Pernah dengar istilah “Cover is important”?

Dalam beberapa hal, cover menjadi salah satu bagian yang mampu mengalihkan perhatian pengamat.

Hal yang sama berlaku untuk tampilan presentasi misalnya power point. Tampilan presentasi yang menarik akan memberikan kesan pertama yang menarik bagi para partisipan yang terlibat dalam diskusi di kelas atau acara – acara seminar.

Namun, pada faktanya, hingga saat ini masih banyak mahasiswa yang belum mampu menciptakan sebuah tampilan presentasi yang menarik. Kebanyakan mahasiswa menampilkan presentasi dengan paduan warna yang monoton dan desain putih polos dengan banyak teks.

Aplikasi di bawah ini dapat membantu kamu mempercantik tampilan presentasi yang bagus

Mau merebut perhatian dan fokus teman – teman kamu pada pandangan pertama? Make a change for your design! Aplikasi di bawah ini dapat mempermudahmu membuat tampilan presentasi yang keren.

1. Canva

aplikasi mempercantik presentasi kuliah

Aplikasi yang satu ini adalah aplikasi online yang memiliki banyak desain template presentasi buat kamu. Dengan menggunakan Canva, kamu juga dapat memilih font dengan bebas dari ratusan font yang disediakan.

Kamu boleh mencoba aplikasi yang satu ini. Langsung aja masuk di situs canva.com. Dijamin, deh presentasi kamu lebih berwarna dan kreatif.

Kamu boleh menggunakan aplikasi ini dengan gratis dan mengakses desain yang tersedia. Selain itu, boleh juga diakses secara premium untuk mendapatkan desain yang lebih banyak lagi.

Baca: Yuk, Kenalan dengan Cornell Note System

2. Google Slides

aplikasi mempercantik presentasi kuliah

Buat kamu yang biasanya minta tolong sama mbah google buat mengatasi persoalan hidup alias mencari tips dan trik untuk melakukan suatu hal, kamu boleh juga kok bertanya seputar slide presentasi.

Mbah google dalam hal ini punya cucu yang bernama Google Slides yang akan membantu kamu mengerjakan slide dengan cantik dan menarik.

Untuk menggunakan app ini, kamu tinggal masuk ke website atau bisa dengan mendownload app-nya di Playstore.

Selamat deh, kamu bebas memilih slide yang ada tanpa dipungut biaya apapun.

3. Visme

Selain Canva dan Google Slides, ada Visme yang juga gak kalah praktisnya untuk membantu kamu membuat slide yang menarik.

Visme dapat membantu kamu membuat laporan presentase secara online dengan menggunakan pilihan desain, background, dan font yang bervariasi.

Selain itu, dengan menggunakan Visme, kamu dapat mempublikasikan hasil karya kamu ke website. Buat kamu yang ingin menyimpan karya kamu dalam format PDF, aplikasi ini juga cocok buat kamu coba.

Baca juga: 8 Aplikasi yang Harus Ada di Smartphone Mahasiswa

4. Focusky

Aplikasi yang satu adalah aplikasi offline yang akan membantu kamu untuk membuat slide presentasi yang elegan. Hal yang menarik dari Focusky adalah kamu bisa menggunakan efek 3D, animasi, dan transisi yang menarik.

Penasaran dengan aplikasi yang satu ini? Kamu bisa download aplikasi Focusky di PC kamu sekarang.

5. Slidebean

Kamu orang yang benar – benar sibuk? Sampai – sampai gak punya waktu buat merancang desain presentasi yang menarik?

Tunggu apalagi, kamu bisa memanfaatkan Slidebean untuk membantu kamu merancang slide yang kamu inginkan.

Kamu hanya perlu memasukkan kontennya. Secara otomatis, aplikasi ini akan mengerjakan slide yang kamu inginkan.

Sangat praktis, bukan? Namun, untuk mendapatkan kemudahan, kamu perlu membayar USD $10 setiap bulannya.


Nah, 5 aplikasi di atas dapat kamu manfaatkan untuk membuat tampilan power point presentation kamu lebih menarik sehingga audience gak akan bosan.

Baca: 5 Aplikasi yang Dapat Bantu Mahasiswa Belajar

Slide presentasi yang menarik akan menjadikanmu pusat perhatian dan orang lebih tertarik dengan materi yang kamu bawakan

Dengan memenangkan mata dan fokus audience, otomatis mereka akan memperhatikan kamu saat presentasi mulai awal hingga akhir.

Selamat mencoba ya, sobat mahasiswa! Semoga tampilan presentasi kamu mampu menggugah hati peserta!