Belajar adalah salah satu kewajiban mahasiswa untuk mencari ilmu, lulus kuliah, dan mencapai target-target tertentu selama perkuliahan. Belajar bukan hanya saat sedang kuliah tetapi juga di luar jam perkuliahan.

Berbicara tentang belajar di luar perkuliahan, mungkin ada masalah-masalah tersendiri yang harus dihadapi. Mulai dari mencari waktu yang pas untuk belajar, kesulitan dalam mengerjakan tugas sampai cara belajar dengan penuh konsentrasi. Mungkin kalian sudah pernah mengalami kondisi-kondisi tersebut.

Tentunya ada jalan keluar untuk masalah-masalah di atas. Mengenai bagaimana mencari waktu yang pas untuk belajar, kita harus pandai mengatur jadwal sehari-hari secara terorganisir supaya ada waktu kosong untuk belajar. Nah, bagaimana dengan cara mengatasi kesulitan saat mengerjakan tugas dan cara fokus belajar?

Pada tulisan kali ini, saya akan memberikan solusi untuk 2 masalah di atas yaitu dengan bantuan aplikasi smartphone. Selain menentukan tempat dan suasana yang mendukung, ada 5 aplikasi yang hendak kalian coba untuk menunjang produktivitas dan konsentrasi saat belajar dan mengerjakan tugas.

Kelima aplikasi ini merupakan rekomendasi dari editor Google Play Store lho. Apa aja sih? Yuk, tanpa basa-basi lagi, mari kita simak di bawah ini.

Socratic

Bagi kalian yang sering kesulitan dalam mengerjakan tugas, aplikasi ini mungkin akan jadi solusinya. Socratic akan membantu kalian dalam menjawab soal-soal dari berbagai mata pelajaran seperti matematika, kimia, ekonomi, sejarah, dan lain-lain.

Cukup dengan menjepret soal tugas kalian, kalian akan langsung mendapat jawaban dari berbagai sumber terpercaya dan ada juga yang dari tim Socratic sendiri. Jawaban bisa dalam bentuk tanya-jawab, definisi, video, hasil pencarian di web, dan langkah-langkah penyelesaian (terutama untuk soal matematika).

Socratic

Quizlet

Quizlet adalah aplikasi yang dapat membantu kita belajar dengan mudah. Aplikasi ini menggunakan flashcard sebagai metode pembelajaran. Flashcard adalah kartu yang berisi segelintir informasi baik di salah satu atau kedua sisi kartu.

Misalnya, jika kita ingin belajar kosakata bahasa Inggris, kita bisa menulis sebuah kosakata di sisi depan kartu dan definisinya di sisi belakang kartu. Begitu juga ketika kita ingin membuat pertanyaan sekaligus jawabannya atau belajar mengenali suatu objek dengan nama objek di sisi depan dan gambarnya di sisi belakang.

Kita bisa membuat flashcard sendiri dan belajar melalui flashcard pengguna lain. Dengan metode ini, kita lebih mudah mengingat apa yang sudah kita pelajari.

Quizlet

Photomath

Sesuai dengan namanya, Photomath akan membantu kita dalam menyelesaikan soal matematika. Aplikasi ini akan memberikan jawaban secara instan hanya dengan mengarahkan kamera smartphone ke sebuah soal matematika.

Soal matematika yang bisa diselesaikan adalah mulai dari aritmatika, aljabar, persamaan linear hingga trigonometri, logaritma, dan integral. Jawabannya bisa dilihat tahap-tahap penyelesaiannya dan disajikan dalam bentuk grafik sesuai dengan jenis soal.

Untuk soal cerita, Photomath sendiri tidak bisa menyelesaikannya secara langsung. Solusinya adalah dengan mengubah soal cerita tersebut menjadi persamaan matematis terlebih dahulu.

Photomath

White Noise Generator

Aplikasi White Noise GeneratorIni nih aplikasi yang akan membuat suasana belajar menjadi lebih tenang. Aplikasi ini menyediakan suara-suara seperti air mengalir, hembusan angin, api yang menyala, hujan, daun berjatuhan, kereta api, suasana cafe, dan lain-lain.

Dengan aplikasi ini, kita dapat lebih tenang dan berkonsentrasi ketika sedang belajar, layaknya di alam terbuka. Uniknya, suara-suara yang disediakan di aplikasi ini cocok untuk dimainkan secara bersamaan sehingga kita tidak merasa bosan.

White Noise Generator

Notebloc

Mungkin kalian sering menjepret tulisan atau lukisan di kertas supaya bisa dilihat di smartphone. Akan tetapi, berbekal aplikasi kamera saja tidak cukup. Ada kalanya bayangan di foto membuat tulisan menjadi gelap dan susah dibaca.

Dengan aplikasi Notebloc, tulisan kalian akan diubah ke dalam bentuk dokumen PDF dengan kualitas yang lebih baik dan tanpa bayangan. Aplikasi ini akan memberikan potongan (crop) yang sesuai pada area sekitar tulisan supaya hasilnya tidak terlihat miring.

Notebloc


Itulah 5 aplikasi pilihan editor dari Google Play Store yang bisa membantu mahasiswa dalam belajar. Socratic, Quizlet, dan Photomath akan mengurangi kesulitan saat belajar atau mengerjakan tugas. White Noise Generator akan meningkatkan konsentrasi saat belajar. Notebloc akan membuat belajar menjadi praktis melalui dokumen digital. Cobalah untuk menggunakannya dan lihat bagaimana kelima aplikasi tersebut membantu kalian.