Hi teman-teman pembaca ruangmahasiswa.com dimana pun kalian berada, saya harap kalian tetap berada dalam lindungan Tuhan yang Maha Esa. Di hari ini, saya masih kembali membagikan artikel seputar tips masuk perkuliahan.

Kali ini, kita akan fokus kepada satu Universitas yang menjadi dambaan banyak lulusan SMA. Ya, universitas itu tak lain adalah PKN STAN.

Baca juga: 10 Perguruan Negeri Terbaik Versi Webometrics 2017

Bisa masuk STAN merupakan impian terbesar bagi mereka yang mencintai dan ingin menguji skill di dunia Rupiah. Namun, dibalik impian tersebut ada kegalauan tersendiri bagi mereka yang ingin mencapainya. Seperti halnya masuk PTN.

Bukan rahasia umum lagi  selain terkenal dengan ujiannya yang sulit, tantangan lain adalah bahwa peminat STAN semakin tahun semakin bertambah. Bisa dibayangin seberapa banyak pesaing yang harus kita gugurkan untuk mendapatkan satu bangku di PKN STAN.

Oleh karena itu, artikel kali ini akan membantu kamu bagaimana tips jitu agar kamu bisa mendapatkan satu kursi tersebut dan berjumpa dengan teman barumu di PKN STAN. Let’s check this ūüôā

1. Perkuat Semangat Belajar

Perkuat Semangat Belajar untuk Masuk STAN

Percayalah, tidak ada orang sukses yang berhasil tanpa melalui tahap ini. Belajar¬† merupakan tahap awal ketika kita ingin melakukan sesuatu. apalagi hal tersebut menyangkut dengan masa depan kita.¬†eeaakk……¬†Mulai sekarang kamu harus mengatur jadwal belajarmu terkhusus seputar STAN.

Ketika tujuan awalmu adalah bisa jebol di PKN STAN, kamu dilarang untuk berhenti belajar dan latihan, karena pihak STAN akan selalu mengujimu untuk meraih STAN itu sendiri.

2. Pelajari soal-soal STAN 5 Tahun Terakhir

Menurut beberapa teman yang saya kenal yang sukses menaklukkan STAN adalah dengan membahas soal-soal STAN dua atau lima tahun kebelakang. Karena akan kita temukan kemiripan soal antara tahun sekarang dengan 5 tahun yang lalu. Namun, kamu juga harus mencari tahu karakteristik soal yang sering di ujikan. Kamu perlu mengumpulkannya dari berbagai sumber. Hal ini akan sangat membantu kamu untuk tidak terkejut ketika dihadapkan dengan soal yang tidak seumuran denganmu.

3. Latihan Mengerjakan Soal

Setelah kamu sudah menguasai atau mempelajari materi soal dari STAN itu sendiri, selanjutnya kamu harus malakukan latihan ringan setiap akhir pembahasan. Hal ini bertujuan untuk mengetahui sudah sampai mana kemampuanmu menganalisis soal yang ada. Kamu harus menyelesaikan setidaknya 5 soal setiap harinya dengan persentasi soal tersebut harus benar.

4. Menentukan Target Nilai

Hal ini penting untuk melatih semangatmu terlebih untuk mendapatkan nilai yang bagus. Dengan memiliki target nilai tentu kamu akan berusaha keras menuntaskan setiap soal dengan baik dan benar.

Target tersebut harus konsisten ketika kamu akan mengikuti try out terlebih ketika kamu sudah berada pada saat ujian penentu.

5. Mengikuti Try Out

Jika kamu ingin mengetahui kemampuan menjawab soal mu secara akurat, kamu bisa mengikuti try out. Biasanya sebelum ujian berlangsung, banyak lembaga bimbingan belajar  yang mengadakan try out bagi mereka yang ingin mengikuti ujian.

Atau jika kamu sedikit malas untuk mengikuti try out dengan keluar rumah, kamu bisa mengikutinya secara online.

6. Jaga Kesehatan

Kamu tidak akan bisa melakukan 5 tahap diatas dengan baik jika kesehatanmu tidak prima. Jadi, jangan sampai kamu melupakan perihal kesehatanmu ketika ingin melakukan sesuatu. Tidak hanya kesempatan yang akan hilang bahkan orangtuamu akan repot atau bahkan pacarmu akan sedih. heheheh….¬†Percayalah, kesehatan itu sangat mahal. Jadi, karna aku peduli sama kamu,¬†please jaga kesehatanmu ya!!

Baca juga: Ancaman Serius Penggunaan Gadget Terhadap Kesehatan

 7. Berdoa

Percayalah, berdoa adalah obat yang paling ampuh untuk meraih kesuksesanmu. Manfaat doa sangat banyak sekali. Jadi, jangan buat sesuatu yang akan menjadi sia-sia karna kamu lupa berdoa sebelum bertindak. Memohon petunjuk pada Tuhan agar senantiasa mempermudah urusanmu. Ya, lebih komplitnya adalah Belajar dan Berdoa.

8. Siapkan Mental di Hari-H

Siapkan Mental di Hari H

Karna aku sayang kamu, aku kasih tips terakhir agar kamu bisa menaklukkan STAN. Ya, kamu harus siapkan mental bajamu ketika menghadapi ujian nanti. Karna jika kamu kalah sebelum perang itu akan menjadi penghambat terbesarmu untuk lulus. Sekali lagi ku ingatkan karna aku sayang kamu, please never give up! ūüôā

Baiklah, aku rasa tips itu cukup untuk mempersiapkan dirimu menghadapi persaingan untuk merebut satu kursi kesayanganmu di PKN STAN.

Baca juga: SUKSES SBMPTN? PASTI BISA! Berikut Tips-nya