Berkuliah di salah satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) merupakan impian bagi semua orang di Indonesia.

Nah, bagaimana jika PTN tersebut juga menjadi salah satu yang terbaik di Indonesia?

Kamu yang menjadi mahasiswa di sana pasti akan sangat bangga dan kamu yang baru lulus SMA sederajat pasti sangat ingin untuk kuliah di sana.

RuangMahasiswa.com akan memberikan informasi tentang 10 Perguruan Tinggi Negeri terbaik yang ada di Indonesia menurut Webometrics.

Perlu kamu tahu bahwa Webometrics adalah sebuah sistem perangkingan web perguruan tinggi di dunia yang berpusat di Spanyol.

Berikut adalah 10 PTN terbaik di Indonesia menurut Webometrics pada tahun 2017. Data updated: 25/04/2016

10. Universitas Airlangga

Universitas Airlangga adalah sebuah perguruan tinggi negeri yang terletak di Surabaya, Jawa Timur. Universitas ini didirikan tanggal 10 November 1954 bertepatan dengan hari pahlawan yang ke-9. Berlokasi di Jl. Airlangga, Gubeng, Jawa Timur.

Berdasarkan data per tanggal 30 September 2015, jumlah mahasiswa aktif Universitas Airlangga sebanyak 38.047 orang yang tersebar di 14 fakultas dan 1 sekolah pascasarjana.

Baca: Jangan Takut, Semua Orang Punya Kesempatan untuk Kuliah

9. Universitas Udayana

Universitas Udayana yang biasa disebut UNUD terletak di kabupaten Bardung, Bali merupakan salah satu PTN di bali dan menjadi universitas tertua yang ada di Bali. Saat ini, Universitas Udayana memiliki 13 fakultas.

Baca juga: 5 Perguruan Tinggi Terbaik di Dunia

8. Universitas Riau

10 ptn terbaik

Unri adalah satu – satunya 10 PTN terbaik yang berada di luar Jawa

Universitas Riau disingkat dengan UR atau Unri adalah PTN yang terletak di Pekanbaru, Riau. Unri berdiri pada tanggal 25 September 1962.

Saat ini Unri telah memiliki 92 program studi yang tersebar pada D3, S1, S2 dan S3 yang terdapat pada 9 fakultas. Meraih 5 besar di Indonesia menjadi prestasi luar biasa bagi Unri, ditambah lagi Unri menjadi satu – satunya di luar pulau Jawa.

7. Universitas Diponegoro

Universitas Diponegoro (Undip) merupakan salah satu PTN terbaik di Indonesia yang berlokasi di Semarang, Jawa Tengah. Awalnya Undip merupakan sebuah Perguruan Tinggi Swasta, kemudian baru berstatus sebagai Perguruan Tinggi Negeri pada tahun 1961.

Saat ini, Undip juga telah terakreditasi “A” oleh BAN-PT. Saat ini Undip telah memiliki 136 program studi yang tersebar di 11 fakultas dan 1 program pascasarjana.

Visi Undip adalah menjadi universitas riset unggul di tahun 2020.

6. Universitas Padjadjaran

Universitas Padjadjaran saat ini berada di posisi 8. Universitas yang lebih dikenal dengan Unpad ini berdiri pada 11 September 1957 yang terletak di kota Bandung dan Jatinangor. Saat ini Unpad merupakan salah satu PTN yang berbadan hukum serta telah terakreditasi “A” pada tahun 2014 lalu.

Hal yang menarik dari Unpad bahwa Unpad tercatat sebagai PTN dengan peminat terbanyak se-Indonesia di SNMPTN dan SBMPTN pada tahun 2012 – 2015. Sungguh membanggakan ya sobat mahasiswa.

Jumlah mahasiswa di Unpad pada tahun 2013 tercatat berjumlah 29.269 orang.

5. Universitas Brawijaya

Universitas Brawijaya biasa disingkat UNBRA, UNIBRAW atau UB merupakan PTN yang didirikan pada tahun 1963 di Kota Malang, Jawa Timur. Saat ini jumlah mahasiswa yang berkuliah di UB adalah lebih dari 55 ribu orang yang tersebar di 143 program studi dengan 15 fakultas dan 2 program pendidikan setara fakultas.

Universitas Brawijaya telah mendapatkan akreditasi “A” dari BAN-PT pada 10 Januari 2009 dan kembali mendapatkannya pada 11 September 2014.

Baca : Kegiatan yang Bisa Menghambat Kelancaran Perkuliahanmu

4. Institut Pertanian Bogor (IPB)

IPB merupakan PTN terbaik dan cukup terkenal di Indonesia. Terletak di Bogor, IPB merupakan pemekaran dari Universitas Indonesia. Status Akreditasi IPB adalah A (sangat baik).

IPB saat ini memiliki 9 fakultas dengan 36 program studi sarjana, pendidikan Pascasarjana dengan 64 Program Studi Sains, 13 Program Magister Profesional dan 43 Program doktor serta 1 Program Internasional.  Jumlah mahasiswa berkisar 27 ribu orang.

3. Institut Teknologi Bandung

Institut Teknologi Bandung (ITB) didirikan pada 2 Maret 1959. Sejak tahun 2013, ITB merupakan salah satu Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum. ITB terletak di kota Bandung, Jawa Barat.

ITB juga sudah terakreditasi “A” dan selalu berada di 3 besar PTN terbaik di Indonesia. Hampir seluruh program studi terakreditasi “A” bahkan ada 20 program studi yang sudah terakreditasi secara internasional.

Saat ini ITB masih menjadi perguruan tinggi terpopuler di Indonesia.

2.  Universitas Indonesia

 Kampus utamanya terletak di bagian utara Kota Depok, Jawa Barat dan Salemba, Jakarta Pusat. UI secara umum selalu dianggap sebagai salah satu perguruan tinggi papan atas di Indonesia bersama UGM dan ITB.

Bahkan jika orang – orang bisa berkuliah di salah satu PTN ini, maka sudah merupakan kebanggaan yang luar biasa.

Jumlah mahasiswa pada tahun 2015 adalah 47.641 orang mahasiswa suatu angka yang sungguh fantastis.

Pastinya UI juga terakreditasi “A” oleh BAN-PT.

1. Universitas Gadjah Mada

Universitas Gajah Mada menjadi PTN terbaik versi Webometrics 2017. Universitas Gadjah Mada (UGM) didirikan pada  tanggal 19 Desember 1949 yang terletak di Yogyakarta. UGM merupakan universitas pertama yang didirikan oleh pemerintah Indonesia setelah merdeka. Saat ini UGM telah memiliki 18 fakultas dan 1 sekolah Vokasi serta 1 program pascasarjana.

UGM memiliki lebih dari 100 program studi. Hal yang menarik adalah bahwa UGM selalu berada dalam 3 besar PTN terbaik di Indonesia.

Bagaimana sobat mahasiswa?  Sudah mengetahui 10 PTN terbaik di Indonesia kan? Untuk lebih lengkapnya perhatikan tabel berikut ini:

ptn terbaik 2017

Buat kamu yang berkuliah di salah satu PTN terbaik ini ya pastinya sangat bangga ya, dan berikan tips dan trik kepada adik – adik kita yang ingin menjadi bagian yang terbaik, karena akan ada selalu puluhan hingga ratusan ribu yang ingin kuliah di PTN ini.