6 Cara Memanfaatkan Gadget Untuk Meningkatkan Produktivitas

cara menggunakan gadget dengan baik

Pada zaman yang serba modern ini, gadget sudah merupakan perangkat yang hampir dibutuhkan oleh semua orang. Gadget mampu menyelesaikan setiap permasalahan baik secara langsung maupun tidak langsung dan meringankan pekerjaan manusia.

Dengan adanya gadget, pencarian informasi dan komunikasi bukan merupakan sebuah masalah lagi walaupun dalam jarak yang sangat jauh.

Berdasarkan laporan dari  situs We Are Social, dari 262 juta penduduk Indonesia dimana 51% adalah pengguna internet, jumlah pengguna telepon genggam sebesar 91%, smartphone 47%, laptop/PC 21%, dan tablet komputer 5%.

Persentase tersebut menunjukkan bahwa internet sudah menjadi kebutuhan sehari-hari dan masyarakat Indonesia sudah memasuki era yang digital. Akan tetapi, masih ada orang yang tidak bijak dalam menggunakan gadget.

Dengan kata lain, orang tersebut belum bisa memanfaatkan gadget untuk mempermudah pekerjaannya, untuk hal-hal yang lebih baik dan menambah wawasan.

Ada orang yang membeli smartphone hanya untuk bermain game. Ada orang yang membeli smartphone mahal-mahal tetapi hanya untuk chatting-an dan sosial media padahal masih ada fitur-fitur yang bisa dimanfaatkan.

Maka dari itu, di bawah ini saya memberikan tips-tips tentang cara memanfaatkan gadget sebaik mungkin.

1. Install aplikasi sesuai kebutuhan

aplikasi wajib untuk mahasiswa

Prioritaskan terlebih dahulu aplikasi-aplikasi yang dapat membantu Anda dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

Bila Anda adalah orang yang mudah lupa, aplikasi pencatat dan pengingat jadwal/kegiatan seperti Wunderlist, Evernote, Trello bisa menjadi pilihan anda.

Bagi anda yang susah bangun pagi untuk kerja/kuliah/sekolah, anda bisa menggunakan aplikasi alarm bawaan smartphone anda tetapi ada juga aplikasi alarm yang menawarkan tantangan lebih untuk bangun pagi seperti Alarmy (Sleep If U Can).

Dari sekian banyaknya aplikasi yang ada di internet, Anda harus pandai memilih aplikasi yang benar-benar bermanfaat. Jika anda bingung karena terdapat banyak aplikasi yang sejenis, carilah perbandingan aplikasi-aplikasi tersebut di Google terlebih dahulu dan kemudian memilih yang sesuai dengan kebutuhan anda.

Perlu diingat bahwa aplikasi yang bermanfaat untuk anda belum tentu bermanfaat untuk orang lain, tergantung selera/kebutuhan masing-masing. Jenis aplikasi yang umum digunakan adalah alarm, email, cloud drive, pengingat jadwal, dokumen, berita, transportasi, dan lain-lain.

Baca lebih lengkap: 8 Aplikasi yang Harus Ada di Smartphone Mahasiswa

2. Hapus aplikasi yang tidak digunakan

Jika anda mempunyai aplikasi-aplikasi yang tidak digunakan lagi, alangkah baiknya untuk menghapusnya supaya tidak memakan space memori. Pikirkan matang-matang apakah aplikasi ini benar-benar sudah tidak digunakan untuk selanjutnya.

Apabila terdapat aplikasi yang jarang digunakan tetapi masih mau digunakan untuk ke depannya atau dalam keadaan darurat, disarankan untuk tidak menghapusnya. Ini mencegah agar anda tidak menghabiskan kuota untuk me-reinstall aplikasi yang sudah terlanjur di hapus walaupun masih perlu digunakan.

3. Manfaatkan fitur-fitur gadget sebaik mungkin

Gadget yang mahal tentu memiliki kelebihannya baik itu dari sisi luarnya atau fitur-fitur yang ada di dalamnya. Tidaklah bijak jika Anda menggunakan gadget yang mahal hanya untuk sosial media atau browsing.

Cobalah eksplorasi fitur-fitur yang ada di gadget anda seperti Split Screen, Assistant (Siri, Google Now, Cortana), Widget, dan lain-lain. Fitur-fitur tersebut pasti memiliki manfaat untuk penggunanya.

4. Menggunakan sosial media dengan bijak

Sosial media merupakan sarana untuk saling berbagi informasi bagi setiap orang. Meskipun begitu, masih ada orang yang belum bisa memanfaatkan sosial media dengan baik yaitu dengan menyebar hoax, kebencian, dan SARA.

Anda bisa menggunakan media sosial untuk memposting artikel yang bermanfaat dan kutipan motivasi. Manfaatkan grup-grup di Facebook untuk berdiskusi sesuai topik atau bidang pekerjaan yang diinginkan. Mempromosikan produk/jasa juga bukan hal yang dapat dihindarkan.

Baca: Jadikan Media Sosial Lebih Berguna untuk 10 Hal Ini

5. Banyak membaca

memanfaatkan gadget dengan baik

Membaca adalah salah satu aktivitas yang sangat berfaedah. Perlu diingat bahwa minat membaca masyarakat Indonesia masih rendah. Dengan memanfaatkan gadget, sering-seringlah membaca berita/artikel yang bermanfaat di internet dan e-book dimana anda bisa membaca banyak buku hanya dalam satu perangkat.

Untuk membaca berita, anda dapat meng-install aplikasi media tertentu (Detik, Kompas, Liputan6, dll) atau aplikasi aggregator berita (BaBe, Baca, Kurio, dll). Akan tetapi, karena tidak semua situs memiliki aplikasi dan kebanyakan situs-situs zaman sekarang sudah mobile-friendly (menyesuaikan ukuran layar gadget), anda bisa menggunakan browser untuk membaca artikel dari media/blog/situs tertentu dengan nyaman.

Baca: 7 Manfaat Membaca Buku

Semakin banyak anda membaca, semakin banyak ilmu yang anda dapat.

6. Menyimpan berkas-berkas dalam softcopy

Sudah saatnya kita sebagai masyarakat di era digital memanfaatkan gadget sebagai solusi untuk mengurangi penggunaan kertas yang menambah kapasitas sampah.

Jika memungkinkan, Anda tidak perlu lagi mencetak berkas-berkas yang diperlukan. Tinggal menggunakan gadget, semua berkas sudah dapat dilihat apalagi bisa langsung diubah jika ada kesalahan tanpa harus pusing berurusan dengan banyak kertas. Berbagi berkas juga dapat melalui media sosial, pesan instan, dan email.

Nah, itulah tips-tips dari saya tentang cara memanfaatkan gadget untuk meningkatkan produktivitas anda. Perlu suatu kebijaksanaan dalam menggunakan gadget, mengingat gadget bukan hanya untuk menyelesaikan satu hal tetapi banyak hal.

Jika Anda mempunyai tips-tips lain, silakan tulis di kolom komentar. Semoga artikel saya ini bermanfaat untuk pembacanya.

Komentar: