Mahasiswa Seharusnya Bukan Hanya untuk Kuliah

“Sayang sekali jika saat – saat kamu berstatus mahasiswa, kamu hanya berpikir untuk kuliah”.

Hi, sobat mahasiswa. Apakah memang kamu berpikir ketika mahasiswa, ya sudah kuliah saja terus? Dapat nilai tinggi, dapat IP tinggi kemudian lulus dan kerja. Yah, mencari pekerjaan pun sekarang ini terkadang cukup sulit.

Nah, pemikiran mahasiswa seperti itu sah – sah saja sih, dan kita tidak boleh melarang karena itu memang hak masing – masing.

Namun, pernah tidak berpikir bahwa kalau hanya kuliah saja banyak waktu yang terbuang sia – sia, banyak waktu yang terlewatkan begitu saja.

Memang tidak bisa dipungkiri ada mahasiswa dalam jurusan – jurusan tertentu sangat sibuk dengan kuliah, lab atau tugas – tugas. Namun tidak mungkin bahwa kita tidak punya waktu luang.

Apalagi dibandingkan dengan mahasiswa yang lebih banyak waktu luang dibandingkan kuliah.

Berikut ini Ruang Mahasiswa akan kaji mengapa Mahasiswa Seharusnya Bukan Hanya untuk Kuliah:

1. Mahasiswa Harus Menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi

Sebelumnya apa sudah tahu apa saja bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu: pendidikan, penelitian dan pengabdian.

Sudahkah sobat pernah menjalankan semua ini?

Jika hanya terus kuliah saja, itu berarti hanya menjalankan 1 saja, yaitu pendidikan. Maka dari itu cobalah untuk melakukan penelitian dan/atau pengabdian.

Baca: Mengenal Tridharma Perguruan Tinggi

2. Banyak yang butuh bantuanmu

Sebagai kaum intelektual atau terpelajar, kamu seharusnya sudah mempunyai segudang ilmu yang kamu dapat di perkuliahan. Terutama ilmu di bidang kamu.

Tahu tidak? Banyak sekali orang – orang di luar sana yang butuh bantuanmu, mereka butuh juga pengetahuan. Maka inilah kesempatan kamu untuk mengaktualisasikan ilmu yang telah kamu miliki.

3. Carilah pengalaman kerja

kegiatan yang tepat saat liburan

Bukan tidak mungkin ketika kuliah, kita bisa juga bekerja? “Kuliah sambil kerja” bukan “Kerja sambil kuliah” artinya tetap bahwa kuliah adalah prioritas.

Memang banyak sih mahasiswa yang sudah kuliah sambil kerja, tetapi kamu yang belum? Mengapa? Sebaiknya cobalah dahulu.

Baca: 8 Pekerjaan Bergengsi yang Dapat Kamu Tekuni Sewaktu Mahasiswa

Manfaatnya adalah kamu dapat merasakan bagaimana sebenarnya kerja di dunia nyata, selain itu pasti kamu dibayar bukan? Intinya kamu dapat menghasilkan uang, meskipun masih kuliah. Pastinya terbantu dan dapat menambah uang saku.

Selain itu kamu sudah punya pengalaman kerja, yang biasanya nih, itu dibutuhkan ketika kamu melamar pekerjaan di perusahaan – perusahaan besar.

Intinya ini memudahkan kamu untuk cepat dapat kerja juga lho

4. Sudahkah kamu punya organisasi?

Organisasi merupakan hal yang sangat penting juga dalam kuliah, organisasi akan melatih kamu di bagian softskill. Bahkan bisa juga untuk mengaktualisasi ilmu yang kamu dapatkan juga.

Untuk lebih jelasnya boleh membaca artikel di bawah ini:

Kuliah atau Organisasi, Kamu Pilih Apa?

5. Takut kuliah terganggu?

Inilah hal yang paling sering jadi alasan mahasiswa sehingga ingin kuliah saja, nggak mau yang lain – lain.

Sebagian besar mengatakan alasan mereka ketika mahasiswa hanya untuk kuliah saja adalah takut kuliah terganggu, takut tidak serius dan ketinggalan pelajaran.

Namun hal itu bisa dikatakan anggapan yang salah.

Masa muda itu perlu sibuk, perlu kerja keras dan perlu memanfaatkan waktu sebaik mungkin. Agar kita semakin dewasa dalam segala hal sehingga ketika di dunia yang real (kerja) kita sudah punya pengalaman dan semakin pintar memanajemen waktu.

6. Manajemen waktu lebih baik

manajemen waktu dengan baik

Semakin banyak aktivitas yang kita lakukan dalam sehari – hari, maka dengan sendirinya akan melatih kita untuk memanajemen waktu dengan baik. Intinya cobalah menjalani dengan baik dan dalam segala aktivitas tersebut, perlu memikirkan baik buruknya dan kegiatan apa yang lebih berguna.

Jika hal ini sudah terpikir berarti kita hanya perlu mengatur waktu sebaik mungkin

7. Memiliki banyak relasi

Cobalah berpikir jika selama mahasiswa, anda hanya kuliah saja. Pasti teman – teman anda hanyalah yang ada di kampus saja.

Namun jika anda banyak kegiatan, organisasi, pengabdian, kerja atau penelitian pasti anda menemukan teman juga dari luar sana yang sebelumnya tidak anda kenal.

Relasi itu perlu untuk masa depan, karena manusia adalah makhluk sosial yang ketergantungan. Jadi jika banyak relasi, mudah saja jika kita butuh bantuan orang lain

8. Memiliki segudang pengalaman

Jika kita sudah bergabung di organisasi, penelitian, dunia kerja atau pengabdian pastinya kita akan mendapatkan banyak pengalaman dari sana. “Pengalaman adalah guru yang paling berharga”.

Falsafah ini benar adanya, karena dari pengalaman kita juga belajar dan belajar dari pengalaman lebih mudah.

Hal – hal di atas lah yang perlu kita lakukan selain kuliah saja, dan dari hal tersebut kita mempunyai banyak sekali manfaat.

Namun, perlu di ingat bahwa tugas utama kita adalah kuliah, jadi jangan karena sibuk kegiatan di luar sana kita jadi melupakan kuliah. Hal ini harus dihindari. So, let’s do it, let’s enjoy it.

4 komentar pada “Mahasiswa Seharusnya Bukan Hanya untuk Kuliah

    1. Namun bersabarlah, semua ada waktunya. Tetaplah semangat, dan buat bangga orang sekitarmu dengan perjuanganmu

  1. Saya mengomentari perihal Tiga Tugas Perguruan Tinggi: Tri Dharma Perguruan Tinggi. Tugas ini bukan hanya diemban sebagai mahasiswa, tetapi lebih kepada institusi. Oleh karena itu, tiga tugas trsebut tidak bisa hanya dibebankan kepada apakah mahasiswa, apakah juga hanya kepada Dosen.

    1. Pernyataan yang anda katakan itu benar adanya. Namun alangkah baiknya kita sebagai mahasiswa bijak dan berinisiatif melakukannya tanpa menunggu perintah, iya kan? Hehe…. tidak ada salahnya kalo kita melakukan pengabdian atau penelitian walaupun tidak ada tuntutan dari pihak PT.

Komentar: