringkat perguruan tinggi di seluruh dunia, baru-baru ini telah merilis peringkat perguruan tinggi terbaik di Indonesia.

Lembaga ini menerbitkan peringkat universitas setiap 2 kali dalam setahun, yaitu pada bulan Januari dan Juli.

Sekitar 2.627 perguruan tinggi di Indonesia yang masuk dalam daftar peringkat tersebut. Pemeringkatan tersebut dilakukan berdasarkan penilaian terhadap beberapa indikator.

Mau tahu apa saja indikatornya? Lanjutkan membaca, ya!

Indikator Penilaian Peringkat Kampus

Ini dia, indikator dan metodologi yang digunakan webometrics untuk mendapatkan pemeringkatan tersebut. Di antaranya sebagai berikut.

  • Visibility

Diukur dari jumlah jaringan eksternal (subnet) yang terhubung ke halaman web institusi (dinormalisasi dan kemudian nilai maksimum dipilih).

  • Impact

Dinilai dari banyaknya backlink dari situs luar.

  • Opennes

Diukur dari jumlah file berbagai jenis (.pdf, .doc, .ps, .eps, .ppt, atau .pptx), yang dapat diakses dan terhubung dengan domain situs universitas.

  • Excellence

Dinilai dari jumlah artikel publikasi ilmiah karya civitas akademika.

Indikator tersebut juga mempertimbangkan komitmen pengajaran, hasil penelitian, prestis internasional, hingga hubungan dengan masyarakat termasuk sektor industri dan ekonomi hingga universitas.

For your information, webometrics menampilkan rincian peringkat masing-masing perguruan tinggi di Indonesia dengan menampilkan penilaian terhadap impact, opennes, dan excellence.

Wajib Tahu, 5 PTN Terbaik di Pulau Jawa!

Berikut 5 Perguruan Tinggi Negeri terbaik di Pulau Jawa yang mengadaptasi dari daftar PTN terbaik di Indonesia berdasarkan versi webometrics edisi 1 tahun 2021.

1. Universitas Indonesia (UI)

Pada posisi pertama di duduki oleh kampus perjuangan, Universitas Indonesia. Dengan penilaian sebagai berikut.

  • Impact Rank : 396
  • Opennes Rank : 636
  • Excellence Rank : 1253

By the way, kampus kuning, Universitas Indonesia memiliki 14 fakultas, 2 sekolah pascasarjana, dan 1 program vokasi.

Berlokasi di dua tempat yang berbeda, yaitu Kampus Depok (Depok, Jawa Barat) dan Kampus Salemba (Jakarta Pusat).

Kalau sobat mahasiswa ialah calon mahasiswa baru alias camaba UI, boleh banget untuk memantau kampus impianmu melalui laman resminya pada ui.ac.id.

Baca juga: Yuk Ketahui 6 Fakta Menarik Universitas Indonesia Berikut!

2. Universitas Gadjah Mada (UGM)

ptn terbaik di pulau jawa - universitas gadjah mada - ugm
Sumber gambar: nusagates.com

Posisi ke-2 diraih oleh Universitas Gadjah Mada yang langganan meluluskan tokoh penting di Indonesia, salah satunya Bapak Joko Widodo.

Dengan rincian penilaian pemeringkatan, sebagai berikut.

  • Impact Rank : 578
  • Opennes Rank : 640
  • Excellence Rank : 1507

By the way, UGM memiliki julukan kampus dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat. Dengan sebutan jas almamater yang unik, yaitu jas alamamter karung goni.

Memiliki 18 fakultas, 1 sekolah vokasi, dan 1 sekolah pascasarjana dengan jumlah program studi mencapai 265.

Kalau Sobat Mahasiswa masih kepo, dapat berkunjung melalui laman resmi pada www.ugm.ac.id.

Baca: 9 Fakta Menarik UGM yang Jarang Diketahui

3. Institut Pertanian Bogor (IPB)

ptn terbaik di pulau jawa - institut pertanian bogor - ipb
Sumber gambar: aktuaria.ipb.ac.id

Pada posisi ketiga, berhasil diraih oleh Institut Pertanian Bogor (IPB) atau yang biasa disebut IPB University. Dengan rincian penilaian, sebagai berikut.

  • Impact Rank : 679
  • Opennes Rank : 700
  • Excellence Rank : 2181

Eits, jangan salah IPB ialah satu-satunya perguruan tinggi di Indonesia yang menyandang nama “Institut” setaraf universitas. Bahkan sekarang sudah berubah nama menjadi IPB University

Memiliki 9 fakultas dan 3 sekolah dengan 37 departemen (39 program studi sarjana), 18 program keahlian pendidikan diploma, 73 program studi magister, 43 program studi doktor.

Dilansir dari laman resmi haipb.ipb.ac.id, mahasiswa baru di IPB selalu ditugaskan untuk menulis 100 cita-cita untuk kedepannya, wah menarik bukan?

Ingin mengetahui lebih lanjut mengenai IPB, sila berkungjung pada laman resmi di : www.ipb.ac.id

4. Institut Teknologi Sepuluh November (ITS)

Keempat, diduduki oleh Institut Teknologi Sepuluh November yang akrab dengan jargon “ITS Cak” dan mahasiswa ITS biasa di sebut dengan arek ITS. Dengan penilaian pemeringkatan, sebagai berikut.

  • Impact Rank : 930
  • Opennes Rank : 1067
  • Excellence Rank : 1745

ITS merupakan kampus utama kebanggaan warga Surabaya.

Memiliki 7 fakultas dan 39 jurusan atau departemen, yang mewakili rumpun keilmuan sains, teknologi, seni, dan humaniora. Tak sampai disitu, ITS juga berhasil meluluskan alumni yang saat ini menjadi Mentri Sosial di Indonesia.

Ya, siapa lagi kalau bukan Ibu Tri Rismaharini. Anyway, arek ITS pasti tahu rasa kekeluargaan pada setiap angkatan yang tercipta apabila telah lulus ospek, hehe.

Sobat mahasiswa dapat mengunjungi laman resmi ITS pada www.its.ac.id.

5. Universitas Brawijaya (UB)

Terakhir, menempati posisi nomor 5 berhasil diraih oleh kampus yang sering dijuluki sebagai kampus pengusaha, Universitas Brawijaya.

Dengan penilaian pemeringkatan, sebagai berikut.

  • Impact Rank : 771
  • Opennes Rank : 828
  • Excellence Rank : 2365

Memiliki 4 kampus yang tersebar di Pulau Jawa, yaitu terletak di Malang, Dieng, Kediri, dan Jakarta serta memiliki 16 fakultas dan 98 program studi.

Anyway, UB juga terkenal dengan jumlah penerimaan mahasiswa baru paling banyak setiap tahunnya. Sehingga menjadi PTN yang paling banyak pendaftarnya juga.

Selain terkenal karena banyak mahasiswanya, UB juga terkenal memiliki bangunan yang unik dan beberapa program kemahasiswaanya.

Seperti Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dan Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) serta masih banyak yang lain, wah menarik bukan?

Yuk, mampir ke laman resmi Universitas Brawijaya www.ub.ac.id atau baca di 7 Fakta Unik dan Menarik Universitas Brawijaya, Kuy Cari Tahu!.

Nah itu dia Sobat, 5 PTN (Perguruan Tinggi Negeri) terbaik di Pulau Jawa versi situs perangkingan universitas dunia Webometric.

Bagaimana Sobat Mahasiswa, apakah kampusmu di antaranya? Untuk calon mahasiswa baru, pastinya udah dapat lebih banyak gambaran untuk berkuliah di kampus mana kan?


*) Artikel sudah ditulis berdasarkan referensi valid dari webometrics.info, kompas.com, mediaindonesia.com, detik.com, ipb.ac.id

Penulis Cahyarani Adi Hanifah
Mahasiswi Universitas Brawijaya