Halo, sobat Ruang Mahasiswa!

Setelah menyelesaikan S1, siap tidak siap kamu dituntut untuk terlibat dalam aktivitas baru, yaitu berkarier di dunia pekerjaan.

Namun, banyak mahasiswa yang merasa khawatir untuk menghadapi dunia pekerjaan karena kurangnya persiapan.

Career mentoring adalah salah satu solusi ampuh untuk mempersiapkan diri kamu dalam menghadapi dunia pekerjaan.

Secara singkat, career mentoring adalah sebuah sistem dimana seseorang yang lebih senior atau berpengalaman (mentor atau fasilitator) akan memberikan nasehat, masukan, dan bimbingan kepada seseorang yang lebih junior (mentee).

Skill Academy menjadi salah satu layanan yang menyediakan program career mentoring bagi para pelanggannya. Selain career mentoring, Skill Academy juga menyediakan program Bimbingan Karir.

Perbedaan dasarnya adalah, Career Mentoring lebih fokus mengarahkan mentee untuk mempersiapkan kariernya, sementara Bimbingan Karir lebih banyak memberikan informasi seputar dunia pekerjaan kepada member.

career mentoring skill academy
Sumber gambar: Twitter Skill Academy

Salah satu keunggulan utama program Career Mentoring dari Skill Academy adalah karena dilakukan secara 100% daring, sehingga lebih fleksibel secara waktu dan tempat. Biaya yang dikeluarkan juga menjadi relatif lebih murah.

Jika kamu penasaran dengan program Career Mentoring Skill Academy ini, silahkan simak artikel berikut ya, sobat!

Keunggulan Program Career Mentoring Skill Academy

Kenapa sih harus ikut program Career Mentoring Skill Academy? Kenapa ga ikut mentoring di tempat atau layanan lain saja?

Terdapat keunggulan program Career Mentoring Skill Academy yang membuatnya wajib kamu prioritaskan dibandingkan dengan program mentoring lainnya.

1. Bimbingan Intensif

Lewat program Career Mentoring Skill Academy, kamu diberikan kesempatan untuk mendapatkan bimbingan intensif.

Kamu tidak hanya akan mendengarkan atau menyimak penjelasan atau arahan dari para fasilitator, melainkan juga diberikan kesempatan untuk turut bertanya jika ada hal-hal yang kurang kamu pahami.

career mentoring skill academy

Kamu juga boleh meminta masukan atau pendapat dari para fasilitator ketika hendak menentukan langkah-langkah yang mungkin akan mempengaruhi karier kamu kedepannya.

2. Panduan Karier

Kamu akan mendapatkan panduan karier yang komprehensif dan mendalam untuk mempersiapkan karier kamu.

Program Career Mentoring Skill Academy akan menyediakan fasilitator yang bertugas untuk memandu kamu dalam membuat CV, menulis surat lamaran, menyusun profil LinkedIn, hingga menghadapi interview kerja.

Hal ini tentu sangat memudahkan kamu karena tidak perlu membeli kelas-kelas penulisan CV, surat lamaran, dan lain-lain secara terpisah yang relatif memakan biaya dan waktu lebih banyak.

Baca juga: 9 Tips Persiapan Karier Sejak Masih Kuliah

3. Materi Interaktif

Materi yang dibawakan oleh para fasilitator dalam program ini juga dirasa interaktif. Alih-alih satu arah, kamu dan seluruh penghuni grup diberi kesempatan untuk terlibat dalam diskusi dua arah dengan fasilitator.

career mentoring skill academy

Oh iya, media yang digunakan adalah grup Telegram, jadi pastikan kamu memiliki akun Telegram ya, sobat!

4. Fasilitator Kredibel

Keunggulan terakhir dan mungkin yang terpenting adalah fasilitator yang kredibel. Kredibel yang dimaksud disini adalah fasilitator yang akan memandu kamu di Career Mentoring Skill Academy dapat dijamin kualitas dan kompetensinya.

Career Mentoring ini diisi oleh tim HR (Human Resources) yang berpengalaman dari berbagai perusahaan terkemuka di Indonesia.

Hal ini membuat kamu tidak perlu ragu untuk mengikuti petunjuk-petunjuk dan arahan-arahan dari para fasilitator yang tersedia.

Lingkup Pembelajaran Career Mentoring Skill Academy

Berikut adalah beberapa hal yang akan kamu pelajari pada Career Mentoring Skill Academy:

1. Membuat CV

CV (Curriculum Vitae) atau Daftar Riwayat Hidup adalah salah satu dokumen yang paling penting dan selalu dibutuhkan untuk mendaftarkan pekerjaan. Hal ini dikarenakan, melalui CV, para recruiter dapat memiliki gambaran singkat melalui diri kamu.

Pentingnya peran dokumen ini dalam menentukan kelulusan kamu di tahap seleksi berkas membuat kamu tidak boleh asal-asalan dalam membuat CV.

Mentoring intensif tentu akan sangat membantu kamu untuk membuat dokumen yang biasanya terdiri tidak lebih dari dua halaman ini, sobat!

2. Menulis Surat Lamaran Kerja

Selain CV, dokumen lainnya yang selalu dibutuhkan untuk melamar sebuah pekerjaan adalah Surat Lamaran Kerja.

Jika CV memberikan sedikit gambaran mengenai latar belakang kamu, maka Surat Lamaran Kerja akan menjadi representasi sifat dan cara kamu dalam berkomunikasi.

Surat Lamaran Kerja yang baik dapat memberikan kesan bahwa kamu adalah seseorang yang teliti, sopan, dan beretika kepada para recruiter.

Oleh karena itu, Surat Lamaran Kerja sama pentingnya dengan CV dalam menentukan apakah kamu akan dipanggil untuk mengikuti seleksi interview atau tidak.

3. Menulis Email dan Follow-up

Pada era digital seperti saat ini, banyak perusahaan yang menerima pengiriman berkas-berkas lamaran kerja melalui e-mail.

Sama seperti Surat Lamaran Kerja, penulisan pesan pengantar di badan email maupun cara kamu dalam melakukan follow-up juga dapat menunjukkan sifat dan cara berkomunikasi kamu kepada para recruiter.

Jadi, meskipun terdengar sepele, penulisan email dan cara follow-up juga menjadi satu hal yang tidak boleh kamu abaikan.

4. Menyusun Profil LinkedIn

Sebagai media sosial khusus para profesional terbesar di dunia, personal branding melalui LinkedIn untuk memikat hati recruiter juga semakin marak terjadi. Maka dari itu, kamu jangan sampai tertinggal dari para jobseeker lainnya.

Menyusun profil LinkedIn tidak sama dan semudah menyusun profil di media sosial lain yang biasanya tujuannya hanya untuk berkomunikasi secara personal, sobat.

Sebagai media sosial untuk para profesional, banyak kolom-kolom di profil LinkedIn yang berbeda dengan media sosial lainnya.

5. Mengasah Soft Skill yang Dibutuhkan di Dunia Kerja

Di dunia kerja, soft skill tentu sangat dibutuhkan. Soft skill ini mulai dari cara berkomunikasi, kepemimpinan, problem solving, negosiasi, public speaking, dan lain-lain.

Menguasai banyak soft skill di atas tentu akan sangat membantu kamu untuk mulai menapaki dunia pekerjaan. Jika kamu sudah memiliki pengalaman kerja, soft skill ini juga sangat berguna untuk mengembangkan karier kamu.

Baca juga: 7 Alasan Harus Belajar Soft Skill di Skill Academy

6. Latihan Menghadapi Interview

Tahap interview sering menjadi momok menakutkan bagi para jobseeker yang hendak mencari pekerjaan.

Hal ini dikarenakan tahap interview merupakan penentu apakah kamu akan diterima untuk bekerja di suatu perusahaan atau tidak.

Bimbingan dalam menghadapi interview dari para HR berpengalaman yang telah mewawancarai ratusan bahkan ribuan calon karyawan tentu akan sangat membantu kamu untuk mengetahui apa saja yang diekspektasikan oleh para HR ketika merekrut karyawan.

Ini tentu membuat kamu menjadi lebih siap dalam menghadapi wawancara.

Cara Bergabung Career Mentoring Skill Academy

Setelah mengetahui kelebihan dan apa saja lingkup pembelajarannya, tentu kamu masih bingung bagaimana cara bergabungnya?

Cara bergabungnya sangat mudah, sobat!

career mentoring skill academy
Sumber gambar: Facebook Skill Academy
  1. Beli 2 kelas apa saja di Skill Academy
  2. Klik tombol Career Mentoring, lalu isi formulir pendaftaran dengan lengkap dan benar
  3. Dapatkan pesan e-mail untuk bergabung dengan grup mentoring. Silahkan klik link yang dilampirkan di dalam pesan tersebut.
  4. Kamu sudah bergabung dengan Career Mentoring Skill Academy.

Baca juga: 7 Rekomendasi Kelas bagi Pengguna Kartu Prakerja di Skill Academy

Bagaimana Jika Belum Punya Dua Kelas?

Jangan khawatir, sobat!

Hanya dengan 100 ribu rupiah, kamu tetap dapat memperoleh berbagai manfaat di atas dengan membeli kelas Career Mentoring secara terpisah di Skill Academy melalui link berikut skillacademy.com/course-detail/eksklusif-bimbingan-karir-mentoring-untuk-dapat-kerja/COURSE-M81BP5CP?courseType=SingleCourse.


Nah sobat, itulah artikel mengenai Career Mentoring di Skill Academy. Jika kamu tertarik, kamu dapat langsung berlangganan ya, sobat!

Semoga upayamu dalam mengejar karier impian dapat tercapai!