Siapa yang belum tahu apa itu SBMPTN? Buat seluruh siswa/i yang baru menyelesaikan pendidikan menengah atas pasti lagi heboh – hebohnya dengan persiapan SBMPTN. SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) adalah seleksi tertulis untuk menjadi mahasiswa di PTN.

Secara umum, di Indonesia dikenal 3 jenis seleksi untuk masuk ke PTN, yaitu:

  1. SNMPTN, seleksi melalui rekomendasi sekolah dan proses penyeleksian dilihat dari nilai raport
  2. SBMPTN, seleksi melalui jalur tulis yang saat ini dilakukan Ujian Tertulis Berbasis Komputer
  3. Mandiri, seleksi yang dibuat sesuai kebijakan program studi di masing – masing universitas.

Pasti kamu yang baru menyelesaikan sekolahnya sangat antusias dengan SBMPTN dengan melakukan banyak persiapan, misalnya mengikuti bimbingan belajar atau try out.

Banyak calon-calon mahasiswa yang takut dan bingung dengan SBMPTN. Seolah-olah bakal kepala mau terbakar jika ikut SBMPTN.

Merasa cemas, khawatir, pokoknya campur aduk deh itu perasaan. Sehingga terkadang buat “Galau”. Karena takut gagal nih, banyak yang jadi pasrah saja akan keadaan. Namun, percayalah bahwa SBMPTN tidak menyeramkan seperti yang kamu pikirkan kalau tahu cara menghadapinya.

Baca: Cara Mudah Menghitung Passing Grade

Bersaing dengan beribu-ribu calon mahasiswa untuk mendapatkan 1 tempat duduk di jurusan yang diinginkan itu memang tidak mudah.

Yang menjadi pertanyaan, mengapa kamu harus takut?

Jangan ragu akan kemampuanmu kawan, ingat setiap manusia diberikan akal pikiran yang melebihi apa pun di dunia ini. Hanya cara kamu melakukannya yang membedakan. Mungkin di saat yang lain benar-benar fokus dalam mengejar target mereka, tetapi kamu malah asyik dengan gadget-mu.

Perlu kamu tahu sekilas tentang sejarah SBMPTN itu sebelum benar-benar terjun di dalamnya. SBMPTN itu dulunya merupakan SNMPTN tertulis, dan dilaksanakan pada tahun 2008 oleh Dirjen Dikti Kemendikbud. Kemudian pada tahun 2013 diserahkan kepada Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI).

Berdasarkan pengalaman panjang dalam melaksanakan seleksi penerimaan mahasiswa baru melalui ujian tertulis, pada tahun 2013, MRPTNI tetap menyelenggarakan ujian tertulis sebagai salah satu bentuk seleksi masuk PTN selain daripada SNMPTN itu sendiri.

Seleksi yang lebih mengedepankan asas kepercayaan dan kebersamaan ini disebut dengan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Soal – soal yang dirancang dalam SBMPTN dimaksud untuk mengukur kemampuan umum yang bakal menentukan keberhasilan calon mahasiswa di semua program studi.

Sudah pada tahu kan? Apa tujuan SBMPTN dan mengapa kamu harus ikut SBMPTN agar menjadi seorang mahasiswa di PTN.

Baca: 7 Hal Penting tentang Sistem Baru SBMPTN 2019 yang Perlu Kamu Tahu

Nah, maka dari itu kita punya beberapa tips buat teman-teman yang bakal mengikuti SBMPTN.

Simak selengkapnya:

1. Buat target

tips sukses menghadapi sbmptn

Sebagai langkah awal sebelum mendaftar SBMPTN adalah membuat target. Kamu bisa buat beberapa target sebelum mendaftar. Misalnya jurusan dan universitas mana nantinya kalian.

Perencanaan yang matang untuk memilih jurusan universitas adalah hal penting yang perlu dilakukan, karena sangat menentukan untuk masa – masa kamu menjadi mahasiswa. Teman-teman harus tahu, ke mana tujuan kamu  melanjutkan perkuliahan.

Baca: 10 Perguruan Tinggi Negeri Terbaik versi Webometrics 2019

2. Kenali dirimu

Teman-teman, banyak nih di antara kita pastinya yang punya cita-cita besar buat hidupnya ke depan. Namun, jangan sampai melebihi batas kemampuanmu sendiri.

Setiap orang sudah punya kemampuan dan bakat tersendiri yang diberikan oleh Tuhan. Kemampuan atau bakat jangan sampai tidak digunakan sama sekali loh.

Misalnya ada orang yang kemampuannya di musik, tetapi karena memikirkan hidupnya ke depan, dia jadi memaksakan dirinya untuk terjun di dunia kedokteran karena mengetahui dokter memiliki gaji tinggi sehingga bisa mendapat kehidupan yang layak, padahal sama sekali tidak memiliki kemampuan dalam bidang tersebut.

Padahal setiap apa yang kita tekuni dengan baik dan berusaha dengan giat pasti dapat menjamin kehidupan kita. Sehingga tetap berkaitan dengan poin di atas bahwa pemilihan jurusan juga hal yang sangat penting dan menentukan, karena jika salah memilih jurusan akan membuatmu merasa malas dan jenuh menjalani kuliah nantinya.

Sehingga kata mutiara ini bisa jadi motivasi kita “hasil tidak akan menghianati kerja keras”.

3. Hindari kesalahan teknis

tips sukses menghadapi sbmptn

Artinya ketika mengikuti ujian teman-teman. Terkadang menjadi sepele ya teman-teman untuk memberi bulatan jawaban mungkin karena sudah sering, atau tidak terlalu memperhatikan dalam pengisian kolom nama atau nomor peserta.

Jangan salah teman-teman bahwa tidak sedikit calon mahasiswa yang gagal karena kesalahan teknis ini. LJK-nya tidak terbaca oleh sistem komputer karena rusak.

Baca: Libur panjang setelah UN? Lakukan Hal Ini Saja!

Menyeramkan juga kan?

Sudah capek-capek bulatinnya juga, eh malah tidak terbaca. Oleh karena itu harus benar-benar teliti. Pilih pensil dan penghapus yang memang dikhususkan untuk Lembar Jawaban Komputer (LJK).

Kemudian tips lain, kalau kamu belum pasti dengan jawabanmu, jangan langsung dilingkari. Menghindari pemakaian penghapus pada lembar jawaban secara berlebihan sehingga membuat kertas menjadi tipis dan mudah robek.


Terutama tahun 2019 ini menggunakan sistem Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) sangat perlu hati – hati, memastikan semua sistem komputer berjalan baik terlebih dulu.

4. Kuasai materi, bukan soal

Nah teman-teman ini juga hal penting yang perlu dipelajari. Kebanyakan ya teman-teman kita malah fokus buat menguasai soal dari tahun ke tahun lalu misalnya. Hingga bisa di hafal bentuknya hingga kunci jawabannya. Bukannya menguasai materi, malah sibuk menguasai soal.

Hal yang perlu dilakukan adalah menguasai materi tentang ujian. Materi yang sering diujikan harus dikuasai, karena jika materi dikuasai soal bentuk apa pun pasti bisa diselesaikan.

5. Don’t forget to pray

Ini yang paling penting dari yang terpenting ya sobat. Semua tips di atas adalah  penting. Namun siapa pun kita, sepandai apa pun kita, kalau tidak berdoa itu sama saja sia – sia.

Tuhan memang pasti memberikan yang terbaik buat kita. Terlebih lagi kalau kita secara khusus meminta kepada-Nya, karena tidak ada yang mustahil bagi-Nya. Jadi jangan lupa berdoa teman-teman. Berusahalah sambil berdoa. Jangan cuma doa juga tanpa berusaha artinya sama saja tidak ada gunanya.

Teman-teman inilah tips yang bisa kita bagikan ke kamu semua yang ingin bertarung di SBMPTN. Intinya lakukan yang terbaik, buat persiapan maksimal, jangan menyerah sebelum memulai, fokus dan selalu berdoa.

Kita juga dari ruangmahasiswa.com turut membantu dengan doa buat semua calon mahasiswa yang bakal mengikuti ujian SBMPTN. Semoga sukses. Ditunggu kabar kesuksesannya.