Quora, Aplikasi Tanya Jawab yang Direkomendasikan

gunakan quora untuk tanya jawab

Media sosial adalah layanan di dunia maya yang digunakan untuk mencari informasi, berbagi informasi, dan menjalin komunikasi dalam jarak jauh dengan mudah.

Media sosial seperti Facebook, Twitter, dan Instagram mengutamakan konsep pertemanan dimana jika Anda berteman dengan atau mengikuti seseorang, anda akan melihat segala aktivitasnya di beranda Anda.

Sebuah media sosial yang bernama Quora mengutamakan konsep tanya jawab dalam aplikasinya, sama seperti Yahoo! Answers dan Ask.fm.

Akan tetapi, Quora memiliki keunikannya sendiri dimana terdapat banyak pakar, publik figur, orang berpengalaman yang dapat menjawab pertanyaan anda yang berkaitan dengan keahlian mereka masing-masing. Quora menghubungkan kita dengan dunia pengetahuan yang luas.

Media sosial berbasis tanya jawab

Berbeda dengan Facebook, Twitter, dan Instagram dimana berandanya menampilkan aktivitas-aktivitas teman Anda, Quora menampilkan pertanyaan-pertanyaan beserta jawabannya sesuai dengan topik yang anda pilih dan dari orang-orang yang diikuti.

Baca: Jadikan Media Sosial Lebih Berguna untuk 10 Hal Ini

Di sinilah Anda lebih banyak membaca dan mengembangkan kemampuan di bidang anda. Selain itu, Anda dapat bertanya tentang topik apapun dan orang yang ahli dalam topik tersebut atau orang yang bisa menjawab pertanyaan tersebut akan menjawab pertanyaan anda.

Biasanya, pertanyaan yang saya ajukan selalu dijawab. Tentu, dalam mengajukan pertanyaan, pertanyaan anda harus jelas dan tidak membingungkan orang. Jika tidak jelas, pertanyaan anda akan di-downvote atau dikomentari terlebih dahulu dan kemungkinan pertanyaan anda tidak akan terlihat oleh banyak orang jika di-downvote.

Begitu juga jika terdapat jawaban yang tidak jelas atau bertentangan dengan pertanyaan anda, jawaban tersebut bisa di-downvote atau dikomentari oleh anda maupun orang lain yang membacanya.

Berdasarkan penelitian EF (Education First) EPI (English Proficiency Index), kemampuan orang Indonesia dalam berbahasa Inggris berada pada peringkat 32 dari 72 negara dengan kemampuan menengah dan skor sebesar 52,94.

Kemampuan berbahasa Inggris, baik dalam mendengar, menulis, dan berbicara, sangatlah penting pada zaman modern ini. Mau tidak mau, setiap warga negara Indonesia sangat diharapkan untuk belajar bahasa Inggris jika tidak mau melawan arus zaman dan menjadi manusia yang ketinggalan zaman.

Ini berkaitan dengan Quora dimana konten-kontennya semua berbahasa Inggris. Quora sebaiknya dimanfaatkan oleh orang Indonesia terutama para mahasiswa untuk mengembangkan kemampuan berbahasa Inggris.

Beranda Quora

Dalam pendistribusian pengetahuan, Quora menghubungkan kita dengan orang-orang yang terkenal, berpengalaman, dan memiliki keahlian di bidang tertentu sebagai keunikannya.

Baca: 8 Aplikasi yang Harus Ada di Smartphone Mahasiswa

Jika Anda mempunyai cita-cita untuk bekerja di Facebook, anda dapat bertanya tentang bagaimana rasanya bekerja di Facebook dan orang-orang yang bekerja di Facebook akan menjawab pertanyaan Anda dengan menceritakan pengalaman kerja mereka di Facebook.

Jika Anda ingin menjadi seorang entrepreneur, Anda bisa bertanya juga tentang tips-tips apa saja yang bisa mewujudkan keinginan tersebut. Para entrepreneur akan menjawab dengan memberikan tips, motivasi, inspirasi, dan pengalaman mereka menjadi entrepreneur.

Quora sungguh “tempat” yang luar biasa. Anda bebas menanyakan apa saja, mulai dari politik, sejarah, budaya, teknologi, psikologi, ekonomi, agama, sampai hal-hal yang tidak terpikirkan oleh orang lain dengan syarat pertanyaan yang diajukan jelas, masuk akal, dan berbahasa Inggris.

Kita sebaiknya tidak hanya menerima saja tetapi juga memberikan. Di Quora, Anda juga dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan, berbagi pengetahuan dan pengalaman Anda. Juga terdapat beberapa pertanyaan yang direkomendasikan untuk Anda berdasarkan keahlian Anda.

Itulah ulasan saya tentang Quora. Saya sangat merekomendasikan aplikasi untuk semua pembaca artikel ini. Untuk menggunakannya, anda dapat membuka situsnya di http://quora.com dan juga dapat mengunduh aplikasinya di Google Play Store (Android), App Store (iOS), dan Windows Store (Windows Phone).

Baca artikel menarik ini: 6 Cara Memanfaatkan Gadget Untuk Meningkatkan Produktivitas

Komentar: