8 Tips Mengatasi Ngantuk Saat Proses Perkuliahan

tips mengatasi ngantuk saat kuliah

Teman – teman mahasiswa,  siapa sih yang gak pernah ngantuk saat sedang proses perkuliahan? Nih, semester berapa sekarang? Jujur aja dech (dalam hati), pasti senyum – senyum sendiri J.

Ya… ngantuk saat proses kuliah memang wajar saja dan maklum sebagai mahasiswa. Banyak faktor penyebab si mahasiswa ngantuk saat mengikuti perkuliahan seperti:

  • Tidur larut malam karena banyaknya tugas perkuliahan
  • Begadang karenan menonton bola
  • Tidak banyak waktu istirahat karena sibuk, mungkin sibuk kerja atau organisasi
  • Sudah lelah karena masuknya di jam – jam sore hari
  • Dosennya membosankan dalam menjelaskan teori
  • Bisa juga karena merasa lapar

Hayooo… kamu ngantuk karena faktor apa?

Di artikel kali ini, kita tidak membahas faktor – faktor penyebab ngantuk melainkan tips mengatasi ngantuk saat proses perkuliahan, karena jika sewaktu di ruangan kuliah kamu ketahuan ngantuk sama dosen, bisa jadi kamu dimarahin, diledek bahkan dikeluarkan oleh pak/ibu dusin.

Silahkan disimak tips berikut ini:

1. Cuci muka

Ya… hal yang mungkin kamu lakukan untuk mengatasi kantukmu adalah dengan mencuci muka. Silahkan permisi keluar dan cuci mukamu  di kamar mandi.

Baca: Jangan jadi Mahasiswa Kupu – Kupu, Jika 6 Hal Ini Tidak Ingin Terjadi

2. Permisi keluar

Selain mencuci muka, tentu kamu perlu keluar ruangan dalam waktu sementara, sekedar penyegaran, misalnya melihat suasana/pemandangan diluar, bercengkerama dengan teman – teman untuk menyegarkan pikiran. !!! Eitss… namun jangan lupa untuk masuk lagi ya.

3. Ngobrol dengan teman sebelah

tips mengatasi ngantuk saat kuliah
source: kaskus.co.id

Ini juga mungkin akan jadi tips yang manjur, coba kamu ajak temanmu untuk ngobrol ttg hal – hal tertentu, namun ingat jangan sampai kamu ketahuan sama dosen. Bisa jadi kamu lebih cepat untuk dikeluarkan dari ruangan, sehingga jadi tidak lucu.

4. Minta dikejutkkan sama teman sebelah

Selain ngobrol (karena ngobrol mungkin terlalu berisiko untuk dilakukan), cara lain adalah dengan meminta teman sebelah untuk mengejutkanmu atau mencubit kamu. Sehingga kamu merasa terkejut atau kesakitan. Namun jangan sampai kamu berteriak, sehingga membuat seisi ruangan jadi tertuju kepadamu.

5. Membawa simpanan snack (ngemil)

Ngemil bisa menghilangkan rasa kantukmu, karena salah satu penyebab kantuk mungkin adalah lapar. Jadi jika, kamu sering ngantuk, segera siapkan snack, boleh bawa dari rumah/kos atau juga beli di sekitaran kampus. Hati – hati juga guys… jangan sampai ketahuan sama dosen.

Baca: 6 Tips dan Trik Hidup Hemat Ala Anak Kost Kekinian

6. Mengunyah permen karet

Buat kamu yang sudah terbiasa ngantuk di kelas, bisa kok nyiapin permen karet di saku dan langsung dibuka ketika dosen mulai menerangkan. Dijamin saat kalian ngunyah permen karet pasti kalian nggak terasa sampai teori perkuliahan selesai.

Mengunyah permen karet termasuk olahraga mulut lho! tau gak ? ternyata juga bisa meningkatkan konsentrasi kita loh. Ingat, tetap jangan sampai ketahuan dosen

7. Mendegarkan musik

musik-yang-cocok-untuk-belajar

Mendengarkan musik merupakan cara yang lumayan berisiko untuk kamu lakukan, karena tidak mungkin kamu memutar musik saat di ruangan kelas pada saat proses kuliah, sehingga jalan terakhir dengan menggunakan handsfree.

Sebaiknya kamu menggunakan handsfreee, jangan sampai terlihat sama dosen. Sebaiknya kamu duduk di posisi tengah atau belakang.

Baca: Pilih Genre Musik yang Cocok untuk Belajar

8. Duduk di bagian belakang kelas

Jika kamu merasa hari ini kamu akan mengantuk, karena beberapa faktor di atas, maka sebaiknya kamu pilih duduk dibelakang, karena posisi ini mungkin lebih aman dan jauh dari jangkauan sang dosen.

Sehingga kalo kamu ngantuk, kecil kemungkinannya untuk diketahui sama dosen.

Inilah 8 tips mengatasi ngantuk saat mengikuti proses perkuliahan. Semoga bisa kamu lakukan saat ngantuk. Kebanyakan dari tips di atas memiliki resiko untuk ketahuan sama dosen, sehingga hal yang paling penting adalah “jangan ngantuk di kelas ya sob”.  

2 komentar pada “8 Tips Mengatasi Ngantuk Saat Proses Perkuliahan

  1. hahahha.. nyeleneh2 nih tipsnya. ngobrol dengan teman sebelah mah diusir keluar sama dosen. kwkwkkw
    tapi mantap2 nih artikelnya 😀

Komentar: