Sistem SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) setiap tahunnya menjadi topik yang selalu hangat untuk dibicarakan, khususnya bagi siswa yang berencana melanjutkan studi / perkuliahan ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Kamu salah satu pejuang PTN di tahun ini?

Sebagai pejuang PTN yang tangguh, sebaiknya kamu tidak hanya mengharapkan jalur SNMPTN atau yang kerap disebut dengan jalur undangan untuk masuk PTN yang kamu idamkan. Kamu perlu mempersiapkan diri sejak dini untuk menghadapi kemungkinan lain, yaitu berjuang melalui jalur SBMPTN.

Hal ini sebagai antisipasi jika kamu tidak lulus melalui jalur SNMPTN.

Baca: Jadwal Penting SNMPTN, SBMPTN dan Bidikmisi 2019

Dari tahun ke tahun, sistem seleksi Perguruan Tinggi Negeri semakin diperketat

Mengingat semakin banyaknya dan terus meningkatnya lulusan SLTA/ sederajat yang lulus dan mendaftar PTN setiap tahunnya, sistem seleksi semakin diperketat oleh pemerintah.

Sudah pernah mendengar info tentang sistem baru SBMPTN 2019?

Ternyata Sistem SBMPTN 2019 jauh berubah dibanding sistem SBMPTN di tahun – tahun sebelumnya

Buat kamu yang masih belum paham, berikut 7 info penting yang perlu kamu ketahui tentang sistem baru SBMPTN:

1. Sistem ujian berbasis komputer (Ujian Tulis Berbasis Komputer)

SBMPTN tahun ini memang berbeda dengan sistem pada SBMPTN sebelumnya yang berbasis kertas dan pensil atau yang kerap disebut Ujian Tulis Berbasis Cetak (UTBC).

Tahun 2019 wajib menggunakan sistem UTBK.

Sistem UTBK akan diselenggarakan sebanyak 24 kali setiap hari Sabtu dan Minggu pukul 08.00 dan pukul 13.00 WIB. Pelaksanaan SBMPTN akan dilakukan mulai bulan Maret.

2. SBMPTN diselenggarakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT)

sbmptn 2019 ruang mahasiswa

Jika dulunya panitia dalam pelaksanaan SBMPTN berubah setiap tahun, mulai tahun 2019 sudah terbentuk lembaga permanen yang berfungsi melaksanakan UTBK yaitu Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT)

3. Hasil/Nilai UTBK digunakan untuk mendaftar di SBMPTN

Jika pada tahun sebelumnya prosedur seleksi dimulai dari memilih program studi dan PTN, kemudian mengikuti ujian untuk menembus pilihan yang telah ditentukan,  pada sistem baru ini hal yang lebih dulu dilakukan adalah ujian, yaitu UTBK

Hasil yang diperoleh dari UTBK ini menjadi bekal bagi siswa untuk mendaftar di SBMPTN

4. Setiap peserta ujian akan mengetahui nilai ujian yang diperoleh

Seperti yang dijelaskan di atas, pada sistem SBMPTN yang baru ini para sobat pejuang SBMPTN akan mengetahui hasil ujian yang diperoleh.

Berbeda dengan tahun – tahun sebelumnya, peserta ujian yang lolos SBMPTN tidak dapat mengetahui nilai ujian yang diperolehnya. Hanya diberitahu saja Lulus atau tidak

5. Tes dapat dilakukan sebanyak dua kali

 

Sistem SBMPTN 2019 memberikan kesempatan buat pejuang PTN untuk melakukan tes sebanyak dua kali selama periode, dan menggunakan nilai tertingginya untuk mendaftar di program studi yang diminatinya.

Namun soal yang disediakan pada tes pertama dan tes kedua akan berbeda, meskipun kualitas soalnya sama.

Setiap melakukan tes, peserta ujian akan dikenakan biaya pendaftaran sebesar Rp. 200.000,-.

6. Soal jenis HOTS

HOTS (High Order Thinking Skill) merupakan jenis soal yang disusun untuk menguji kemampuan analisa peserta ujian. Jenis soal HOTS ini bertujuan untuk menyaring calon mahasiswa berkualitas.

Soal yang menguji kemampuan analisis tinggi memiliki bobot nilai yang lebih tinggi dibandingkan dengan soal kategori mudah.

Jadi buat sobat pejuang SBMPTN 2019, kamu perlu mematangkan persiapan kamu dalam mempelajari soal – soal yang melatih kemampuan analisa tinggi.

7. Materi tes terdiri dari Tes Potensi Skolastik dan Tes Kompetensi Akademik

Pada Tes Potensi Skolastik, kemampuan yang diuji adalah kemampuan penalaran peserta ujian, sedangkan pada Tes Kompetensi Akademik, yang diuji adalah pengetahuan yang diperoleh dari sekolah dan pengetahuan yang diperlukan sesuai dengan program studi yang dipilih.

Sama halnya dengan sistem SBMPTN yang sebelumnya, Tes Potensi Akademik terdiri dari Ujian Saintek (Sains dan Teknologi) untuk peserta ujian yang memilih program studi IPA dan Ujian Soshum (Sosial Humaniora) untuk peserta ujian yang memilih program studi IPS.

Baca: 7 Tips yang Bisa Kamu Lakukan Sebelum Menghadapi Ujian


Buat kamu yang memilih jurusan olahraga dan kesenian, tidak ada lagi Tes Keterampilan dalam sistem yang baru ini. Tes diganti dengan melampirkan portofolio seperti pada SNMPTN.

Perlu memahami sistem baru SBMPTN 2019

Untuk para sobat pejuang SBMPTN, selain persiapan akademik dan mental, kamu juga perlu tahu tentang info di atas. Hal ini bertujuan agar kamu lebih memahami sistem yang ada sehingga lebih siap untuk berjuang.

Baca: Penting! Apa yang Berbeda dengan Sistem Penilaian SBMPTN 2018?

Perlu persiapan matang untuk merebut satu kursi PTN

Tidak menutup kemungkinan bahwa setiap tahunnya sistem SBMPTN akan mengalami perubahan. Jangan gentar dengan perubahan sistem yang ada. Yang menjadi poin penting adalah kamu terus membenahi diri dengan persiapan yang matang.

Apakah kamu siap menjadi pejuang PTN 2019? Tetap semangat untuk merebut kursi PTN, para sobat pejuang SBMPTN