Update 30 April 2023 – Halo teman-teman dan adik-adik calon mahasiswa.

Siapa sih yang gak ingin kuliah di perguruan tinggi terbaik. Pasti semuanya ingin mendapatkan kesempatan belajar di perguruan tinggi atau kampus – kampus terbaik.

Karena dengan berkuliah di kampus terbaik, banyak keuntungannya, artinya sudah teruji kualitasnya, fasilitas mumpuni, banyak dukungan kampus untuk kemajuan mahasiswanya, support networking terhadap alumni juga kuat.

Yang pastinya jika kamu masuk di perguruan tinggi terbaik, kamu juga bangga karena kampusmu juga terkenal.

Berbicara Perguruan Tinggi Terbaik, kini ruangmahasiswa.com sudah merangkum 10 yang terbaik di Indonesia, diambil dari situs UniRank (4icu.org).

UniRank adalah sebuah situs pemeringkatan kampus yang sangat populer di dunia. UniRank mengurutkan peringkat universitas berdasarkan berikut ini:

  1. Lisensi dan akreditasi sebuah perguruan tinggi
  2. Bidang program studi setidaknya gelar sarjana empat tahun (sarjana) atau pascasarjana (magister atau doktoral)
  3. Proses perkuliahan yang sebagian besar dalam format pendidikan tradisional, tatap muka, non-jarak jauh

Berikut adalah daftar 10 Perguruan Tinggi Negeri terbaik di Indonesia tahun 2023 versi UniRank:

Kita mulai dari peringkat 10 dulu ya … hehe

10. Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) menjadi salah satu PTN terbaik di Indonesia versi Unirank tahun 2023.

Universitas yang terletak di jalan Dr. Setiabudhi No. 229 Bandung, Jawa Barat ini telah berdiri sejak tahun 1954 loh, sobat!

Jika kamu ingin berkecimpung di jurusan Pendidikan, Universitas yang satu ini merupakan pilihan yang tepat agar kamu bisa melahirkan siswa-siswa yang berkualitas.

Universitas ini juga menyediakan banyak program untuk jenjang S1, S2 dan S3. Ada beberapa fakultas yang bisa menjadi pilihan kamu di sini salah satunya Fakultas Ilmu Pendidikan dengan beberapa program studi (prodi).

Diantaranya Prodi Sarjana Administrasi Pendidikan, Psikologi Pendidikan dan Bimbingan, Pendidikan Masyarakat, Pendidikan Khusus, Teknologi Pendidikan, Perpustakaan dan Sains Informasi, Pendidikan Guru SD, Pendidikan Guru PAUD, dan Psikologi.

Selain Fakultas Ilmu Pendidikan, Fakultas Pendidikan Bahasa dan Sastra, Fakultas Pendidikan Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Pendidikan Teknologi dan Kejuruan,

Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, Fakultas Pendidikan MIPA, Fakultas Pendidikan Seni dan Desain, serta Sekolah Pascasarjana bisa menjadi pilihan yang tepat bagi kamu.

Tahun 2023, UPI juga berhasil mendapatkan ranking 2 dalam bidang pendidikan di Indonesia versi THE WUR (The World University Ranking). Jadi, jangan ragu daftarkan diri kamu di sini ya.

Baca juga: 5 PTN Terbaik di Pulau Kalimantan

Berdasarkan surat keputusan BAN PT, UPI mendapatkan akreditasi institusi dengan peringkat “A”.

9. Universitas Sebelas Maret (UNS)

PTN paling favorit di snmptn - universitas brawijaya
Sumber gambar: acehtrend.com

Di peringkat ke-9 ada Universitas Sebelas Maret atau yang punya singkatan keren UNS nih, sobat!

Dibandingkan dengan kampus-kampus lainnya di list ini, usia UNS masih tergolong muda, karena baru didirikan pada tahun 1976.

Tahun 2023, UNS telah menerima sebanyak 2.043 Mahasiswa Baru jalur SNBP.

Hingga saat ini, UNS telah memiliki 10 fakultas dan satu program pascasarjana, yang menawarkan 151 program studi, diantaranya: 24 prodi di program diploma, 63 prodi pada program S-1, 38 prodi pada program S-2, 11 prodi pada program S-3, 2 prodi pada program profesi serta 13 prodi program pendidikan dokter spesialis.

Unversitas ini juga meraih penghargaan dari Public Relation Indonesia Award (PRIA) 2023 untuk kategori Terpopuler di Media Cetak dan Online tahun 2022 sub kategori perguruan tinggi.

Kualitas dan berbagai fasilitas ini membuat UNS mendapatkan akreditasi “A” dari BAN PT

8. Universitas Diponegoro (Undip)

Diperingkat selanjutnya ada Universitas Diponegoro (Undip) berada di peringkat 8.

Menurut Lembaga pemeringkatan universitas dunia Quacquarelli Symonds (QS) Asia University Rankings (AUR) 2023, kampus yang berdiri sejak tahun 1957 ini menduduki peringkat 1 terbaik di Jawa Tengah dan peringkat 200 se-Asia.

Undip memiliki banyak program dari berbagai tingkatan dan rumpul ilmu yang dapat kamu ikuti.

Undip juga memberikan kesempatan kepada mahasiswa internasional yang hendak bergabung.

Untuk menunjang proses pembelajaran, Undip menawarkan berbagai fasilitas untuk mahasiswanya, seperti perpustakaan, asrama, fasilitas olahraga, bantuan keuangan, beasiswa, studi ke luar negeri, pertukaran pelajar, pembelajaran daring dan pembelajaran jarak jauh.

Kualitas dan berbagai fasilitas ini membuat Undip mendapatkan akreditasi “A” dari BAN PT.

Baca juga: 5 PTN Terbaik di Pulau Jawa versi Webometric 2021

7. Institut Pertanian Bogor (IPB)

ptn terbaik di pulau jawa - institut pertanian bogor - ipb
Sumber gambar: aktuaria.ipb.ac.id

Tahun 2021, Institut Pertanian Bogor (IPB) menduduki peringkat ke-9 sebagai PTN terbaik di Indonesia. Tahun 2023, IPB naik menjadi peringkat ke-7 se Indonesia.

Kampus yang didirikan di Bogor pada tahun 1963 ini memiliki jumlah mahasiswa sebanyak lebih dari 10 ribu orang.

Hebatnya lagi, pada 17/3/2023 lalu IPB berhasil meraih 11 penghargaan bidang kehumasan dan informasi publik dalam ajang Public Relations Indonesia Awards (PRIA).

Sebagai sebuah institut yang memiliki banyak jurusan yang terkait dengan teknologi pertanian, IPB memiliki slogan yang sangat menarik nih sobat, yaitu “Inspiring Innovation with Integrity”.

Berdasarkan surat keputusan BAN PT, IPB mendapatkan akreditasi institusi dengan peringkat “A”.

6. Universitas Padjadjaran (Unpad)

Peringkat 6 besar sebagai PTN terbaik se-Indonesia jatuh kepada Universitas Padjadjaran (Unpad).

Universitas yang berlokasi di Bandung ini, berdiri pada 11 September 1957, dan berstatus sebagai Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum.

Tak tanggung-tanggung, 4 bidang ilmu di universitas ini juga masuk dalam QS World University Rankings diantaranya medicine, law and legal studies, economic and econometrics, serta business and management studies.

Berdasarkan BAN PT, Unpad merupakan universitas dengan akreditasi “A”.

5. Universitas Airlangga (Unair)

PTN berikutnya datang dari Surabaya, Jawa Timur.

Universitas Airlangga didirikan pada tahun 1954 dan menjadi salah satu perguruan tinggi paling digandrungi, terutama oleh calon mahasiswa yang berasal dari Provinsi Jawa Timur.

Sedangkan menurut versi Times Higher Education (THE) World University Rankings 2023 (THE WUR 2023), Unair merupakan universitas terbaik ke-2 di Indonesia.

Unair juga telah mendapatkan akreditasi “A” dari BAN PT loh, sobat!

4. Universitas Brawijaya (UB)

jurusan akreditasi A unbraw
Sumber: satukanal.com

Di peringkat berikutnya ada Universitas Brawijaya (UB).

Universitas yang terletak di Kota Malang, Jawa Timur ini tergolong ke dalam kampus yang sangat besar menurut UniRank, dengan jumlah mahasiswa lebih dari 40 ribu orang.

UB menawarkan program studi dari berbagai jenjang dan rumpun ilmu, mulai dari diploma, sarjana, magister, hingga doktoral.

Pada SNBP 2023, UB menduduki peringkat pertama dengan jumlah peminat terbanyak. Adapun prodi dengan jumlah peminat terbanyak jatuh kepada Fakultas Kedokteran dengan jumlah peminat 1.917 orang.

Fasilitas dan layanan yang ditawarkan oleh UB juga cukup lengkap, mulai dari perpustakaan, asrama, fasilitas olahraga, bantuan keuangan, beasiswa, pertukaran pelajar, dan lain-lain.

UB saat ini menempati peringkat 666 dunia versi UniRank dan telah terakreditasi “A” oleh BAN PT.

3. Institut Teknologi Bandung (ITB)

Tiga besar PTN terbaik di Indonesia jatuh kepada Institut Teknologi Bandung (ITB).

ITB merupakan sekolah tinggi teknik pertama di Indonesia yang didirikan pada tanggal 2 Maret 1959 di Jawa Barat.

ITB juga telah mendapatkan akreditasi “A” dari BAN PT loh, sobat!

2. Universitas Gadjah Mada (UGM)

Sebelum ke peringkat pertama, di posisi runner-up ada Universitas Gadjah Mada (UGM) salah sattu universitas tertua di Indonesia.

Kampus yang terletak di Sleman, Yogyakarta ini tentu sudah tidak asing bagi kamu. Terdapat banyak program studi dari berbagai jenjang dan rumpun ilmu yang ditawarkan oleh UGM.

Saat ini, UGM juga menjadi salah satu institusi perguruan tinggi yang paling selektif di Indonesia. Tercatat, angka penerimaan mahasiswa baru selalu di bawah 10% dari angka pendaftar.

UGM menyediakan banyak layanan dan fasilitas terbaik kepada mahasiswanya. Ada stadion besar dengan nama Stadion Madya, yang sering dipakai untuk kegiatan atletik, sepak bola atau hockey.

Universitas ini juga memiliki sebuah museum yang menyimpan berbagai benda bersejarah di UGM.

Berdasarkan akreditasi Kementerian Riset dan Teknologi, UGM mendapatkan rangking “A”. Jika di Indonesia menempati peringkat ke-2, di Asia UGM menempati peringkat ke 64.

Wah, ini sesuai dengan semboyan dari kampus ini ya sobat, yaitu “Mengakar Kuat dan Menjulang Tinggi”.

1. Universitas Indonesia (UI)

Depok, Indonesia – August 19, 2018: The rectorate building of the University of Indonesia in West Java.

Di peringkat puncak ada Universitas Indonesia (UI). Jika tahun sebelumnya, UGM memegang posisi sebagai universitas terbaik. Maka tahun ini, posisi tersebut dipegang oleh UI.

Kampus yang juga sering disingkat menjadi UI ini, telah berdiri sejak tahun 1950 dan bermarkas di Kota Depok, Jawa Barat.

Saat ini, UI tercatat telah mendapatkan akreditasi “A” atau sangat baik dari BAN PT.

Baca juga: Yuk Ketahui, 6 Fakta Menarik Universitas Indonesia Berikut!

Berdasarkan UniRank, UI termasuk ke dalam kampus yang sangat besar dengan total mahasiswa sebanyak 40.000 hingga 44.999 orang.

Sebagai salah satu kampus terbesar dan terbaik di Indonesia, UI menyediakan berbagai program dari berbagai tingkatan, mulai dari diploma, sarjana, magister, doktoral yang terbentang dari berbagai rumpun ilmu.

Saat ini, UI memegang posisi urutan ke-10 di level Asia Tenggara, dan peringkat ke 49 di Asia.

UI saat ini menempati peringkat 355 dunia. Kampus ini juga menerima mahasiswa internasional, dan pada saat ini telah tercatat menjadi anggota dari banyak asosiasi universitas tingkat internasional.

Beberapa asosiasi itu di antaranya adalah Association of Universities of Asia and the Pacific (AUAP), ASEAN University Network (AUN), Federation of the Universities of the Islamic World (FUIW), dan ASEAN European Academic University Network (ASEA-UNINET).

Baca juga: 9 Fakta Menarik UGM yang Jarang Diketahui

Nah sobat, itulah daftar PTN terbaik di Indonesia versi UniRank tahun 2023. Untuk daftar lengkapnya, sobat bisa lihat melalui situs web resmi berikut www.4icu.org/id.

Jika kamu merupakan mahasiswa dari salah satu PTN-PTN di atas, pasti bangga banget, dong!

Atau jika kamu adalah calon mahasiswa yang ingin masuk ke salah satu dari PTN-PTN di atas, semoga keinginanmu dapat tercapai ya, sobat!