8 Aplikasi yang Harus Ada di Smartphone Mahasiswa

aplikasi wajib untuk mahasiswa

Di zaman yang sudah serba teknologi, salah satu alat yang bisa menunjang aktivitas seorang mahasiswa adalah smartphone. Nah, sebagai seorang mahasiswa, ada beberapa aplikasi yang harus anda miliki di smartphone anda untuk meningkatkan produktivitas baik di dalam maupun di luar perkuliahan. Simaklah jenis-jenis aplikasi yang ada di bawah ini.

1. Aplikasi Alarm

aplikasi wajib untuk mahasiswa

Untuk anda yang memiliki jadwal kuliah pagi dan sangat susah untuk bangun pagi, alarm adalah aplikasi yang wajib ada di smartphone anda. Anda dapat menggunakan aplikasi alarm bawaan smartphone anda. Akan tetapi, jika aplikasi bawaan tersebut kurang efektif, anda dapat menggunakan beberapa aplikasi alarm lainnya.

Salah satunya adalah Alarmy (Sleep If U Can). Alarmy adalah aplikasi alarm berslogan “Sleep If You Can” yang memiliki fitur yang unik.

Di dalam aplikasi tersebut, terdapat 3 mode untuk mematikan alarm yang berbunyi yaitu:

  •  Shake mode (dengan menggoncangkan smartphone anda),
  • Math Problem mode (dengan menyelesaikan soal matematika), dan
  • Picture dismiss mode. Picture dismiss mode adalah mode yang mengharuskan anda untuk mengambil foto suatu tempat yang sudah anda daftarkan sebelumnya. Jika sebelum tidur anda mengambil foto kamar mandi, maka setelah alarm berbunyi, anda harus mengambil foto kamar mandi kembali untuk mematikan alarm tersebut.

Cukup merepotkan, tapi ini adalah cara yang bagus untuk membuat anda benar-benar bangun. Selain Alarmy, juga ada aplikasi alarm lainnya seperti Glimmer, Shake-it Alarm, dan lain-lain.

2. Aplikasi Pencatat Jadwal

Seorang mahasiswa tentunya memiliki jadwal dan kegiatan tertentu. Supaya tidak lupa dengan jadwal tersebut, anda dapat menggunakan aplikasi pencatat jadwal.

Salah satu-nya adalah Trello. Trello memiliki tampilan berbasis card, di mana anda bisa membuat sebuah board dan di dalam board tersebut anda bisa membuat cards yang berisi jadwal, kegiatan, dan catatan anda. Anda bisa men-subscribe dan mengatur deadline sebuah card sehingga anda akan mendapatkan notifikasi sebelum deadline tersebut.

aplikasi wajib untuk mahasiswa

Selain Trello, juga terdapat aplikasi pencatat jadwal lainnya yaitu Wunderlist, Todoist, Evernote, maupun aplikasi Memo bawaan smartphone.

3. Aplikasi Email

Aplikasi Email sangat dibutuhkan mahasiswa untuk melakukan pertukaran file, mengirim tugas kepada dosen, kegiatan surat-menyurat, dan mendapat berita dari media langganan anda. Contoh aplikasi email adalah Hotmail, Gmail, Yahoo Mail, dan lain-lain.

5. Aplikasi Office + PDF Reader

Office adalah aplikasi yang dapat membaca dan mengedit file word (.doc, .docx), excel (.xls, xlsx), dan powerpoint (.ppt, .pptx). PDF Reader adalah aplikasi yang dapat membaca file PDF (Portable Document Format).

Jenis aplikasi ini wajib buat mahasiswa karena bahan-bahan kuliah mulai didistribusikan dalam bentuk softcopy sehingga anda dapat melihatnya melalui smartphone. Sebagian besar smartphone sudah di-install aplikasi Office bawaan.

Contoh aplikasi office lainnya adalah Microsoft Office, WPS Office, Polaris Office, dan lain-lain. Untuk PDF Reader, anda dapat menggunakan Adobe Acrobat Reader atau yang lainnya.

6. Aplikasi Penyimpanan Online

Aplikasi penyimpanan online sudah banyak digunakan orang untuk menyimpan data-data pekerjaan mereka. Aplikasi ini harus anda miliki supaya tugas-tugas dan bahan kuliah anda dapat disimpan dengan aman dan dapat diakses kapanpun. Selain itu, jenis aplikasi ini juga dapat anda gunakan untuk melakukan pertukaran file, mengingat pertukaran file melalui email memiliki batasan ukuran file tertentu.

Contoh aplikasi penyimpanan online adalah Google Drive, Microsoft OneDrive, Dropbox, Box, Mega, iCloud, dan lain-lain. Untuk anda yang mencari ruang penyimpanan yang besar dan gratis, anda dapat menggunakan Mega yang memberikan ruang sebesar 50 GB.7.

7. Aplikasi Peramban (Browser)

aplikasi wajib untuk mahasiswa

Browser adalah aplikasi yang harus di-install di smartphone mahasiswa karena dengan menggunakan browser, anda dapat mencari dan mengumpulkan informasi yang anda butuhkan baik di dalam perkuliahan maupun di luar. Hampir semua smartphone sudah ada browser bawaannya.

Selain browser bawaan, terdapat juga browser lain yang dapat di-install seperti Mozilla Firefox, Google Chrome, Opera, Opera Mini, Dolphin. dll. Untuk anda yang ingin hemat kuota, anda bisa menggunakan Opera Mini karena browser ini sangat ringan dan mempunyai kemampuan untuk melakukan kompresi ukuran halaman website.

8. Aplikasi Kamus

Mengingat bahan-bahan kuliah yang sudah mulai menggunakan bahasa Inggris, aplikasi kamus Inggris-Indonesia menjadi aplikasi yang wajib bagi mahasiswa. Aplikasi kamus Inggris-Indonesia sudah banyak terdapat di App Store/Play Store dan anda tinggal memilih satu dan men-downloadnya.

9. Aplikasi Berita

Sebagai seorang mahasiswa, hendaknya untuk tidak ketinggalan informasi atau berita baik di sekeliling anda maupun tidak. Aplikasi berita yang disarankan adalah Kurio. Kurio adalah aplikasi news aggregrator dimana berita-berita dari berbagai media atau sumber dikumpulkan menjadi satu. Jadi, dengan menggunakan Kurio, anda sudah dapat membaca berita dari Detik, Kompas, Liputan 6, Berita Satu, dll maupun media luar negeri.

Itulah jenis-jenis aplikasi yang harus dimiliki di smartphone seorang mahasiswa. Aplikasi-aplikasi tersebut dapat anda gunakan untuk proses perkuliahan maupun untuk berorganisasi. Untuk setiap jenis aplikasi, disarankan hanya memilih 1 aplikasi dari contoh-contoh aplikasi yang diberikan di atas supaya tidak memberatkan smartphone anda.

Sekian dari saya artikel tentang aplikasi-aplikasi yang harus ada di smartphone mahasiswa. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda.

Penulis: Billy Halim (Web Developer and JavaScript Enthusiast)

Ilmu Komputer USU 2015