Mengetahui data, fakta dan peringkat kampus merupakan hal yang penting bagi mahasiswa dan calon mahasiswa, terutama dalam proses pemilihan jurusan dan kampusnya.

Memilih kampus yang tepat bisa berarti salah satu menentukan langkah untuk masa depan.

Masalah pemilihan kampus sebenarnya bukan masalah yang begitu rumit, loh. Orang-orang mungkin bilang, “dimanapun kamu kuliah, yah sama aja yang penting kamu itu rajin”.

Yah, ada benarnya sih karena pembelajaran itu juga tergantung pada diri sendiri. Tapi, kalian perlu mempertimbangkan kualitas kampus yang akan dituju yah.

Kualitas yang penulis maksud ialah dari segi akreditas, fasilitas, prestasi, popularitas kampus, kemampuan dosen dalam mengajar, bahkan lingkungan hingga system support-nya.

Menurut penulis, hal-hal tersebut merupakan faktor penting yang sekiranya juga mengambil peran dalam perjalanan kalian di kampus nantinya.

Maka dari itu, sebelum memutuskan memilih kampus tertentu, sebaiknya kalian mengecek informasi seputar kampus yang kalian inginkan.

Dimana sih kita bisa mendapatkan info seputar kampus impianmu?

Nah, di sini kita telah merekomendasikan beberapa situs terpercaya yang menyediakan data penting dan peringkat kampus yang ingin kamu pilih.

Mari simak selengkapnya:

1. BAN-PT (banpt.or.id)

situs ban pt untuk mengetahui akreditasi kampus dan jurusan
Sumber gambar: banpt.or.id

Sebelum mendaftar di sebuah kampus, ada baiknya kalian mengetahui akreditasi yang dimiliki jurusan serta kampus tujuan kamu yah.

Idealnya, menurut penulis nih ya, semakin baik akreditasi jurusan atau kampus sobat, maka semakin baik pula kualitasnya.

Karena itu, cukup penting untuk mengecek akreditasi kampus dan jurusan yang ingin kalian pilih.

Nah, dalam situs BAN-PT, kalian dapat mencari data akreditasi kampus beserta jurusannya.

Namun, kalian harus memastikan nama kampus dan jurusan diketik dengan benar ya. Soalnya kalau ada typo, maka hasil pencariannya nggak bakalan ketemu.

Kerennya, situs ini menyediakan tanggal kapan akreditasi kampus mulai berlaku sampai kapan juga masa akreditasinya berakhir. Misalnya, jurusan Sastra Inggris Universitas Hasanuddin dapat akreditasi A dan mulai berlaku sejak 2020 dan berakhir pada 2025.

Dari informasi tersebut kalian bisa memperhitungkan apakah jurusan kalian masih memiliki akreditasi A atau tidak saat kalian lulus.

Situs BAN-PT langsung bisa dicek di link berikut: www.banpt.or.id

Baca juga: 5 Jenis Perguruan Tinggi di Indonesia, Ini Perbedaannya

2. Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (pddikti.kemdikbud.go.id)

situs pangkalan data pendidikan tinggi
Sumber gambar: ppdikti.kemdikbud.go.id

Nah, apabila kalian penasaran dengan data kampus dan mahasiswa. Misalnya, berapa jumlah dosen dan jurusan apa saja yang tersedia. Maka, situs ini dapat menjadi rekomendasi buat sobat nih.

Dalam PDDikti (Pangkalan Data Pendidikan Tinggi), kalian dapat memperoleh cukup banyak informasi mengenai kampus seperti akreditasi, tahun berdiri, dan berbagai informasi lainnya.

Selain itu, situs ini juga menyediakan data mahasiswa seperti nama lengkap, nomor induk mahasiswa, semester masuk, dan mata kuliah yang telah diambil. Jika semisalnya kalian lupa nomor induk mahasiswa, bisa dicek di sini ya.

Situs ini dapat menjadi referensi buat sobat calon mahasiswa sebelum mendaftar kampus.

Namun, setelah mengecek daftar jurusan di PDDikti, jangan lupa untuk mencari situs resmi jurusan atau kampus tujuannya yah, agar informasi yang kalian peroleh menjadi lebih lengkap.

Situs PDDikti: pddikti.kemdikbud.go.id

Baca juga: 16 Jenis Perguruan Tinggi Kedinasan di Bawah Kementerian

3. Data Peringkat Kampus

data peringkat kampus webometric
Sumber gambar: webometrics.info

Mungkin bagi sebagian orang, menjadi mahasiswa di kampus ternama memiliki kebanggaan tersendiri.

Kampus dengan label “terbaik” idealnya memiliki fasilitas dan berbagai elemen pendukung yang mungkin tidak ditemukan di perguruan tinggi lainnya

Oleh karena itu, menjadi mahasiswa di perguruan tinggi ternama setidaknya memberikan kalian sedikit kelebihan dibandingkan kampus lainnya.

Tentunya, kata “ternama” yang penulis maksud ini dari segi kualitas yah. Nah, di mana sih kita dapat melihat daftar perguruan tinggi terbaik?

Penulis memiliki sekitar 3 situs yang dapat kalian gunakan. Yakni webometrics, 4ICU, dan klasterisasi dari Kemendikbud.

Perlu diingat bahwa ketiga situs tersebut memiliki indikator penilaian berbeda ya. Jadi bisa saja kampus A berada di peringkat ke-1 di Webometrics, tapi di 4ICU malah berada di peringkat ke-5.

Berikut indikator atau aspek dari masing-masing situs tersebut:

a. Webometrics

Webometrics merupakan lembaga yang melakukan pemeringkatan universitas dengan basis penilaian yakni website atau situs universitas.

Indikator yang digunakan dalam penilaian tersebut yakni visibilty, presence, openess, dan, excellence.

Jika kalian ingin tahu lebih lanjut, kalian bisa mengakses situs resminya: www.webometrics.info

b. 4ICU

Situs selanjutnya yakni 4ICU atau dikenal juga dengan nama Unirank juga melakukan penilaian dan pemeringkatan universitas berdasarkan websitenya.

Akan tetapi, hal yang dinilai oleh situs ini ialah popularitas dari website resmi.

Berikut situs resmi 4ICU yang bisa kamu akses: www.4icu.org

c. Kemendikbud

Lalu yang terakhir merupakan rilis klasterisasi atau pengelompokan perguruan tinggi dari pihak pemerintah, lebih tepatnya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Klasterisasi ini dilakukan dengan tujuan untuk memacu perwujudan tridharma perguruan tinggi yang lebih berkualitas serta mampu memberikan dasar terhadap pemajuan strategi pembangunan dan pembinaan perguruan tinggi.

Kemendikbud melakukan klasterisasi atau pengelompokan perguruan tinggi terbaik dengan 4 aspek utama yakni:

  • Input: Kualitas sumber daya manusia dan mahasiswa
  • Proses: Pengelolaan kelembagaan perguruan tinggi
  • Output: Capaian kinerja jangka pendek perguruan tinggi
  • Outcome: Capaian kinerja jangka panjang perguruan tinggi

Untuk cek peringkat kampus berdasarkan Kemdikbud, dapat diakses melalui link berikut: klasterisasi-pt.kemdikbud.go.id

Baca: 10 PTN Terbaik Indonesia 2021 versi UniRank

4. Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (ltmpt.ac.id)

Mendaftar di sebuah kampus butuh usaha lebih, kalian akan bersaing dengan sejumlah pendaftar lainnya dalam tes yang diberikan nantinya.

Kemungkinan lulus tergantung dari berapa jumlah kuota yang disediakan oleh jurusan atau kampus yang kalian pilih.

Jadi, sebaiknya kalian cek dulu kuota yang tersedia serta berapa jumlah pendaftar di tahun sebelumnya untuk mengetahui seberapa besar kemungkinan untuk lulus.

Misalnya nih, pada tahun 2021, jurusan Sastra Inggris Universitas Hasanuddinmenyediakan kuota masuk mahasiswa baru sebanyak 200 orang. Sedangkan, jumlah pendaftar tahun 2020 sekitar 1000 pendaftar.

Maka, persentase pendaftar yang diterima hanya sekitar 20% saja. Nah, kalau kalian mau lolos yah mau tidak mau harus bisa masuk dalam jajaran 20% dengan nilai teratas.

Sekarang, di mana kita dapat melihat data-data seperti di atas?

Sobat sekalian dapat mengecek kuota masuk beserta jumlah pendaftar di situs berikut: sidata-ptn.ltmpt.ac.id/ptn_sb.php

Akan tetapi, tidak semua data kuota penerimaan tertera di sana yah. Jika semisalnya kampus yang kalian tuju tidak berada dalam list situs tersebut, kalian boleh mencarinya di situs-situs lain.

Setelah mendapatkan data tersebut, kalian bisa mempertimbangkan apakah kalian sudah yakin dan mampu bersaing dengan pendaftar lainnya atau tidak.

5. Situs Resmi Kampus

Situs terakhir yang penulis rekomendasi yakni situs resmi kampus tujuan sobat sendiri.

Mengapa harus situs resmi kampusnya langsung? Yah karena melalui laman resmi kalian bisa mendapatkan informasi yang lebih banyak.

Cara mencari laman resmi kampus tujuan kalian tentunya sangatlah mudah. Kalian cukup mengetikkan nama kampus kalian di Google.

Setelah itu akan muncul hasil pencarian kata kunci yang sudah kalian masukkan tadi.

Biasanya, laman resmi kampus yang kalian cari akan berada di halaman pertam hasil pencarian. Kadang berada di posisi pertama, kedua, bahkan ketiga di hasil pencarian.

Umumnya, standar laman resmi kampus di Indonesia berakhiran domain “.ac.id” contohnya seperti ugm.ac.id, unhas.ac.id, usu.ac.id, dan lainnya.

Setelah kalian dapat laman resminya, silakan berseluncur dan menikmati sejumlah informasi yang mereka sediakan.

Oh iya, jangan lupa cek fasilitas yang mereka tawarkan di laman resminya yah. Biar kalian makin tahu apa saja yang disediakan kampus buat mahasiswanya. Mudah, kan?

Sejumlah situs di atas belum semua dari berbagai situs pusat informasi seputar perkuliahan dan kampus. Karena itu, kalian boleh kok research lebih mendalam soal kampus impian kalian.

Salah satunya dengan rajin update di situs kita ini, ruangmahasiswa.com karena sudah sangat lengkap seputar info dan fakta menarik kampus – kampus di Indonesia, beragam tips perkuliahan, info beasiswa hingga lifestyle dan tren mahasiswa masa kini.

Baiklah, semoga artikel ini dapat membantu kamu, terutama untuk menemukan kampus dan jurusan yang tepat untuk mu ya.

Sekian dulu. Ganbatte Minna!

Penulis Syahrul Anami
Mahasiswa Sastra Inggris Universitas Hasanuddin


*Artikel ini telah ditulis berdasarkan referensi dan situs online terpercaya seperti kemdikbud.go.id, kompas.com, ltmpt.ac.id, dan lain sebagainya.