Halo sahabat mahasiswa kembali lagi nih  dengan saya  dari ruangmahasiswa.com, nah tentunya kali ini saya  akan membahas  tentang manfaat teknologi bagi dunia pendidikan.

Bicara tentang teknologi sendiri kita pasti tau ya apa yang dimaksud dengan teknologi.

Nah, bagi yang belum paham apa sih teknologi itu saya akan kasih tau buat kamu sahabat mahasiswa , teknologi itu sendiri merupakan  keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia artinya apa saja yang bisa memudahkan pekerjaan manusia, itulah yang dinamakan teknologi.

Apa yang sudah saya rasakan dan kalian juga mungkin merasakannya, di zaman sekarang ini memang berbeda dari zaman – zaman dulu seperti 5 atau 10 tahun yang lalu. Teknologi yang semakin canggih ini bisa kita rasakan dari segala aspek.

Peranan teknologi sendiri dalam bidang pendidikan tidak kalah ketinggalan juga lo… bagaimana tidak hampir semua kegiatan pendidikan mulai dari belajar maupun mengajar hampir semuanya menggunakan teknologi.

Sebenarnya, menurut cara pandang orang teknologi itu ada baik maupun buruknya teknologi di bidang pendidikan. Akan tetapi pada kesempatan kali ini kita hanya membahas dari manfaatnya saja.

Untuk lebih jelasnya, yuk kita cek apa saja sih manfaat dari teknologi itu sendiri untuk pendidikan ?

1. Sebagai sumber pengetahuan

Teknologi sebagai Sumber Pengetahuan

Mungkin ada dari sahabat mahasiswa yang bertanya –tanya kenapa teknologi itu sebagaai sumber pengetahuan Padahalkan yang menciptakan teknologi itukan manusia sendiri.

Untuk pertanyaan yang seperti ini, memang betul teknologi itu diciptakan oleh manusia tetapi digunakan oleh banyak orang.

Seperti Google misalnya, yang menciptakan google itu adalah Larry Page dan Sergey Brin. Namun cobalah lihat apa dampak dari penemuan orang tersebut.

Hampir semua orang berkunjung ke situs pencarian tersebut dimana hampir semua informasi yang sudah kamu tahu atau bahkan yang belum kamu pikirkan sekalipun sudah terdapat didalamnya.

2. Sebagai wadah bertukar pikiran atau sharing

Saling Bertukar Pikiran dengan Teknologi

Selain sebagai sumber pengetahuan, dengan adanya teknologi sendiri juga sangat membantu dalam hal bertukar pikiran.

Dengan adanya teknologi sendiri sahabat mahasiswa pasti sudah meraskan kemudahannya bukan?

Dimana jika sahabat mahasiswa kebingungan mencari informasi yang dibutuhkan atau bahkan tidak ada di google  sobat mahasiswa bisa bertanya melalui forum- forum diskusi melalui internet  kamu bisa langsung bertanya atau mencari solusi mengenai masalahmu disana dan saya yakin orang- orang disana akan merespon keluhanmu tersebut.

Baca: 4 Forum Diskusi Yang Cocok untuk Mahasiswa

Untuk  wadah – wadah yang menyediakan layanan tersebut. di Indonesia sendiri, ada seperti kaskus, forum Tribun dan masih banyak lagi  forum diskusi yang ada di internet.

3. Sebagai media sosialnya pengetahuan

Sudah tahu kan yang namanya media sosial dimana di sana adalah tempat berbagi informasi satu dengan yang lain.

Tetapi yang kita bahas kali ini adalah media sosial sebagai sumber pengetahuan dimana di sana kamu para sahabat mahasiswa bisa menciptakan forum diskusi kecil yang tentunya untuk bisa sharing mengenai pendidikanmu dan bahkan bisa bertukar informasi yang kalian butuhkan .

Baca: Jadikan Media Sosial Lebih Berguna untuk 10 Hal Ini

4. Mempermudah dalam mencapai tujuan pendidikan

Kalian para sobat mahasiswa pasti sudah merasakan dampak dari teknologi yang ada sekarang ini   dalam menunjang proses pendidikan kalian.

Misalkan saja  jika dosen berhalangan atau tidak bisa hadir dalam proses mengajar dosen bisa mengirim materi ke pada mahasiswanya untuk dibahas atau bahkan kalau mau dosennya bisa mengajar secara live sehingga mahasiswa yang diajar tidak ketinggalan mata pelajaran mereka.

Hosting Unlimited Indonesia

Itu dia sahabat mahasiswa sekalian  informasi seputar manfaat adanya teknologi untuk menunjang pendidikan yang bisa saya berikan buat kalian para sobat mahasiswa dan semoga informasi ini bisa menjadi wawasan untuk sobat mahasiswa.  Tetap semangat dalam menjalani perkuliahan.