Kuliah atau Organisasi, Kamu Pilih Apa?

pilih kuliah atau organisasi

Sobat mahasiswa kemungkinan terkadang susah menjawab pertanyaan di atas, karena kedua hal tersebut sama – sama penting bagi kita sebagai mahasiswa. Singkat kata, apa pun yang menjadi pilihan kita terkait pilihan di atas maka kita harus siap dengan segala konsekuensi dan risikonya.

Well, mungkin pernyataan HARUS SIAP MENERIMA KONSEKUENSI DAN RESIKO terasa menakutkan ya?

Artikel kali ini akan menarik untuk dibaca, karena redaksi akan memberikan pandangan atau penjelasan tentang kuliah dan organisasi, seberapa penting organisasi dibandingkan kuliah, kemudian apa yang harus sobat mahasiswa lakukan untuk menjawab pertanyaan di atas?

Ini pandangan menurut ruangmahasiswa.com:

Tugas utama menjadi seorang mahasiswa adalah menuntut ilmu pengetahuan dan dapat menamatkan pendidikan tepat waktu. Ini adalah mindset yang pertama kali ada di benak kita ketika ingin berencana melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

Sama halnya dengan orang tua kita, mereka berjuang untuk membiayai perkuliahan kita, karena mereka berharap dengan kuliah, anaknya mendapat pekerjaan yang layak nantinya. Orang tua kita juga berharap bahwa kita dapat menyelesaikan perkuliahan tepat waktu. Itulah yang menjadi kebanggaan mereka kepada kita anak – anaknya.

Baca: Jangan jadi Mahasiswa Kupu – Kupu, Jika 6 Hal Ini Tidak Ingin Terjadi

Nah, jika kita memang memilih kuliah saja dengan tujuan mendapat IP tinggi dan cepat tamat, maka hal ini sangat disayangkan.

Mengapa?

Di dunia kampus ada banyak sekali hal yang bisa kamu lakukan selain kuliah. Ada banyak kegiatan yang dapat meningkatkan kemampuan diri kamu, sobat mahasiswa. Kamu bisa meningkatkan skill kamu di bidang – bidang tertentu yang kamu sukai, kamu bisa melatih mental dan mengeluarkan kreativitas kamu.

Kamu juga bisa belajar leadership dan teamwork. Semua itu ada wadahnya yang kita jumpai di kampus.

ORGANISASI? Ya, di dalam organisasilah sobat mahasiswa akan menemukan semua ini. Maka sangat disayangkan jika kamu sebagai mahasiswa hanya ingin kuliah saja.

Mengapa Organisasi itu penting?

Jadi melalui penjelasan di atas, dapat kita simpulkan bahwa organisasi itu penting, karena peran organisasi sangat besar dalam pembentukan jati diri mahasiswa. Di dalam organisasi, kamu akan dilatih untuk menjadi leader, mengemukakan pendapat, belajar menjadi teamwork yang baik dan melatih mental serta memanajamen waktu dengan baik.

Baca: Mahasiswa Seharusnya Bukan Hanya untuk Kuliah

Apa manfaat semua ini?

Ketahuilah teman – teman, mungkin sebagian dari kita berpikir bahwa IP tinggi adalah segalanya? Mungkin kita berpikir dengan IP tinggi, kita akan cepat mendapatkan pekerjaan yang bagus.

Baca: Liburan Lebih Bermanfaat dengan 5 Kegiatan Ini

Secara tegas, Ruang Mahasiswa mengatakan IP tinggi tidaklah menjamin. Karena hampir semua perusahaan lebih mengutamakan kemampuan teamwork, softskill dan leadership Anda.

Jadi kesimpulannya adalah bahwa kuliah dan organisasi itu sama – sama penting bagi kita mahasiswa.

Maka harapannya setiap mahasiswa dapat melakukan kedua hal ini secara seimbang. Jangan karena terlalu banyak berkecimpung di dunia organisasi menjadikan kita melalaikan kuliah, karena banyak sekali mahasiswa yang terlalu asyik di dunia organisasi sehingga menjadikannya lupa akan tugas pokoknya sebagai mahasiswa yaitu kuliah. Hingga akhirnya banyak mata kuliah yang gagal, sedangkan waktu terus berjalan menjadikan kita TUA di organisasi sedangkan kuliah kita hampir dipastikan GAGAL.

Jika begini siapa yang SALAH? Sudah dipastikan adalah diri kita sendiri, sudah seharusnya kita sebagai mahasiswa dapat berpikir bijak dan realistis, sudah bisa menentukan pilihan mana yang lebih penting untuk dilakukan.

Tips memilih organisasi.

Dalam memilih organisasi, pilihlah organisasi yang mendukung atau memberikan dampak yang baik terhadap kuliahmu. Jangan memilih organisasi yang kurang bermanfaat terhadap kuliahmu.

Selalu buat komitmen dalam diri Anda, bahwa harus bisa menyelesaikan pendidikan dengan tepat waktu. Ingatlah, orang tua kita selalu berharap dan menunggu bahwa kita harus menjadi sarjana pada waktunya.

Well, kita mahasiswa kan? Bijaklah dalam mengambil keputusan.