Jadikan Media Sosial Lebih Berguna untuk 10 Hal Ini

Siapa yang saat ini belum mengenal media sosial? Bisa dikatakan pasti tidak ada, dimulai dari anak – anak, remaja, hingga orang tua sudah pasti menggunakan media sosial. Bahkan banyak yang mengandalkan media sosial sebagai media komunikasi utama.

Di mulai dari facebook, twitter, line, whatsapp, instagram dan lain sebagainya, begitu maraknya media sosial saat ini.

Baca: 8 Aplikasi yang Harus Ada di Smartphone Mahasiswa

Pasti semua sepakat bahwa media sosial kita gunakan untuk berinteraksi dengan sesama, menjadikan kita lebih dekat di dunia maya, dan membuat kita lebih cepat untuk berkomunikasi.

Ini adalah manfaat secara umumnya, tetapi pernahkah kamu merasa timeline atau wall dipenuhi dengan postingan – postingan orang – orang yang alay dengan konten – konten lebay, misalnya nge-post statusnya yang menceritakan masalah kehidupannya, atau juga wall kamu penuh dengan foto – foto selfie orang yang buat kamu gerah, atau bahkan kamu yang melakukan hal demikian. Semoga tidak ya?

Sebenarnya media sosial bisa kamu jadikan lebih berguna untuk kamu dan orang lain, sehingga akun kamu banyak yang suka dan selalu melihatnya, sehingga kamu dikenal di dunia maya karena hal – hal yang positif.

Berikut adalah 10 hal yang perlu kamu lakukan agar media sosial lebih berguna, yaitu:

1. Berbagi Informasi Penting

Media sosial memang diciptakan untuk dapat berkomunikasi lebih cepat, alangkah baiknya kamu gunakan media sosial untuk berbagi informasi yang penting, yang benar – benar memang dibutuhkan orang banyak, misalnya berbagi info macet, info waspada atau keamanan.

2. Berbagi Info Beasiswa

Sebagai kaum pelajar baik itu siswa dan mahasiswa pasti sangat membutuhkan informasi tentang beasiswa agar dapat membantu meringankan biaya kuliah atau sekolah. Nah, jadi silahkan saja bagikan informasi beasiswa yang akan bermanfaat bagi pelajar.

3. Berbagi Info Lowongan Kerja

manfaat media sosial untuk hal positif

Banyak teman – teman kita di dunia maya yang sedang mencari pekerjaan, dan mungkin mereka telah lelah untuk mencari pekerjaan di banyak tempat. Bagi kamu yang mengetahui adanya info lowongan kerja ada baiknya kamu bagikan karena sangat bermanfaat bagi mereka, karena mereka dapat menghemat waktu dan biaya untuk mencari lowongan kerja.

Baca: 8 Pekerjaan Bergengsi yang Dapat Kamu Tekuni Sewaktu Mahasiswa

4. Berjualan

Bukan tidak mungkin kamu akan menjadikan media sosial sebagai lahan mencari uang, pasalnya kamu bisa berjualan melalui media sosial. Kamu bisa melakukan promosi barang yang akan kamu jual dan memberikan kontak yang bisa dihubungi.

Baca: 5 Bisnis yang Cocok untuk Mahasiswa

5. Berbagi Quote, Kata Bijak dan Motivasi

Media sosial akan lebih bermanfaat dan akun kamu akan disukai banyak orang jika kamu sering berbagi kata – kata bijak, kata – kata motivasi.

Kamu bisa berbagi kata – kata bijak dan kata – kata motivasi orang lain atau tokoh – tokoh besar, atau juga yang kamu ciptakan sendiri itu lebih bagus.

6. Berbagi Cerita Inspirasi

Setiap orang pasti membutuhkan inspirasi dalam menjejaki kehidupannya dan untuk melangkah ke masa depan. Kamu bisa jadi berbagi cerita – cerita inspirasi dari perjuangan tokoh – tokoh besar, kisah – kisah sukses mereka atau juga kisah – kisah orang kecil dahulunya yang sekarang telah sukses atas kegigihannya. Pasti orang akan suka sekali membaca.

7. Berbagi Cerita Humor

Banyak orang di media sosial butuh hiburan mungkin karena jenuh dan lelah belajar atau kerja, nah kamu bisa berbagi cerita humor yang akan membuat orang yang membacanya terhibur.

8. Berbagi Meme Lucu

manfaat media sosial untuk hal positif

Orang – orang Indonesia disebut – sebut sebagai orang yang sangat kreatif, dibuktikan dengan maraknya meme – meme kreatif yang dibuat oleh orang – orang Indonesia. Meme – meme ini relatif lucu sehingga membuat pembacanya sangat terhibur. Nah, kamu bagusnya juga berbagi hal – hal yang ini.

9. Berbagi Tutorial

Tutorial adalah cara – cara melakukan sesuatu. Beragam tutorial yang kamu tahu dan kamu baca di internet ada baiknya kamu bagikan juga di media sosial agar orang lain juga mengetahuinya, sehingga media sosial lebih bermanfaat.

10. Berbagi Tips dan Trik

Tips dan trik juga sangat dibutuhkan orang dalam melakukan banyak hal, jadi sangat baik kamu share jika tips dan trik itu bermanfaat dan menarik, terlebih lagi jika tips dan trik itu lebih kreatif sehingga lebih memudahkan melakukan suatu hal.

Itulah 10 hal yang dapat kamu lakukan agar media sosial lebih bermanfaat. Semoga dari saat ini kamu bisa mengubah cara kamu menggunakan media sosial ke arah yang lebih positif.

Suka dengan artikel ini? Silahkan share ke teman – teman yang lain agar mereka juga tahu, dan subscribe di bawah ini agar selalu mendapatkan artikel menarik.

One komentar pada “Jadikan Media Sosial Lebih Berguna untuk 10 Hal Ini

Komentar: