Masih galau karena gagal SBMPTN? Masih belum bisa move on? Masih merasa kecewa dengan diri sendiri?

Ya sudahlah, toh penyesalan selalu datang terlambat. Gini lho… saya mau jelaskan bahwa SBMPTN itu juga sudah punya kuota sendiri. Anggap saja kamu belum beruntung, anggap saja orang lain lebih layak masuk. Y

Motivasilah dirimu sendiri, bahwa kegagalan adalah hak semua orang, serta mustahil ada orang di dunia ini yang tidak pernah gagal.

Jadikan kegagalanmu kali ini sebagai pembelajaran yang berharga, daripada berlama – lama kita membahas kegagalanmu, mending kita bahas apa langkah selanjutnya yang baik buat kamu.

Berikut 5 strategi yang bisa kamu pilih jika gagal dari SBMPTN.

1. Ikut Ujian Mandiri

gagal dari sbmptn

Ujian Mandiri merupakan salah satu jalur masuk untuk kuliah di PTN untuk yang mau sarjana. Ya, setelah gagal SNMPTN dan SBMPTN, ini bisa menjadi pilihan terakhir kamu untuk bisa meraih gelar sarjana di PTN.

Maka persiapkan diri kamu sebaik mungkin ya. Masuk PTN melalui jalur mandiri, namanya mandiri kamu harus daftar langsung ke kampus dan ujian langsung juga di kampus.

Note: mahasiswa yang kuliah melalui jalur mandiri umumnya mendapat uang kuliah yang jauh lebih tinggi dibandingkan jalur SNMPTN dan SBMPTN.

Jika orangtua kamu cukup berada, it’s not problem namun jika orangtua kamu berasal dari golongan menengah ke bawah (keluarga kurang mampu) sebaiknya pikir ulang dech.

2. Kuliah di Perguruan Tinggi Swasta (PTS)

Kenapa sih kalo harus kuliah di swasta? PTS gak bagus gitu? Siapa bilang?

Banyak lho PTS yang bagus – bagus, terutama dari segi fasilitas. Sehingga tidak jadi masalah jika harus kuliah di swasta, kan tujuannya sama, untuk belajar, mencari ilmu.

Bahkan banyak kok PTS yang kualitasnya setara dengan PTN, seperti 10 PTS berikut ini:

10 Universitas Swasta Terbaik Setara PTN

Jadi ini menjadi opsi yang baik sih menurut saya.

3. Bersiap untuk SBMPTN tahun depan

gagal dari sbmptn

Source: world.wng.org

Buat kamu memang yang sudah terlalu kecewa dengan hasil SBMPTN kamu tahun ini, dan memang sangat ingin kuliah di PTN. Boleh pilih opsi untuk ikut SBMPTN tahun selanjutnya.

Yang harus kamu lakukan adalah persiapan yang lebih matang lagi, memanfaatkan waktu tahun ini untuk belajar sungguh – sungguh. Hal ini juga memungkinkan kamu untuk memilih jurusan dan PTN yang lebih bagus lagi.

Semangat ya #guys..

4. Manfaatkan waktu jeda

Kegagalan tidak selalu menjadi kekecewaan. Mungkin gagal SBMPTN ini malah menjadi peluang bagi kamu. Mencari pengalaman, seperti bekerja dulu, ikut pengabdian, mengasah keahlian atau memilih fokus lain yang tidak harus kuliah namun memang untuk mempersiapkan dirimu untuk sukses di masa depan

Sekarang pilihan ada di tanganmu.

Baca: Tamat SMA! KULIAH atau Kerja?

5. Kuliah di luar negeri

Pilihan terakhir adalah kuliah di luar negeri. Kuliah di luar negeri memiliki banyak sekali keuntungan, seperti mendapatkan pengalaman yang jauh berbeda di banding berkuliah di dalam negeri, mengasah kemampuan bahasa asing kamu, dan juga sekaligus menjadi tantangan bagi kamu.

Baca: Persiapkan 8 Hal Ini Sebelum Ke Luar Negeri

Tentang biaya? Tidak usah terlalu risau, banyak kok beasiswa untuk kuliah di luar negeri.

Itulah 5 pilihan yang bisa kamu ambil ketika gagal dari SBMPTN, ingat kegagalan tidak selalu berujung pahit. Akan banyak kesempatan dan peluang – peluang baru yang muncul, tergantung bagaimana kamu menyikapinya.

Come on guys, i’m sure you can do it

Penulis: Ronaldi Tumanggor
CEO & Founder ruangmahasiswa.com