Bagi kalangan mahasiswa  maupun kalangan pekerja tentunya tahu dong fungsi dari antivirus dalam sebuah computer, dimana antivirus itu sendiri dibuat dengan bahasa program yang bertujuan untuk pengamanan sistem komputer sehingga terhindar dari serangan virus yang mampu merusak atau menghalangi kinerja komputer kita.

Virus itu sendiri kebanyakan berasal dari internet atau lebih tepatnya saat sobat sendiri sedang berselancar di dunia maya  apalagi virus yang baru baru ini menghebohkan dengan kedatangan virus wannacry dimana virus ini bertujuan mengenkripsi atau mengunci data pada system kita .

Mungkin sobat bertanya darimana sih virus itu berasal ? Kebanyakan virus itu diprogram oleh manusia juga yang kadang kala bertujuan untuk merusak sistem komputer orang lain demi kepentingan dirinya sendiri, atau mengambil keuntungan sendiri atau juga sebagai bahan pengujian untuk mengembangkan sebuah antivirus.

Baca jugaCara Mudah Menginstal Windows

Apabila sobat  seseorang pengguna komputer sangat dianjurkan memang setidaknya memiliki satu antivirus yang bertujuan untuk sistem pengamanan computer kita sendiri dari serangan virus dari luar.

Lalu bagaimana jika tidak memiliki antivirus sama sekali dalam komputer?

Maka sangat rentan dengan bahaya dari serangan virus. Bisa saja computer sobat hang tiba-tiba pada saat pengoperasian atau data sobat bisa saja di curi orang yang tidak bertanggung jawab dari komputer sobat.

Lantas bagaimana mengatasinya? Gunakanlah antivirus

Mungkin sobat bertanya jika demikian antivirus apa yang cocok untuk komputer saya?

Menurut saya sendiri semua antivirus itu mempunyai cara kerja yang baik dimana bertujuan untuk mencegah masuknya virus ke computer kita, namun jangan salah setiap antivirus memiliki kelebihan dan kekurangan masing masing dalam menangani sebuah virus.

Nah karena ini lah saya membuat artikel ini kiranya degan adanya ini dapat membatu sobat untuk memilih antivirus yang aman dan terbaik.

Berikut daftar antivirus terbaik yang menurut saya layak untuk sobat menggunakannya dalam pengamanan data sobat dari serangan virus yang berbahaya.

Antivirus Terbaik Yang Aman dan Ringan

1. Kaspersky antivirus

Antivirus ini adalah salah satu antivirus terbaik untuk PC atau laptop kamu. Antivirus ini mampu membersihkan  virus yang ada dalam komputer kamu dengan sekejab tanpa meninggalkan sisa dan mampu mencegah datangnya virus virus baru datang ke computer sobat .

Antivirus ini dibekali fitur unggulan diantaranya System Watcher, URL Block dan anti-phising . Namun,  antivirus ini tidak tersedia yang free atau semuanya berbayar.

tips memilih antivirus yang aman

Source: https://kaspersky-anti-virus.en.softonic.com

2. Norton Antivirus

Software antivirus dan security Norton ini merupakan antivirus yang tak kalah hebatnya dengan antivirus Kaspersky, antivirus ini juga memiliki vitur terbaik yang mampu mengamankan pc / laptop sobat dari serangan virus mampu membersihkan virus yang tersebunyi di komputer sobat dengan cepat.

Baca: 8 Aplikasi yang Harus Ada di Smartphone Mahasiswa

3. Avira antivirus

Untuk pengamanan pc /laptop sobat , sobat juga bisa mengandalkan software antivirus ini , antivirus ini tersedia  baik yang free maupun premium, antivirus ini salah satu yang paling banyak di gunakan karena selain melindungi PC kamu dari virus  juga memiliki interface yang  yang baik.

4. AVG antivirus

Software antivirus ini juga bisa kamu andalkan lo dalam hal pengamanan pc / laptop kamu karena kemampuanynya yang mampu membersihkan virus dengan bersih tanpa sisa sedikitpun.

Antivirus ini juga cukup banyak di gunakan di kalangan masyarakat  karena kemampuannya dalalm hal mendeteksi virus dan mebersihkan virus yang maksimal.

tips memilih antivirus yang aman

Ilustrasi cara kerja antivirus. Source: techvarta.com

5. Avast antivirus

Software antivirus ini merupakan salah satu antivirus yang paling banyak digunakan apalagi di negara kita. Antivirus ini juga tidak kalah dengan antivirus sebelumnya, antivirus ini juga mampu membersihkan komputer secara maksimal  dari virus – virus yang berbahaya .

Antivirus ini juga tersedia secara gratis dan berbayar  tapi tenang aja versi avast yang gratis ini juga mampu  membersihkan virus secara maksimal dan akan menghapus virus yang di anggap berbahaya.

6. Smadav antivirus

Software antivirus ini merupakan pilihan terakhir yang saya rekomendasikan, antivirus ini merupakan salah satu antivirus buatan anak bangsa.

Antivirus ini juga banyak digunakan karena dalam hal melakukan proses scan yang cepat dan juga antivirus ini juga mampu mengembalikan data yang terhapus karena virus.

Saya sendiri menggunakan antivirus ini sebagai antivirus pendamping , dimana saya menggabungkan antivirus lokal dengan antivirus global.

Baca juga: Cara Menggunakan Google Forms Untuk Membuat Formulir

Nah, itulah sobat daftar antivirus terbaik yang menurut tim ruangmahasiswa.com . Untuk itu saran saya pada sobat supaya menginstal di PC / laptop. Semoga artikel ini menjadi referensi buat sobat dalam memilih antivirus computer