Makin dekat aja rasanya menuju SBMPTN 2019, udah pada tau kan jurusan yang akan dipilih?

Kamu mau masuk jurusan matematika? Oke, it’s a good choice guys. Pastikan kamu mau masuk jurusan matematika bukan karena dipaksa oleh orang terdekat, ya sobat pejuang PTN!

Berhenti berpikir bahwa matematika itu terlalu abstrak untuk dipelajari

Tapi, pastikan juga kamu yakin bahwa matematika itu tidak se-abstrak seperti yang orang – orang bilang.

“Matematika banyak rumusnya!”, “Matematika dosennya killer – killer!”, “Buat apa kamu ngambil jurusan matematika, toh integral gak akan kamu temui dalam kehidupan sehari – hari!”

Wop.. salah banget nih guys. Buat kamu yang mau masuk jurusan matematika, kamu perlu tahu apa saja manfaat mengambil jurusan matematika.

1. Matematika ada di hampir setiap hari dalam hidupmu

Disadari atau tidak, setiap hari kamu akan berpapasan dengan angka dan perhitungan. Menghitung pengeluaran dan uang masuk, mencari rata – rata nilai kamu, menghitung passing grade, bahkan saat memperkirakan kemungkinan hari ini hujan atau tidak, kamu udah ketemu dengan yang namanya peluang.

Kamu pergi naik angkutan umum dari rumah ke kampus atau sekolah, kamu juga harus memperkirakan dan menghitung uang untuk buat bayar ongkos? Hehe…

Baca: Ini 7 Alasan Yang Sebaiknya Kamu Pertimbangkan Saat Menentukan Jurusan Kuliah

2. Matematika melatihmu menjadi orang yang kritis, analitis, dan disiplin

memilih jurusan matematika

Source: neuroscienceforcoaches.com

Bagaimana gak kritis dan analitis? Yang akan kamu temui memang adalah soal – soal yang menuntut daya analisis yang tinggi.

Dari soal – soal matematika, khususnya perguruan tinggi, kamu akan belajar banyak bukan hanya dari rumus. Matematika itu gak selalu tentang rumus, guys! Akan ada soal – soal logika dengan bahasa di sana.

Bertemu dengan matematika di hampir setiap hari dalam satu minggu juga akan melatihmu menjadi pribadi yang lebih disiplin. Dosen akan sering memberi banyak latihan soal yang harus kamu kerjakan.

Kamu, mau tidak mau ya harus disiplin buat menyelesaikannya.

3. Algoritma dalam matematika melatihmu dapat mengambil keputusan dengan tepat dalam persoalan sehari – hari

Pernah dengan istilah algoritma, kan? Algoritma itu secara sederhana boleh diartikan sebagai susunan langkah yang efektif untuk mencapai suatu goal yang jelas arahnya.

Dalam kehidupan sehari – hari, algoritma yang tepat sangat dibutuhkan. Kamu akan bertemu dengan banyak masalah yang menuntutmu untuk mengambil sebuah keputusan dari sekian banyak pilihan.

Matematika secara implisit mengajarkanmu untuk mampu memilih algoritma yang tepat dalam menyelesaikan soal. Kamu jadi terbiasa deh mengambil keputusan yang tepat.

Baca: 10 Jurusan  terfavorit di Unimed pada SNMPTN 2018

4. Matematika melatihmu menjadi orang yang sabar dan pantang menyerah

Manfaat memilih jurusan matematika

Source: suparmanto.com

Dari matematika, kamu akan menemukan arti sebuah kesabaran. Terdengar seperti lebay, tapi inilah kenyataannya.

Untuk menemukan jawaban dari latihan soal, terkadang kamu butuh waktu dan mood dalam jumlah yang besar. Kamu akan terbiasa sabar untuk mencoba sampai menemukan jawaban.

Di kehidupan sehari – hari, tentunya kesabaran dan sifat pantang menyerah ini sangat dibutuhkan, sobat!

5. Matematika memiliki prospek kerja yang luas

Matematika itu bidang ilmu yang umum. Artinya, mau tua, muda, anak SD sampai kapanpun, semua butuh yang namanya matematika.

Misalnya, kalau kamu mau jadi guru matematika, kamu boleh pilih guru SLTP atau SLTA/sederajat.

Selain itu, sekarang ini udah banyak juga kok anak matematika yang terjun ke dunia di luar matematika, misalnya perbankan dan masih banyak pekerjaan lainnya.

Itulah lima keuntungan buat kamu yang udah fix untuk mencoba masuk jurusan matematika.

The first thing you should throw away: “Mathematic is too abstract!”.

Baca juga: Jurusan dengan Peluang Kerja Terbesar Hingga 2020

Matematika sebenarnya sangat dekat dengan kehidupan, kamu hanya perlu menyadarinya terlebih dahulu.

Hosting Unlimited Indonesia

Semoga kamu yang berminat masuk jurusan matematika makin semangat dan tercerahkan ya, guys! Jangan menyerah untuk masuk jurusan yang kamu impikan. Keep your spirit more, try and try!