Halo, Sobat Mahasiswa dan adik-adik calon mahasiswa sekalian!

Gimana kabarnya? Semoga baik-baik aja, ya. 

Ada banyak sekali manfaat yang dapat diperoleh dengan mengikuti ajang perlombaan, mulai dari mendapat penghargaan, hadiah (Piagam, Piala dan Uang ),dari menambah relasi dan kemampuan hingga memperkaya capaian di CV.

Untuk lebih jelas manfaat dan keuntungan mengikuti lomba / kompetisi, baca artikel berikut:
Baca: 9 Manfaat dan Keuntungan Aktif KOMPETISI Saat Mahasiswa

Nah bagi sobat mahasiswa yang memiliki ketertarikan dan kemampuan dalam bidang penulisan, kalian sebaiknya mencoba beberapa lomba seperti menulis KTI (Karya Tulis Ilmiah), Essay, menulis blog, cerita inspiratif dan lain sebagainya.

Pada kesempatan kali ini, kita mengajak sobat mahasiswa untuk mengetahui perlombaan atau kompetisi menulis terbaik yang diadakan setiap tahun (annual event) oleh sejumlah universitas atau Perguruan Tinggi terbaik di Indonesia.

Wah, lomba menulis apa saja tuh?

Penasaran? Silahkan simak artikel mengenai lomba tahunan di universitas terbaik berikut ini sobat!

1. UPHANCE (UPII National Challenge)

Bagi kamu yang ingin memberikan sumbangsih ide, gagasan, atau solusi dari buah pemikiran terhadap masalah-masalah level nasional maupun global, kalian boleh mencoba lomba yang satu ini.

UPII National Challenge atau biasa dikenal dengan nama UPHANCE merupakan salah satu lomba tahunan terbesar yang diadakan di salah satu universitas terbaik di Indonesia.

Terdapat beberapa kategori lomba yang dapat kalian ikuti di kegiatan ini di antaranya ialah lomba esai, karya tulis ilmiah, serta debat ilmiah.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa Penalaran Interdisipliner Universitas Gadjah Mada (UPII UGM) sejak tahun 2018 ini berupa kompetisi dan forum ilmiah.

Namun, apa saja sih tema yang diangkat oleh kegiatan ini? Tema yang dibawakan di dalamnya berkaitan dengan isu-isu skala nasional maupun global.

Di antaranya Revolusi Industri 4.0, Sustainable Development Goals atau biasa kita kenal dengan singkatan SDGs, dan berbagai tema lainnya. 

Nah, selain untuk mahasiswa ternyata event inijuga bisa diikuti siswa. Jadi, kalian bisa berkenalan dengan banyak orang dari berbagai tingkatan.

Lebih lanjut, kegiatan ini memberikan penghargaan bagi para peserta, finalis, dan juara berupa sertifikat, uang pembinaan, dan berbagai bentuk penghargaan lainnya.

Kegiatan ini juga menyediakan workshop dan talkshow juga, loh.

Kalian penasaran? Silahkan langsung meluncur ke instagram mereka, ya: @upchance_ugm.

2. Inovasi(Indonesian Youth Festival of Science)

Dokumentasi kegiatan INOVASI 2020

Selanjutnya ada Indonesian Youth Festival of Science atau lebih dikenal dengan Inovasi.

Kegiatan ini merupakan lomba karya tulis ilmiah yang kira-kira sudah diadakan sejak tahun 2011/2012.

Kegiatan ini sendiri diinisiasi oleh Unit Kegiatan Mahasiswa Keilmuan dan Penalaran Ilmiah (UKM KPI Universitas Hasanuddin).

Lomba yang tersedia terbagi atas 2 kategori yaitu mahasiswa dan siswa. Tema yang dibawakan ialah seputar teknologi dan sains. 

Bagi para peserta lomba akan menerima penghargaan yang dapat berupa plakat, sertifikat, uang pembinaan, medali dan juga piala.

Baca juga: 7 Kompetisi Mahasiswa Tingkat Nasional Paling Populer

Selain itu, karya kalian yang menjadi finalis ataupun pemenang dalam kegiatan ini mendapatkan kesempatan untuk mempublikasikan karya kalian dalam jurnal yang dikelola oleh UKM KPI, yaitu Jurnal ABDI.

Dalam kegiatan ini juga terdapat berbagai rangkaian kegiatan lain seperti Talk Show dan Tur Kota Makassar.

Kalau kalian berminat dengan lomba yang satu ini, kalian dapat mengeceknya melalui instagram: @ukmkpiunhas dan @inovasi_unhas

3. Festival Ilmiah Mahasiswa (FILM)

Siapa nih yang suka nge-desain? Nah, ternyata infografis juga menjadi salah satu cabang lomba dalam kegiatan Festival Ilmiah Mahasiswa (FILM) yang diadakan oleh UKM Studi Ilmiah Mahasiswa Universitas Negeri Sebelas Maret (SIM UNS).

Dalam kegiatan FILM 2020, terdapat lomba infografis sedangkan pada 2021 kategori lomba infografis diganti menjadi poster ilmiah yang dimana lomba tersebut tak jauh dari kegiatan desain-mendesain. 

Namun, bila kalian merasa kurang berminat pada cabang lomba tersebut, tenang saja! Festival Ilmiah Mahasiswa juga menyiapkan kategori lain seperti lomba esai dan karya tulis ilmiah.

Adapun tema lomba yang diangkat ialah seputar Indonesia Emas, New Normal, dan berbagai tema lainnya.

Hal yang menjadi perhatian penting bagi sobat yang ingin mengikuti lomba ini ialah harus terhindar dari tindakan plagiarisme, ya. Akibat dari tindakan plagiat dapat berbuah diskualifikasi peserta.

Bayangkan, kalian sudah capek-capek kerja tapi malah ada yang terkena plagiarisme. Karena itu, ada baiknya sobat sekalian melakukan parafrase dan recheck terhadap karya kalian sebelum submit ya.

Baca: 5 Tips Menghindari Plagiarisme dalam Menulis

Peserta lomba dapat memperoleh benefit berupa piala, sertifikat, dan pastinya uang pembinaan.

Selain itu, ada hal unik dalam lomba ini. Panitia memberikan keleluasaan pada para peserta untuk saling mengakrabkan diri dan bertukar budaya melalui kegiatan tukar-menukar makanan tradisional dan berbagai kegiatan lainnya.

Kalian bisa mendapatkan informasi mengenai lomba ini di @sim_uns dan @festilmiahuns

4. Young Scientist International Seminar and Expo

lomba tahunan universitas terbaik
Dokumentasi kegiatan Young Scientist International Seminar oleh panitia pelaksana

Kalau semisalnya kamu ingin mencoba lomba yang tatarannya lebih menantang, kamu boleh mengikuti Young Scientist International Seminar and Expo yang diadakan oleh UKM Riset dan Karya Ilmiah Mahasiswa Universitas Brawijaya (RKIM UB).

Kegiatannya ini berskala internasional, loh!

Karena kegiatannya berskala internasional, maka kalian harus siap untuk berhadapan dengan peserta dari negara lain seperti Malaysia, Singapura, Rusia, China, dan negara lainnya.

Hal yang perlu kalian perhatikan dalam kegiatan ini ialah orisinalitas, keselarasan karya kalian dan tema yang diangkat, dan berbagai persyaratan lainnya yang telah ditetapkan.

Bila kalian ikut di dalam kegiatan ini, kalian akan mendapatkan sejumlah benefit seperti sertifikat, medali, penghargaan khusus dan lainnya.

Selain rangkaian kegiatan berupa lomba, Young Scientist International Seminar and Expo juga mengadakan webinar.

Baik lomba maupun webinar-nya sama-sama mengangkat tema mengenai generasi milenial di tahun 2020.

Adapun tema kegiatan selanjutnya dapat kalian peroleh melalui update di instagram mereka @rkim.ub dan @ysis.ub. 

Baca juga: 7 Fakta Unik dan Menarik Universitas Brawijaya, Kuy Cari Tahu!

Selain itu, RKIM UB juga mengadakan lomba bernama Brawijaya Essay Competition (BEC).

Kegiatan ini sudah dilaksanakan sejak tahun 2019 dan tema yang diangkat umumnya mengenai Society 5.0 dan Indonesia Emas 2045.

Lomba esai ini terbuka bagi siswa maupun mahasiswa dan menetapkan sejumlah aturan seperti kesesuaian karya terhadap tema, orinsinalitas karya, dan apakah karya tersebut realistis ataupun tidak, serta berbagai aturan lainnya.

Tertarik? Langsung meluncur ke akun Instagram-nya, ya!

5. RnB Competition

lomba tahunan universitas terbaik
Dokumentasi kegiatan RnB Competition oleh panitia pelaksana

Nah, buat kamu yang berminat di bidang ekonomi dan tertarik dengan dunia start-up, RnB Competition bisa menjadi pilihan kamu.

RnB Competition sendiri adalah kompetisi program dari UKM Research Business Universitas Diponegoro yang sudah dimulai sejak tahun 2019 dan terus diadakan di tahun-tahun berikutnya.

Tema dari kegiatan ini tidak jauh dari ranah ekonomi, misalnya saja tema yang diangkat pada tahun 2020 yaitu “Teknopreneur Kreatif dan Inovatif Sebagai Solusi Perbaikan Ekonomi di Era New Normal“.

Sementara pada 2021, tema yang diangkat adalah “Potensi Mahasiswa Dalam Membangun Sebuah Startup untuk Menghadapi Perekonomian di Era New Normal“.

Namun, apabila kamu tidak begitu tertarik dengan start-up, kamu bisa ikut lomba RnB Competition lainnya, kok.

Akan tetapi, konsep kegiatan RnB Competition berbeda di setiap tahun dan hanya menjalankan satu jenis konsep misalnya karya tulis ilmiah, start-up, dan business plan.

Jadi, kalau kalian ingin mengikuti kompetisi ini, sebaiknya perhatikan tema yang diangkat tiap tahunnya, ya.

Aturan yang paling penting dalam lomba ini ialah karya kalian harus orisinal dan “segar”. Menurut penulis, kata “segar” sendiri di sini bermakna bahwa ide kalian itu mengandung unsur kebaharuan.

Kalau kalian tertarik, kalian dapat menemukan informasi mengenai RnB Competition di instagram @rnb_competition.

Adapun hadiah yang disediakan berupa uang pembinaan, sertifikat, dan akses menuju akselerator yang dapat membantu kalian dalam pengembangan start-up yang kalian miliki.

Salah satu keunikan yang ditawarkan oleh perlombaan ini dibanding perlombaan lainnya yaitu adanya kegiatan bootcamp dimana para peserta mendapatkan keleluasaan untuk melakukan konsultasi dengan mentor yang kompeten dalam pengembangan start-up para peserta.

Kalau udah ada mentor rasanya bakalan lebih nyaman, soalnya kalian dapat mencari solusi dari permasalahan yang kalian hadapi bersama dengan mentor kalian.

Nah, itulah tadi sejumlah lomba tahunan yang diadakan oleh beberapa universitas terbaik di Indonesia.

Melalui perlombaan di atas kalian bisa mendapatkan teman-teman baru dan memperluas relasi kalian.

Semoga gabut kalian jadi lebih bermanfaat kedepannya. Sertifikatnya dikumpul lalu disimpan dengan baik, yah!

Btw, kalau mau dapat informasi seputar perkuliahan, kalian bisa mencari sejumlah artikel di website ini dengan mengetikkan kata kunci di kolom pencarian. 

Selamat berkompetisi!

Ganbatte minna!


*Artikel ini ditulis berdasarkan referensi penulis dan melakukan wawancara online langsung dengan pihak panitia penyelenggara

Penulis Syahrul Anami
Mahasiswa Universitas Hasanuddin