Kalian tahu gak sih, bahwa pendidikan tinggi di Indonesia itu beragam. Atau kalian masih bingung?

Mungkin di antara kamu sering mendengar istilah Universitas, Institut, Politeknik dan lain – lain, namun kurang paham dengan perbedaan dari jenis pendidikan tinggi ini. Ada yang bertanya – tanya, apa beda-nya ya toh sama – sama kuliah?

Namun pada dasarnya pendidikan tinggi tersebut berbeda dan memiliki ciri khusus, secara umum pendidikan tinggi di Indonesia ada 5 jenis, apa aja?

Simak ulasan berikut ini:

1. Universitas

Universitas adalah pendidikan tinggi yang menyelenggaraklan pendidikan akademik, vokasi maupun profesi dari berbagai rumpun ilmu. 

Ada yang bingung dengan istilah pendidikan akademik, vokasi maupun profesi?

Berikut penjelasannya:

  • Pendidikan akademik adalah sistem pendidikan tinggi yang mengarah pada penguasaan dan pengembangan disiplin ilmu pengetahuan, teknologi, seni tertentu, dan lain sebagainya. Pendidikan akademik mencakup program pendidikan Sarjana (S1), Magister (S2), & Doktor (S3)
  • Pendidikan vokasi adalah sistem pendidikan tinggi yang mengarah pada penguasaan pada ilmu terapan tertentu. Pendidikan Vokasi mencakup program Diploma mulai D1 – D4.
  • Pendidikan profesi/spesialis adalah sistem pendidikan tinggi yang mengarah pada penguasaan keahlian tertentu misalnya pendidikan profesi dokter nanti akan mendapat gelar Dr. , atau pendidikan profesi psikologi mendapat gelar Psi. atau juga seperti perawat (ners)

Jadi sudah paham kan perbedaannya.

Baca: 100 Kampus Terbaik di Indonesia 2017 versi Kemristekdikti

Mari kita lanjutkan …

Jadi jurusan yang ada di universitas ini sangat beragam, mulai dari rumpun ilmu humaniora, ilmu alam, ilmu terapan dan lain sebagainya.

Sehingga tidak heran jika di universitas itu banyak sekali jurusan dan fakultas. Ya, fakultas menjadi sebuah lembaga yang menaungi jurusan atau rumpun ilmu dengan bidang yang masih sama.

Faktanya adalah universitas ini jauh lebih dikenal di masyarakat dan menjadi tujuan utama untuk melanjutkan tinggi, karena selain jurusan yang dituju sangat banyak, pilihan universitas juga sangat banyak. Hampir terdapat di setiap provinsi.

Contoh universitas adalah: Universitas Gadjah Mada, Universitas Indonesia, Universitas Sumatera utara

2. Institut

Institut adalah pendidikan atau perguruan tinggi yang terdiri sejumlah fakultas yang menyelenggarakan pendidikan akademik, vokasi, maupun profesi dalam sekelompok ilmu yang sejenis.

Jadi institut fokus menyediakan jurusan kuliah yang berada dalam rumpun ilmu yang sejenis.

Contoh:

  • Institut Teknologi Bandung (ITB) adalah institut di bidang teknologi
  • Institut Pertanian Bogor (IPB) adalah institut di bidang pertanian
  • Institut Kesenian Jakarta (IKJ) adalah institut di bidang seni

Sudah jelas ya kira – kira, jadi misalnya nih kamu yang tertarik bidang hukum, jangan pilih ITB, atau IPB karena bukan di bidangnya

3. Politeknik

Politeknik melaksanakan pendidikan vokasi dari berbagai rumpun ilmu terapan serta lebih berfokus pada pembentukan tenaga profesional.

Tujuan dari politeknik adalah mempersiapkan mahasiswa untuk bisa menjadi lulusan yang memiliki kemampuan profesional dan siap kerja sesuai dengan keterampilan pada bidang yang ditekuni.

Seperti dijelaskan di atas, lulusannya akan memperoleh gelar Diploma, mulai dari D1 – D4.

Contoh:

  • Politeknik Negeri Jakarta
  • Politeknik Negeri Bandung
  • Politeknik Negeri Medan
perbedaan universitas, politeknik & institut

Suasana Wisuda Politeknik Negeri Jakarta (Sumber: pnj.ac.id)

Baca: 10 Perguruan Tinggi Negeri Terbaik versi Webometrics 2019

4. Sekolah Tinggi

Sekolah tinggi adalah pendidikan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan akademik, vokasi, maupun profesi yang fokusnya dalam satu rumpun ilmu pengetahuan, dan teknologi.

Jadi bisa dikatakan sekolah tinggi seperti 1 fakultas dari Universitas atau Institut, namun memiliki pendidikan akademik seperti S1 & S2 juga pendidikan vokasi seperti D3 namun cukup dalam 1 fakultas

Contohnya:

Sekolah Tinggi Teknik (STT) – PLN hanya menyelenggarakan pendidikan dengan jurusan teknik mesin, elektro, sipil dan informatika

5. Akademi

perbedaan universitas, politeknik & institut

Ilustrasi Mahasiswa Pelayaran

Akademi lebih mirip dengan politeknik, yaitu menyelenggarakan vokasi. Namun perbedaannya jika politeknik menyelenggarakan pendidikan vokasi dari banyak rumpun/cabang ilmu, namun akademi cukup menyelenggarakan pendidikan tinggi dari 1 cabang ilmu saja.

Contoh:

  • Akademi Pariwisata Medan
  • Akademi Militer Magelang
  • Akademi Farmasi Indonesia

Baca juga: 3 Masalah Utama Menuju Perguruan Tinggi di Indonesia


Dari penjelasan di atas, kamu tentunya sudah paham dengan jenis pendidikan di Indonesia secara umum ya.

Silahkan share informasi ini jika kamu rasa penting dan bermanfaat dan jangan lupa tinggalkan komentar jika ada pertanyaan terkait jenis pendidikan tinggi di Indonesia ini.