Program Kartu Prakerja kembali diluncurkan oleh pemerintah belum lama ini untuk yang kesekian kalinya.

Peluncuran program ini sendiri menghasilkan banyak tanggapan positif, khususnya dari kamu anak-anak muda yang menjadi penerima manfaat dari program ini.

Salah satu layanan yang sering dipilih oleh para penerima manfaat Kartu Prakerja untuk menggunakan saldo pelatihannya adalah Skill Academy.

Sebagai produk dari perusahaan “unicorn” Ruangguru, Skill Academy memang memiliki berbagai fitur menarik yang menjadikannya sebagai salah satu layanan kursus terbaik di Indonesia.

Terdapat banyak sekali kursus-kursus menarik dan berkualitas yang ada di Skill Academy.

Namun, agar sobat yang akan mengikuti kursus tidak bingung, berikut beberapa rekomendasi kelas Prakerja terbaik di Skill Academy.

Apa saja kelasnya? Yuk, disimak ulasan berikut:

rekomendasi kelas prakerja di skill academy
Sumber gambar: skillacademy.com

1. 2 Jam Pahami Digital Marketing untuk Memulai Bisnis Anda

Jika kamu adalah seorang enterpreneur atau baru saja merintis usaha baru, kursus ini tampaknya sangat cocok untuk kamu, sobat!

Dalam kursus ini, kamu akan mempelajari dan dapat memahami berbagai seluk beluk seputar digital marketing, mulai dari membedakan digital marketing dan offline marketing, menetapkan target audience, hingga mengetahui berbagai platform yang dapat digunakan sebagai channel pemasaran digital kamu.

Oh iya, ilmu digital marketing ini juga sangat penting lho, sobat!

Meskipun pada saat ini kamu belum merintis usaha atau memulai bisnis, namun ilmu digital marketing dapat sangat bermanfaat bagi kamu ke depannya.

Hal ini dikarenakan, efektivitas dan efisiensi digital marketing membuat metode pemasaran ini akan semakin banyak digandrungi dan dibutuhkan kedepannya.

Kursus 2 Jam Pahami Digital Marketing untuk Memulai Bisnis Anda yang tersedia di Skill Academy ini sendiri akan dipandu oleh CEO Heroleads Indonesia yang juga seorang Digital Marketer, yaitu Rama Dhonanto.

Kursus dengan total durasi 3 jam 28 menit ini sendiri seharga 250 ribu rupiah. Cukup worth it kan, sobat?

Namun dengan kartu Prakerja, kamu dapat memanfaatkan saldo pelatihannya sehingga kamu tidak perlu mengeluarkan uang untuk pelatihan ini

Baca juga: 7 Alasan Harus Belajar Soft Skill di Skill Academy

2. Laris Manis Berjualan di E-Commerce

Penjualan produk melalui e-commerce semakin banyak diminati oleh para pedagang pada saat ini.

Platform-platform e-commerce seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak, dan Lazada menjadi beberapa diantara yang paling banyak digunakan.

Hal ini tentunya tidak terlepas dari fakta bahwa platform e-commerce yang memang sangat menjanjikan dalam meng-capture pasar dunia maya, dimana pertumhuhan pengguna internet di Indonesia juga sangat pesat.

Sama seperti berjualan offline, sebenarnya siapapun dapat berjualan online.

Jika untuk berjualan offline kamu perlu mengeluarkan biaya yang cukup besar untuk menyewa tempat dan membayar biaya operasional, maka untuk berjualan online kamu hanya cukup memiliki kuota untuk mengakses platform yang akan digunakan.

Meskipun terdengar lebih mudah dan minim resiko, tapi kamu tetap memerlukan panduan dan bimbingan dari orang yang lebih berpengalaman agar penjualan di e-commerce-mu dapat laris manis!

Nah, pada kelas ini, kamu akan dibimbing langsung oleh Carissa Mashinta, Senior E-Commerce Manager di Wunderman Thompson, yang juga mantan Manager di Lazada.

Dengan membayar 150 ribu rupiah, kamu akan mendapatkan berbagai materi menarik, mulai dari pengenalan e-commerce, kunci dan strategi dalam berjualan di e-commerce, hingga ditantang untuk menyelesaikan studi kasus yang ada.

3. Langkah Menjadi Youtuber Profesional bersama Gita Savitri

rekomendasi kelas prakerja terbaik

Rekomendasi kelas untuk Kartu Prakerja terbaik selanjutnya sangat cocok untuk kamu yang berminat untuk menjadi content creator profesional di YouTube.

Ya, memang menjadi “Youtuber” tampaknya menjadi salah satu profesi baru yang diidamkan oleh banyak orang. Apalagi generasi Z yang memang sejak awal sudah mengenal dan memasuki dunia digital.

Tapi tahukah kamu bahwa menjadi seorang content creator di YouTube bukanlah sesuatu yang mudah?

Memutuskan untuk berkarir sebagai seorang content creator profesional bukan hanya mengharuskan kamu handal dalam memproduksi konten berkualitas, melainkan juga harus dapat menjalin relasi dengan penonton, memaksimalkan SEO Youtube, hingga memahami monetisasi Youtube.

Nah, dalam kursus yang dibawakan langsung oleh Kak Gita Savitri Devi, salah satu content creator Indonesia terbaik di Youtube, kamu akan mempelajari berbagai hal tersebut, sobat!

Total waktu yang harus dihabiskan untuk menyelesaikan kursus ini adalah 2 jam 13 menit dan dapat kamu beli seharga 175 ribu rupiah.

Baca juga: 5 Kursus Meningkatkan Skill Komunikasi Terbaik di Skill Academy

4. Bisnis Rumahan/UMKM Harus Tau: Menentukan Badan Usaha

Untuk kursus yang keempat ini sangat cocok untuk kamu yang sedang merintis sebuah usaha rumahan ataupun startup nih, sobat!

Jika kamu sedang merintis sebuah usaha baru, entah usaha rumahan atau startup, kamu harus tau yang namanya badan usaha. Bentuk badan usaha sendiri ada yang berbadan hukum dan tidak berbadan hukum.

Tentu kamu ingin usaha yang sedang kamu rintis memiliki badan usaha yang jelas, dong? Nah, di kursus ini kamu akan mendapatkan banyak jawaban, sobat!

Bareng Abdilla Lahuddin, seorang Legal Counsel, kamu akan mempelajari prosedur untuk mendirikan usaha berbadan hukum. Hal ini tentu sangat berguna untuk kelancaran bisnis kamu.

Oh iya, pada kursus yang dihargai sebesar 175 ribu rupiah ini kamu akan mempelajari segala hal terkait badan usaha dari yang paling dasar. Jadi, kamu tidak perlu khawatir jika tidak memiliki latar belakang pendidikan hukum ya!

Dalam durasi yang tidak lebih dari 2 jam, kamu akan diperkenalkan dengan badan usaha, jenis-jenisnya, cara mendirikannya, hingga cara mengubah badan usaha itu sendiri. Juga akan dilengkapi dengan sesi tanya jawab bersama lawyer.

5. Membuat dan Menjual Masker Kain Melawan Virus Corona

Salah satu bisnis yang paling menjanjikan pada masa penyebaran pandemi COVID-19 tentu adalah bisnis masker kain.

Hal ini dikarenakan, menggunakan masker merupakan salah satu bagian dari penerapan protokol kesehatan yang harus dipatuhi oleh masyarakat selama masa new normal.

rekomendasi kelas prakerja terbaik

Nah, melalui kursus ini, kamu akan mendapatkan pelatihan khusus tentang cara membuat dan strategi menjual masker kain.

“Wah, tapi kalau nanti new normal sudah selesai gimana? Sayang dong kalau aku invest untuk belajar ini!”

Jangan khawatir, sobat! Meskipun masa pandemi sudah berlalu, tapi dapat diprediksi bahwa penggunaan masker akan tetap tinggi di masyarakat. Hal ini dikarenakan budaya dan pola hidup kita yang perlahan-lahan sudah mulai berubah.

Kursus selama 1,5 jam ini sendiri akan dipandu oleh Dwi Novianti (Trainer) dan Inado Grace Simarmata (Trainer Personal Development).

Kamu cukup berinvestasi sebesar 215 ribu untuk mampu membuat dan menjual masker kain!

6. Sukses Interview/Wawancara Kerja

Nah, ini adalah salah satu kursus favorit yang paling banyak diminati di Skill Academy, sobat!

Selain tentu saja karena fakta bahwa wawancara merupakan salah satu tahapan penentu apakah kita akan diterima kerja atau tidak, materi kursus yang dibawakan oleh Co-founder Ruangguru Iman Usman ini juga sangat komprehensif, loh!

Selama 3 jam 42 menit, kamu akan mempelajari banyak topik-topik menarik yang pastinya sangat dibutuhkan untuk menghadapi wawancara.

Kamu akan diajak untuk melihat proses interview dari sudut pandang pewawancara agar mengetahui hal-hal apa saja yang diharapkan oleh pewawancara dari kamu, dibekali dengan metode STAR untuk menjawab pertanyaan pewawancara, hingga diberikan kesempatan roleplay untuk mengetahui pertanyaan-pertanyaan yang akan keluar ketika wawancara kerja.

Selain itu, kamu juga akan mengetahui kesalahan umum selama wawancara, bagaimana cara follow up setelah mengikuti wawancara, hingga tipe-tipe wawancara yang unik, seperti wawancara telepon dan kelompok.

Untuk mendapatkan semua hal di atas, kamu cukup membayar sebesar 215 ribu rupiah saja, sobat!

Baca juga: 5 Kelas Rekomendasi untuk Program Prakerja, Yuk Dipilih!

7. Bedah CV untuk Sekolah ke Luar Negeri, Beasiswa, dan Lamaran Kerja

Poin terakhir ini menjadi salah satu rekomendasi kelas Kartu Prakerja yang paling menarik, sobat!

Memiliki CV yang baik merupakan persyaratan utama dalam melamar kerja. CV yang baik juga menjadi penunjang yang dapat memberikan kamu peluang lebih besar untuk dapat kuliah ke luar negeri ataupun menerima beasiswa.

Nah, karena pentingnya peran CV tersebut, maka kamu tidak boleh membuat CV dengan asal-asalan, sobat!

Terdapat banyak tips dan trik yang harus kamu ikuti agar CV yang kamu miliki dapat dilirik oleh recruiter.

Dalam kursus ini yang dibanderol seharga 215 ribu rupiah ini, kamu akan dibimbing langsung oleh Co-founder Ruangguru, Iman Usman, untuk mengetahui cara membuat CV yang baik.

Iman Usman akan mengupas banyak hal terkait CV yang pastinya jarang banget diketahui, mulai dari format penulisan CV yang baik, apa saja yang perlu dan tidak perlu dicantumkan dalam CV, hingga hal-hal yang perlu diperhatikan dalam membuat CV.

Oh iya, dalam kursus ini kamu juga berkesempatan untuk membedah langsung CV seorang Iman Usman loh, sobat!

***

Nah sobat, itulah 7 rekomendasi kelas Kartu Prakerja terbaik yang dapat kamu ikuti di Skill Academy.

Sebenarnya masih sangat banyak kelas-kelas kursus lainnya yang menarik, namun kami sengaja memilih beberapa yang dapat merepresentasikan kursus-kursus lainnya.

Jika kamu penasaran, kamu dapat memeriksa langsung website Skill Academy ya, sobat!

Sudah siap untuk meningkatkan skill-mu?