“BEGADANG” kata tersebut sangatlah fenomenal di kalangan mahasiswa…benar kan sobat mahasiswa???

Bagaimana tidak? Dunia perkuliahan merupakan dunia yang menuntut seorang mahasiswa untuk proaktif, dalam segala hal, baik mental maupun tindakan.

Apalagi untuk menghadapi dosen bahkan juga untuk menyelesaikan tugas – tugas yang harus dikumpulkan tepat pada waktunya, hanya untuk mendapatkan nilai dan predikat baik dari dosen, sehingga dapat menyelesaikan studinya sesuai dengan yang telah ditargetkan.

Tidak sedikit pula dari teman teman mahasiswa yang memilih untuk tidur larut malam (begadang) hanya untuk menyelesaikan tugas tugas mereka, yang mungkin salah satunya adalah sobat mahasiswa yang sedang bersungguh-sungguh menekuni studinya di salah satu perguruan tinggi atau institusi lainnya.

Baca: 5 Tips Lembur Sehat untuk Mahasiswa

Tetapi, yang menjadi pertanyaan sekarang: Apakah begadang baik untuk di lakukan?

Tentu sebagian besar dari sobat mahasiswa, bahkan saya sendiri berpendapat ,”begadang bukanlah hal yang baik untuk dilakukan!”.

Ya… sekalipun sobat mahasiswa begadang itu hanya untuk menyelesaikan tugas kuliah, menyusun Tugas Akhir/Skripsi, bahkan pekerjaan kuliah lain yang mendesak harus dikerjakan, tetapi yang namanya tidur larut malam tidak baik untuk kesehatan.

Mungkin bagi beberapa orang hal ini biasa saja, tetapi bila kita teliti lagi dampak dari begadang itu bisa menyebabkan beberapa penyakit yang sangat berbahaya bagi kita.

Kira – kira menurut sobat mahasiswa, apa saja ya penyakit berbahaya yang disebabkan oleh begadang tersebut?
Nah, untuk mengobati rasa penasaran sobat mahasiswa, tentunya ruangmahasiswa.com telah merangkum beberapa informasi mengenai bahaya tidur larut malam di bawah ini, yang telah kami ambil dari beberapa kumpulkan dri beberapa sumber
Disimak ya…

Konsentrasi berkurang dan pelupa

Bahaya yang pertama sobat mahasiswa, yaitu berkurangnya konsentrasi dan pelupa. Sebuah studi yang dilakukan di Perancis dan Amerika menemukan bahwa “sharp wave ripples” atau peristiwa otak bertanggung jawab menguatkan memori otak, dan mentransfer data yang ada dari Hipokampus menuju ke neokorteks yang ada di otak.

Di mana semua memori jangka lama tersimpan, serta membantu seseorang untuk berkonsentrasi. Sharp wave ripples pada umumnya terjadi disaat tidur, itu sebabnya sobat mahasiswa , mereka yang sering begadang pada suatu waktu akan menjadi pelupa, terganggu konsentrasinya, penalarannya, serta kemampuannya untuk menyelesaikan suatu masalah.

Baca: 8 Tips Mengatasi Ngantuk Saat Proses Perkuliahan

Berdampak buruk bagi kesehatan

Ternyata tidur sangat berperan penting lho sobat mahasiswa, ya…karena tidur itu berperan dalam melancarkan peredaran darah, membantu memproduksi enzim dan hormon, serta memperbaiki sel-sel tubuh.

dampak begadang bagi kesehatan

Begadang akan berdampak buruk bagi kesehatan, dan jika berlangsung secara terus menerus hal ini dapat menebabkan masalah serius seperti: tekanan darah tinggi, serangan jantung, stroke dan lain sebagainya.

Selain itu , mereka yang sering begadang juga akan terlihat pucat, kulit kusam dan mata cekung.

Itu terjadi karena pada saat sobat mahasiswa kurang tidur, tubuh akan mengeluarkan hormon kortisol, yang jika pada jumlah yang berlebihan dapat memecahkan kolagen kulit.
Di mana kolagen itu sendiri berfungsi untuk menjaga kehalusan kulit.

Cepat tua

Kekurangan tidur juga mengakibatkan kita cepat tua sobat mahasiswa. Hal ini disebabkan karena pada saat kita tidur terjadi yang namanya pengeluaran Toxin atau racun dari dalam tubuh, serta pemulihan stamina dan fungsi tubuh.
Tidur larut malam dapat menyebabkan pengeluaran toxin dari dalam tubuh tidak bekerja secara maksimal, dan racun tersebut menjadikan kita terlihat lebih cepat tua.

Jadi bukan “marah – marah” saja yang membuat seseorang membuat kita menjadi cepat tua., tetapi begadang juga bisa ya teman – teman.

Hosting Unlimited Indonesia

Baca: 5 Cara Hidup Sehat Untuk Mahasiswa

Kanker

Berikut adalah yang terakhir, sekaligus yang paling menyeramkan sobat mahasiswa, ternyata begadang selain manyebabkan ngantuk, begadang juga dapat menyebabkan penyakit kronis, seperti: peradangan pada wanita, kanker hati, kanker prostat, kelenjar getah bening, stress, obesitas dan lain sebagainya.

Berbagai penyakit di atas merupakan penyakit yang disebabkan oleh salah satunya kebiasaan begadang. Mengurangi tidur 1 jam saja membutuhkan pemulihan selama 1 hari, dan tidur larut malam(begadang) memicu kanker karena lampu memiliki faktor penyebab kanker yang akan berujung pada kematian.

Bagaimana sobat mahasiswa??? MASIH BERANIKAH UNTUK BEGADANG???

Memang tugas kuliah memang harus dikerjakan sobat mahasiswa, tetapi tidak harus di malam hari bukan??? Dengan mengorbankan jam istirahat dan mengambil resiko yang sangat besar tersebut terhadap kesehatan kamu bukanlah pilihan yang tepat

Demikian dampak buruk dari begadang menurut ruangmahasiswa.com semoga sobat mahasiswa yang membaca artikel ini dapat menerapkannya untuk kesehatan dan untuk masa depan juga.