Halo sahabat – sahabat Ruang Mahasiswa yang selalu pantengin update artikel – artikel positif dari kita, terutama untuk info & tips perkuliahan buat kamu.

Saya Ronaldi Tumanggor, CEO & Founder Ruang Mahasiswa kali ini akan bercerita sedikit tentang pengalaman dalam proses pengembangan startup Ruang Mahasiswa, terutama untuk platform website-nya.

Nah, jadi sampai saat artikel ini diterbitkan, sudah ada 300 jenis artikel untuk mahasiswa dan perkuliahan yang kita publish yang selalu bisa kamu baca kapan dan di mana pun.  Sehingga pada sampai saat ini situs ruangmahasiswa.com sudah diakses 1,6 juta kali dengan rata – rata dibaca 4,6K/hari.

Saya boleh bercerita teman – teman. Pastinya, dengan jumlah akses sebanyak itu, kita butuh server yang cukup bagus dan kuat agar proses akses dan berselancar di website kami bisa cepat, lancar & tanpa gangguan. Apalagi ke depannya kita menargetkan jumlah pembaca 10K/hari pasti akan sangat butuh server yang kuat.

Ruang Mahasiswa sudah saya kembangkan sejak tahun 2015, tapi sempat vakum selama 1 tahun karena saat itu waktu saya masih mahasiswa tidak ada biaya untuk sewa *hosting/server.

Jadinya saya hanya bisa pake hosting gratisan yang waktu itu ketika ada kunjungan 100 aja/ hari, website langsung down. Padahal dulu kan, saya anak Bidikmisi saat kuliah, syukur – syukur biaya kuliah & hidup saya bisa terpenuhi. Jadi karena website sering down, saya vakum dulu sambil mikir dapat dana untuk biaya hosting dari mana.

Nah, pada tahun 2016 saya beranikan beli hosting dari uang yang saya kumpulkan sedikit – demi – sedikit. Saya beli hosting dengan paket yang standar di salah satu website penyedia jasa hosting.

Awalnya sih baik – baik aja, tapi lama kelamaan ketika pengunjung situs Ruang Mahasiswa makin tinggi misalnya 1K – 2K, website juga sering down. Kadang tidak tahu penyebabnya apa padahal size-nya unlimited, yang lebih heran lagi terkadang ada proses maintenance dari penyedia jasa tapi tidak ada pemberitahuan sebelumnya.

Jadi saya sering bingung website kok tiba – tiba gak bisa di akses, sehingga kadang saya sering berpikir ada masalah di website saya, padahal ternyata enggak, yang masalah adalah server atau hosting-nya.

Beralih ke Dewaweb, layanannya PUAS banget!

dewaweb cloud hosting x ruangmahasiswa

Karena sering menghadapi masalah itu, ditambah lagi akses ke website Ruang Mahasiswa makin hari makin banyak, maka saya berkonsultasi dengan mentor blog saya. Saya tanya, dia hosting di mana sih, sehingga blog-nya dia yang pengunjung-nya jauh lebih tinggi dari website Ruang Mahasiswa, tapi akses-nya lancar – lancar aja.

Lalu dia jawab, bahwa hosting di Dewaweb dan dia jelasin keunggulan Dewaweb dibanding penyedia jasa hosting lain. Kebetulan karena dia udah lama jadi mentor saya, jadi apa yang dia katakan atau ceritakan saya lebih mudah percaya.

Maka saya bulatkan untuk migrasi ke Dewaweb pada tahun 2017.

Benar sekali, sejak menggunakan Dewaweb hingga saat ini saya tidak pernah mengalami masalah. Berikut keuntungan atau kelebihan hosting di Dewaweb yang saya rasakan untuk website Ruang Mahasiswa, yaitu:

dewaweb cloud hosting x ruangmahasiswa

– Tidak pernah down

Selama kita menggunakan layanan ini, kita belum pernah mengalami server down. Jadi akses ke website kita selalu lancar – lancar aja

– Menggunakan Cloud Hosting

Cloud Hosting adalah sebuah inovasi dalam layanan hosting yang memungkinkan Anda untuk menyimpan data-data pada website dalam sebuah cloud atau awan.

Jadi dengan menggunakan cloud hosting maka data-data akan disimpan di sebuah server virtual yang ada dalam internet. Layanan ini tidak lagi menggunakan ruang penyimpanan fisik (hardware) seperti web hosting tradisional.

Sehingga memiliki banyak sekali keuntungan dibanding hosting tradisional

– Sudah berstandar Internasional

Dari segi keamanan informasi & data, Dewaweb sudah berstandar internasional dengan sertifikat ISO27001 Certified

– Layanan konsultasi 24 jam

Selama saya menggunakan jasa hosting Dewaweb, mereka selalu siap melayani kita dalam 24 jam untuk konsultasi dan sangat fast respon. Dan layanan ini GRATIS.

– Free Secure SSL Grade A

Dewaweb juga memberikan free SSL dengan grade A untuk mengamankan website kita beserta lalu lintas data dari serangan hacker

– Free Migrasi

Jika kamu punya website di hosting provider lain, dan ingin pindah ke Dewaweb, mereka juga akan siap 24/7  membantu migrasi website kamu dari provider hosting lama ke Dewaweb sehingga berjalan mulus tanpa downtime dan tanpa biaya apapun


Itulah layanan dari Dewaweb yang sangat powerfull dan sudah terpercaya sebagai jagoan Ruang Mahasiswa sehingga bisa tetap bertahan hingga saat ini.