5 Tips Lembur Sehat untuk Mahasiswa

tips lembur sehat bagi mahasiswa

Mahasiswa seringkali dihadapkan dengan berbagai kegiatan kampus yang sangat banyak.

Misalkan saja dengan banyaknya tugas – tugas yang diberikan oleh para dosen kepada mahasiswanya sehingga mau tidak mau mahasiswa tersebut harus menyelesaikannya tepat waktu sesuai dengan jadwal yang ditentukan oleh dosen mereka.

Nah, jika ada begitu banyak tugas – tugas yang harus dikerjakan secara bersamaan atau bahkan tugas yang diberikan sangat banyak, Maka mau tak mau untuk mengerjar deadline kita seringkali mengerjakannya hingga larut malam.

Apalagi mahasiswa tingkat akhir yang mungkin akan wisuda harus mengejar skripsi supaya cepat selesai maka mahasiswa tersebut seringkali lembur.

Nah, untuk lebih jelasnya yuk sobat mahasiswa kita cek dulu apa saja sih tips lembur yang sehat untuk mahasiswa.

1. Jangan Lupa untuk Makan

Seringkali mahasiswa yang begadang baik karena mengerjakan tugas kuliah atau sekedar bermain – main dengan teman mereka hingga larut malam sehingga kadang kala mereka melupakan makan.

Padahal dalam kondisi seperti itulah tubuh membutuhkan banyak asupan makanan yang dibutuhkan untuk lembur sehingga tidak menimbulkan masalah pada kesehatan di kemudian hari.

Baca: 5 Cara Hidup Sehat Untuk Mahasiswa

Bayangkan saja jika kamu sering lembur tiap malam tetapi dalam masalah makan saja kamu tidak tepat waktu, maka semua itu akan terasa tidak berguna, jika nantinya kamu tidak bisa juga menikmatinya hasil usahamu.

2. Pilih Makanan yang Tepat

tips lembur bagi mahasiswa
Source: pakarnutrisi.net

Inilah salah satu kebiasaan yang salah yang banyak mahasiswa lakukan jika mereka sering – sering lembur .

Dalam proses lembur maka kamu harus mengusahakan agar jenis makananmu tidak salah pilih, hal ini lah nantinya yang membuat kamu tetap kuat dan tentunya  tetap sehat untuk waktu kedepannya.

Untuk kamu yang suka lembur maka sebaiknya makanan ringan seperti mi instan atau cemilan yang kurang bergizi sebaiknya kamu hindari karena selain tidak membawa dampak yang baik bagi tubuh juga  akan membawa efek samping terhadap kesehatan.

3. Hindari Minum Kopi

Ngantuk berat, mata merah atau bahkan badan pegal – pegal adalah petanda bahwasanya tubuh memerlukan istirahat.

Namun justru sering diabaikan oleh sebagian orang dan justru mengambil cara lain yang lebih mainstream misalkan mengkonsumsi makanan atau minuman yang bertujuan untuk mengurangi rasa lelah dan ngantuk.

Baca: 6 Tips dan Trik Hidup Hemat Ala Anak Kost Kekinian

Salah satu andalan untuk orang pencinta lembur adalah minum kopi, karena zat kafein yang ada dalam kandungan kopi bisa mengurangi rasa ngantuk pada diri kita.

Meskipun sangat membantu,  mengkonsumsi kafein secara berlebihan dapat membahayakan kesehatan.

Pasalnya mengkonsumsi lebih dari satu cangkir kopi dalam satu malam akan memyebabkan dehidrasi dan isomnia.

Selain kopi kamu juga dilarang mengkonsumsi minuman beralkohol karena selain mengandung zat kafein juga memiliki kandungan gula yang tinggi, dimana kafein yang bekerja memacu paksa kinerja jantung sedangkan gula yang berlebih dapat menyebabkan penyakit diabetes.

4. Perbanyak Minum Air Putih

tips sehat mahasiswa
Source: solusisehatku.com

Daripasa kamu harus meminim kopi yang berlebih yang tentunya kamu sudah mengetahui bahwasanya kafein dalam kopi memiliki efek samping.

Lebih baik kamu memenuhi asupan cairan dalam tubuhmu dengan air putih, selain mencegah dehidrasi juga bisa membantu kamu tetap fokus  dan mengurangi kelehahan saat sedang lembur.

Untuk kondisi seberapa banyak airputih yang dikonsumsi itu tergantung kebutuhan kamu intinya pada saat kamu merasa haus makan sempatkan untuk minum sehingga kebutuhan cairan dalam tubuh anda terpenuhi.

6. Bantu Dengan Minuman Suplemen

Jika memang kamu tidak bisa mencukupi asupan gizi dalam makanan yang kamu makan sehari – hari, kamu bisa membantu untuk mencukupinya dengan mengkonsumsi suplemen.

Baca: 8 Tips Mengatasi Ngantuk Saat Proses Perkuliahan

Namun kebutuhan suplemen dalam tubuh setiap orang berbeda – beda itu sebabnya sebelum membeli suplemen kamu harus berkonsultasi dengan dokter tujuannya agar keseimbangan asupan suplemen dalam tubuh anda dapat terjaga.

Nah itu dia tips lembur yang sehat ala mahasiswa , kiranya dapat membantu sobat.

Tentunya menjadi pertimbangan bagi sobat mahasiswa sekalian, apakah kebiasaan lembur yang sobat lakukan memang karena keperluan yang urgent.

Namun hal yang pasti adalah bahwa kegiatan lembur hingga mengurangi waktu istirahat itu jelas tidak baik.

Jadi ada baiknya sobat merubah kebiasaan tersebut karena akan merugikan sobat sekalian di kemudian hari.

Seperti pepatah mengatakan “untuk apa banyak harta jika memang kita sendiripun tidak bisa menikmatinya “.

Salam Mahasiswa.

Komentar: