Hello para pejuang PTN 2019! Seberapa gregetnya kamu untuk menjadi pejuang PTN 2019?

Pastinya greget buat tahun ini, ya… soalnya jalur SBMPTN juga akan segera dibuka.

Bagi para pejuang SBMPTN 2019, kamu perlu memahami tentang sistem UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer) sebagai sistem baru dalam SBMPTN 2019.

Nah, untuk lebih jelasnya kamu boleh membaca artikel berikut ini dulu:

Baca: 7 Hal Penting tentang Sistem Baru SBMPTN 2019 yang Perlu Kamu Tahu

Setelah kamu pahami, kamu perlu mempersiapkan diri untuk menghadapi sistem UTBK tersebut.

Berikut 5 hal yang perlu kamu persiapkan untuk menghadapi SBMPTN dengan sistem UTBK.

1. Lakukan latihan menggunakan komputer sejak dini

Source: nasional.tempo.co

Sesuai dengan namanya, sistem UTBK menuntut kemampuan kamu dalam menggunakan komputer. Semua soal akan disajikan di layar komputer, dan tugas kamu hanya memilih pilihan jawaban yang benar.

Untuk itu, kamu perlu rajin latihan latihan menggunakan komputer, kamu bisa meminta bantuan dari orang – orang di sekitarmu, seperti temanmu yang lebih paham dari kamu, kakak senior yang saat ini menjadi mahasiswa, orang tua, maupun dari guru.

2. Perbanyak membaca dan mengerjakan soal soal HOTS

Soal jenis HOTS (High Order Thinking Skill) akan memberikan bobot penilaian yang lebih tinggi. Menjawab soal HOTS akan membantu kamu memperoleh nilai yang lebih baik untuk bekal menuju jurusan yang kamu idamkan.

Soal HOTS banyak terdapat di internet kok, guys. Sekarang tergantung dirimu, mau mencari atau tidak.

3. Asah kemampuan menjawab soal dengan cepat dan tepat

Misalnya dengan semaakin sering kamu membahas soal – soal HOTS, kamu akan semakin terlatih menjawab soal dengan cepat dan tepat. Kecepatan dan ketepatan dalam menjawab soal menjadi poin penting bagi kamu pejuang SBMPTN 2019.

Mulai sekarang, kamu bisa melatih diri mengerjakan soal dengan cepat dan tepat ya guys. Kecepatan mengerjakan soal juga sangat diperlukan, karena ini akan membantu kamu menyelesaikan banyak soal, khususnya TKPA (Tes Potensi Akademik).

Baca: Jadwal Penting SNMPTN, SBMPTN dan Bidikmisi 2019

4. Tingkatkan rasa percaya dirimu

Untuk mengikuti UTBK, yang terpenting adalah rasa percaya diri. Rasanya akan sulit untuk mengerjakan soal UTBK dengan benar jika saat ujian kamu malah grogi.

Siapkan kepercayaan dirimu. Percaya saja dengan kemampuanmu, dan lakukan yang terbaik.

5. Biasakan menggunakan komputer dalam mengerjakan soal soal SBMPTN

Ini bisa kamu lakukan dengan mengikuti tes – tes yang dilakukan secara online. Saat ini, sangat banyak yang menawarkan tes – tes SBMPTN secara online.

Mengapa harus? Dengan membiasakan diri mengikuti tes SBMPTN secara online, agar ketika nanti di ujian sebenarnya kamu sudah percaya diri dan mengetahui segala proses teknis pengerjaan.

6. Hindari kesalahan teknis

Source: BeritaBojonegoro.com

Saat proses UTBK nanti berlangsung, hindari kesalahan teknis misalnya komputer atau laptop yang tidak terhubung ke listrik, koneksi internet yang putus, lupa username & password.

Maka pastikan sebelum ujian persiapan ini sudah matang agar nanti tidak ada kendala saat proses ujian berlangsung.


Selain itu, dengan membiasakan diri mengikuti tes SBMPTN secara online, kamu akan terbiasa dengan  ujian online, sehingga rasa grogi kamu akan berkurang. Jangan sepele dengan latihan ya guys, karena latihan yang cukup akan membantu memperkuat mental kamu.

Baca: Selain SNMPTN & SBMPTN, apa lagi jalur masuk PTN?

Memang, setiap hal baru itu akan selalu tampak menakutkan. Namun, jangan biarkan diri kamu tenggelam dalam ketakutan itu ya, sobat!

Hosting Unlimited Indonesia

Yang harus dilakukan adalah mempersiapkan diri. Semoga kamu bisa masuk perguruan tinggi yang kamu idamkan tahun ini.