Hallo, pejuang PTN 2020! Sudah lihat hasil SNMPTN, bukan? Bagaimana.. Apakah kamu menjadi salah satu dari mereka yang lulus jalur SNMPTN?

Buat kamu yang lulus, tim Ruang Mahasiswa mengucapkan selamat ya! Selamat datang ke dunia perguruan tinggi. Buat kamu yang belum lulus, tetap semangat. Masih ada jalur SBMPTN. 

Saatnya berjuang melalui jalur SBMPTN, sobat!

Dalam Surat Edaran yang dikeluarkan oleh panitia LTMPT 2020 sebelumnya, pendaftaran UTBK dijadwalkan pada 30 Maret-11 April 2020, pelaksanaan UTBK dijadwalkan pada 20-26 April 2020, dan pengumumannya pada 12 Mei 2020.

Namun, seperti yang kita ketahui bersama, pandemi Covid 19 menjadi wabah yang mau tidak mau membuat beberapa program dan kegiatan tertunda, termasuk ditundanya jadwal pelaksanaan UTBK 2020. 

Update jadwal UTBK 2020

Dalam artikel kali ini, tim Ruang Mahasiswa ingin berbagi update jadwal dan ketentuan UTBK 2020. Berikut jadwal terbaru UTBK berdasarkan Surat Edaran (SE) Nomor 11/SE.LTMPT yang diterbitkan pada hari Senin (6/4/2020) oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). 

  • 2 – 20 Juni 2020 : Pendaftaran UTBK
  • 5 – 12 Juli 2020 : Pelaksanaan UTBK
  • 25 Juli 2020 : Pengumuman SBMPTN

Ketentuan umum UTBK 2020

Sementara untuk ketentuan pelaksaan UTBK 2020 sesuai dengan surat edaran tersebut adalah sebagai berikut :

  • Materi Tes : Tes Potensi Skolastik (TPS)
  • Setiap peserta hanya diizinkan mengambil tes maksimal 1 (satu) kali
  • Pelaksanaan tes dilakukan sebanyak 4 (empat) sesi per hari
  • Pendaftaran UTBK dan SBMPTN dilakukan satu kali atau secara bersamaan, dimana setiap peserta diwajibkan memilih lokasi tes pusat UTBK dan memilih PTN dan program studi tujuan

Baca juga : 5 Fakta & Kebijakan Baru dalam UTBK 2020 Pejuang PTN Harus Tahu

jadwal dan ketentuan baru ubtk 2020

Sumber gambar: tribunnews.com

Pejuang PTN 2020 harus lebih tanggap dan bijak memanfaatkan kesempatan

Tahun 2020 mungkin menjadi tahun yang berbeda dan penuh kejutan untuk pejuang PTN 2020. Pengunduran jadwal UTBK jangan sampai membuatmu lalai, ya. Adanya pengunduran jadwal bisa jadi kesempatan yang baik lho buat kamu. 

Kamu bisa memanfaatkan waktu yang cukup panjang ini untuk mematangkan persiapanmu menghadapi UTBK di bulan Juli mendatang dengan latihan mengerjakan soal sebanyak mungkin. 

Kamu juga dapat memanfaatkan waktu ini dengan mencari informasi sebanyak – banyaknya informasi daya tampung jurusan pada sejumlah perguruan tinggi negeri di Indonesia untuk mematangkan pilihanmu. 

Buat kamu yang akan mencoba jalur UTBK, pastikan untuk mencatat tanggal – tanggal penting di atas ya. Selain itu, kamu perlu untuk terus update informasi UTBK sebanyak – banyaknya, sobat. Informasi terbaru dan resmi akan selalu disampaikan di laman resmi LTMPT : ltmpt.ac.id

Tetap semangat, pastikan persiapanmu lebih matang lagi, ya!

Sobat pejuang PTN, persiapan yang lebih matang akan menambah peluang bagimu untuk lulus di pilihanmu. Tetap semangat dan berjuang, semoga kamu lulus di jalur SBMPTN, sobat!