Hari-H UTBK SBMPTN sudah semakin dekat nih guys, sudah sejauh mana persiapanmu?

Sudah baca model – model soal  SBMPTN yang keluar di tahun sebelumnya, atau malah kamu masih stuck dan gak tau mau mulai dari mana? Atau rasa gentar membuat persiapan kamu malah berantakan dan gak terarah?

Ayo, sobat! This isn’t a long time anymore. Segera persiapkan dirimu sematang mungkin.

Yuk terapkan 6 langkah belajar di bawah ini agar persiapan kamu menghadapi SBMPTN lebih matang.

1.Gunakan alat teknologi yang kamu miliki untuk search model soal SBMPTN 

Punya laptop bagus – bagus tapi disimpan, main gadget hanya untuk instastory-an dan nge-live, padahal sebentar lagi mau UTBK? Jangan lagi ya, guys!

Coba cari deh di google, model – model soal SBMPTN yang biasanya sering keluar setiap tahun. Di internet banyak kok soal SBMPTN yang dilengkapi dengan penyelesaian yang mudah dipahami.

Sekarang tergantung niat dan usaha kamu, sobat!

2.Targetkan mengerjakan berapa soal dalam satu hari

Waktu libur kelulusan dapat kamu manfaatkan semaksimal mungkin untuk mengerjakan soal – soal SBMPTN. Buat target mengerjakan beberapa soal dalam sehari.

Misalnya, kamu punya target mengerjakan 10 soal dalam sehari. Kamu mengagendakan 5 soal dikerjakan  pada pagi hari dan 5 soal dikerjakan pada malam hari. Bahkan ini terlalu sedikit jika kamu masih banyak soal – soal yang belum di bahas.

Baca: 6 Persiapan Menghadapi UTBK SBMPTN 2019

Jadi usahakan banyak bahas soal – soal sebelumnya, agar kamu makin familiar dengan model – model soal SBMPTN ya.

Coba bayangkan berapa soal yang dapat kamu selesaikan dalam seminggu. Kalau tetap rutin dilakukan, dijamin deh persiapan kamu akan lebih matang.

3. Berlatih mengerjakan soal berbasis Tes Potensi Akademik dengan cepat dan tepat

Soal TPA (Tes Potensi Akademik) merupakan soal yang tergolong mudah. Tapi jangan lupa, soal yang disajikan juga banyak dan waktu mengerjakan soal juga terbatas loh, guys!

Jangan sampai karena lama dalam mengerjakan soal, kamu kehilangan banyak poin yang sebenarnya bisa kamu rebut dari soal – soal yang lain.

Latih diri kamu untuk mengerjakan soal dengan cepat dan tepat, ya sobat. Kamu bisa menggunakan timer yang ada di gadget kamu untuk mengetahui seberapa tangkas kamu mengerjakan soal – soal TPA.

4. Jangan fokus di satu topik saja

Kalau sudah mahir di satu topik, coba bahas topik yang lain. Jangan cuma fokus di satu topik saja ya, guys!

Masih banyak materi lain yang perlu kamu siapkan untuk menghadapi ujian. Upayakan untuk me-review semua materi tersebut sampai kamu benar – benar paham.

Baca: 7 Hal Penting tentang Sistem Baru SBMPTN 2019 yang Perlu Kamu Tahu

5. Diskusikan kesulitan belajarmu pada oranglain atau belajar dari youtube

Saat menemukan kesulitan dalam memahami satu topik, jangan segan – segan untuk bertanya pada siapapun yang kamu anggap dapat membantumu menyelesaikan soal.

Peribahasa  “Malu bertanya, sesat di jalan” akan selalu ada. Ini bukan waktunya gengsi, ya…

Kamu juga boleh mencari tutorial mengerjakan soal dan video pembelajaran dari youtube. Ini saatnya kamu gunakan kuota untuk berjuang demi masa depan kamu, sobat.

6. Bahas soal – soal HOTS sebanyak mungkin

cara menguasai soal SBMPTN

Membahas soal – soal HOTS (High Order Thinking Skill) adalah point terpenting yang harus kamu lakukan. Soal HOTS memiliki skor yang lebih tinggi dibandingkan dengan soal kategori mudah.

Untuk lebih mudah memahami soal HOTS, kamu harus terlebih dahulu memahami dengan baik materi yang menjadi dasar pengembangan soal tersebut. Dalami setiap materi dengan membaca referensi yang banyak.

Misalnya, buat kamu yang fokus saintek, hindari mengerjakan soal hanya dengan mengandalkan rumus. Gak selamanya rumus dapat menjawab soal yang disajikan. Pahami dulu apa maksud rumus tersebut, lalu mulai berlatih soal – soal yang rumit.

Persiapan yang matang membuatmu lebih percaya diri masuk PTN

Keenam langkah tersebut dapat membantu kamu untuk menguasai materi SBMPTN dengan baik. Dengan persiapan yang matang, dijamin kamu jadi lebih percaya diri untuk merebut satu kursi PTN di tahun 2019 ini.

Atau… kamu ujian cuma buat coba – coba aja? I suggest you better stop and not register yourself, guys.

Percuma banget rasanya buat kamu mendaftarkan diri ikut UTBK tapi gak niat lulus masuk PTN.

Tapi jika kamu sudah usaha, tapi masih gagal?

Baca: 5 Pilihan Untukmu Jika Gagal SBMPTN

Hosting Unlimited Indonesia

Semoga kamu lulus di perguruan tinggi yang kamu idamkan, ya guys! Tetap semangat dan ingat, sanak saudara dan sahabatmu menunggu kelulusanmu!