5 Bisnis yang Cocok untuk Mahasiswa

bisnis favorit mahasiswa

Sebagai mahasiswa tidak akan menghalangi sobat mahasiswa untuk berbisnis dan menjalankan usaha. Berbisnis adalah bidang yang sangat diminati saat ini, maka tidak bisa dipungkiri bahwa banyak mahasiswa yang menekuni bisnis berbagai bidang.

Tetapi sebagian mahasiswa berpikir bahwa mana mungkin bisa berbisnis pada saat menjadi mahasiswa, mereka berpikir bahwa itu akan menyibukkan, menggangu kuliah. Sebagian juga tidak ingin berbisnis karena memang status ekonomi mencukupi jadi tidak perlu tambahan biaya, ataupun malas untuk berusaha.

Perlu sobat mahasiswa ketahui bahwa, meskipun anda memiliki biaya yang cukup tetapi tidak ada salahnya untuk memulai bisnis. Perlu anda ketahui bahwa banyak mahasiswa yang berhasil menjadi pengusaha besar. Banyak mahasiswa yang menekuni bisnis yang kecil tetapi pada akhirnya berhasil dan menjadikan bisnisnya menjadi bisnis yang besar.

Baca: 8 Pekerjaan Bergengsi yang Dapat Kamu Tekuni Sewaktu Mahasiswa

Sobat mahasiswa, anda mungkin ingin memulai bisnis untuk mengisi waktu luang kuliah anda, tetapi masih bingung untuk menemukan ide bisnis yang harus ditekuni.

Berikut ini akan kami berikan 5 contoh bisnis yang cocok untuk mahasiswa, mudah dilakukan dan tidak terlalu ribet, seperti berikut ini:

1. Bisnis Reseller

Bisnis reseller cocok untuk tekuni para mahasiswa. Menjadi reseller tidak terlalu menyita waktu kuliah sobat mahasiswa. Mempromosikan dan memasarkan produk orang lain cukup mudah dilakukan. Anda bisa menawarkan produk anda kepada teman – teman di kampus, keluarga. Atau mempromosikannnya melalui media sosial, seperti facebook, twitter ataupun Instagram.

2. Bisnis Kuliner

bisnis yang cocok bagi mahasiswa

Bisnis kuliner juga menjadi salah satu pilihan orang – orang, tidak terkecuali dengan mahasiswa. Banyak mahasiswa membuka usaha kuliner, dan hasilnya tidak sedikit yang berhasil. Usaha kuliner yang bisa sobat tekuni adalah mulai dari usaha minuman, gorengan, bakso, cemilan ringan atau kerupuk dan sebagainya. Agar bisnis kuliner anda laris, anda perlu menemukan ide kuliner yang unik dan menarik untuk diketahui oleh orang – orang.

Baca: 5 Website Asal Indonesia untuk Pekerja Lepas

Sebaiknya bisnis kuliner anda mulai bersama teman – teman anda yang bisa diajak kerjasama, anda juga bisa memasarkan secara bersama – sama.

3. Bisnis Jasa

bisnis yang cocok bagi mahasiswa

Sobat mahasiswa mempunyai skill dalam bidang – bidang tertentu, sayang sekali jika sobat hanya menyimpan skill anda itu dan tidak dimanfaatkan untuk mendapatkan uang. Sobat yang memiliki skill dapat menawarkan jasa, seperti jasa terjemahan, pembuatan website, aplikasi, artikel, desain grafis seperti pembuatan logo, brosur, banner dan lain – lain.

Agar jasa anda digunakan oleh orang – orang, sobat perlu memperbanyak relasi dan memperkenalkan kepada teman – teman  bahwa anda memiliki jasa pada bidang – bidang tertentu.

4. Bisnis Pulsa

Bisnis pulsa atau menjadi penjual pulsa merupakan kerjaan yang sangat simple. Mungkin terlihat sepele atau agak rendah dimata orang, tapi jangan salah bahwa berjualan pulsa juga sangat menguntungkan lho. Yah, namanya bisnis harus memulai dari kecil – kecil dulu dan harus tekun. YangYah, namanya bisnis harus memulai dari kecil – kecil dulu dan harus tekun.

Baca: Pekerjaan Yang Cocok Untuk Kamu Pecinta Travelling

Untuk memulai bisnis berjualan pulsa, tidak sulit. Anda hanya butuh sebuah ponsel dan mendaftarkan diri pada sebuah counter disekitar anda untuk menjadi agen penjual pulsa.

5. MLM

MLM adalah singkatan dari Multi Level Marketing adalah di mana perusahaan melakukan pemasaran yang dilakukan oleh sekelompok orang. Jadi distributor ini adalah orang – orang yang menjadi penjual. Kamu dapat bergabung untuk menjadi penjual dengan keuntungan tertentu, jadi semakin banyak barang yang terjual atau semakin lama kamu bekerja maka pyramidmu semakin tinggi. Jika kamu bisa merekrut pelanggan atau konsumen untuk menjadi penjual juga, maka kamu juga akan mendapat tambahan gaji.

Itulah beberapa bisnis menurut ruangmahasiswa.com yang cocok bagi sobat mahasiswa untuk ditekuni pada saat masa – masa kuliah. Bisnis yang disebutkan diatas tidak terlalu menyita waktu dan menggangu kuliah sobat mahasiswa, tapi tidak mungkin juga bisnis yang anda tekuni ini bisa menjadi besar, dan setelah anda lulus kuliah anda menjadi bos pada bisnis tersebut dan menempatkan bisnis ini menjadi profesi utama.

Sobat hanya butuh niat, semangat dan ketekunan bahwa anda ingin merintis usaha sendiri dan menghasilkan uang sendiri.

Tidak peduli bahwa anda dianggap rendah teman – teman anda, atau pun orang sibuk, yang namanya ingin maju tidak peduli bahwa kita bekerja rendahan.

Pernah seorang dosen berkata bahwa “Sayang kamu menjadi mahasiswa, jika menggunakan waktu di masa kuliahmu hanya untuk kuliah”. Sepertinya benar juga perkataan beliau, bahwa waktu luang dalam kuliah juga sangat banyak, jadi sobat gunakan waktu sebaik – baiknya untuk berkarya.

Semangat terus, berjuang terus dan lakukan yang terbaik, jangan mudah putus asa, pasti anda berhasil. Selamat berbisnis.

Salam ruangmahasiswa.com

5 komentar pada “5 Bisnis yang Cocok untuk Mahasiswa

  1. Buat kamu yang jago bahasa Inggris dan suka mengajar. Gabung di BRITISHENGLISHCLASS.COM saja.
    Kamu bisa ngajar freelancer dan dapat bayaran loh. Kelas dilakukan secaran online Via WA/LINE

Komentar: