5 Cara Hidup Sehat Untuk Mahasiswa

Cara-Hidup-Sehat-Untuk-Mahasiswa

Cara Hidup Sehat Untuk Mahasiswa – Siapa yang tidak menginginkan hidup sehat? Pasti semua ingin hidup sehat tanpa diserang oleh penyakit apapun. Baru baru ini banyak sekali dikalangan mahasiswa yang masuk rumah sakit. Gejala-gejala penyakit yang sering di alami adalah penyakit maag, tipes disebabkan kurangnya daya tahan tubuh. Tentunya Penyakit-penyakit ini di sebabkan karena kurang teratur dalam mengkonsumsi makanan, Kurang tidur atau sering begadang, kurang olahraga dan menyantap makanan siap saji.

Pada artikel kali ini admin ruangmahasiswa.com ingin berbagi tips Cara untuk Meciptakan gaya hidup sehat khususnya untuk para mahasiswa yang hidup di perantauan atau anak kost. Dengan terciptanya pola hidup sehat tentunya dapat membantu prestasi mahasiswa dikampus kita dapat bergerak dan belajar aktif dengan baik.

Berikut adalah 5 Tips Pola Hidup sehat untuk mahasiswa

1. Istirahat Secukupnya

Istirahat Secukupnya
Rata-rata jam istirahat mahasiswa tidur diatas pukul 00.00 Banyak alasan yang menyebabkan tidur terlalu lama, Apakah itu karena tugas, bermain game, atau hanya sekedar melihat sosial media. Anggapan mereka tidak memungkinkan untuk tidur seperti jamannya SMP, SMA dahulu.

Meski sudah mencoba untuk tidur di pukul 22.00 dan mata pun tidak dapat mengantuk juga. Jadi apa penyebabnya? Kembali lagi kebiasan pola gaya hidup sehat faktornya. Seperti orang yang perokok maka akan sulit untuk mereka untuk berhenti merokok dengan cepat.

Tentu cara yang bisa menyikapinya adalah dengan perlahan-lahan. Jika anda biasa tidur pukul 01.00 biasakanlah 1 jam sebelum anda mau tidur anda sudah berada di tempat tidur atau siap untuk istirahat. Biasakanlah cara ini sehingga jam tidur anda bisa mencukupi, Tidurlah 7-8 jam perharinya.

2. Usahakan Untuk Sarapan

Usahakan Untuk Sarapan
Yang satu ini sering kali dilewatkan oleh mahasiswa padahal sarapan merupakan aktivitas yang tidak boleh terlewatkan. Sarapan sangat penting untuk kita dikarenakan secara ilmiah ketika anda terbangun, gula darah dalam tubuh kita membuat otak dan otot bekerja secara optimal biasanya dalam keadaan rendah.

Maka dari itu, Sarapan Bisa membantu tubuh untuk meningkattkan kadar gula darah kita. Dan ketika anda tidak melakukan aktivitas sarapan, pada siang hari anda akan makan lebih banyak.

Baca Juga: 5 Bisnis yang Cocok untuk Mahasiswa

Sarapan berguna juga untuk membakar kalori dalam tubuh, dan memberikan energi yang kita perlukan. Sehingga dalam proses perkuliahan anda bisa lebih fokus dalam menerima pelajaran. Bahkan dalam beberapa studi juda dikatakan adanya hubungan sarapan dengan kesehatan yang lebih optimal.

3. Perhatikan Makanan yang Anda Komsumsi

Perhatikan Makanan yang Anda Komsumsi
Makanan yang anda makan juga perlu di perhatikan. Makanan sehat memang tidak menarik untuk disantap dan begitu juga sebaliknya, Makanan cepat saji menjadi sangat menarik perhatian. Sementara itu makanan seperti itu sangat buruk untuk kesehatan kita.

Jadi untuk anda yang sering memakan makanan cepat saji cobalah untuk tidak mengkonsumsinya lagi. Boleh sih.. Tapi jangan terlalu sering. Untuk memelihara kesehatan, Kurangi mengkonsumsi makanan yang berkalori tinggi, lemak jenuh, dan juga kurangi jumlah gula dan garam dalam setiap hidangan yang anda komsumsi. Usahakanlah untuk memperbanyak memakan sayur-sayuran hijau dan buah-buahan.

4. Minum Air Yang Cukup

Minum Air Putih Secukupnya
Mengkonsumsi air yang cukup bisa meningkatkan meditasi dan menjaga anda pola makan anda tidak berlebihan. Oleh sebab itu, untuk mengkontrol asupan air, Anda bisa membawa minuman di dalam botol saat anda sedang beraktivitas maupun saat pergi kuliah.

5. Olahraga Yang Rutin

Olahraga Rutin
Olahraga sangatlah penting untuk kesehatan tubuh kita. Orang yang jarang melakukan aktivitas olahraga akan rentan diserang penyakit. Lain dengan orang yang rajin berolahraga secara rutin, kekebalan tubuh akan meningkat dan terbentuk dengan sempurna sehingga bisa menahanan anda dari serangan penyakit.

Baca Juga: 5 Tips agar Semangat Menjalani Kuliah

Sesibuk apa pun anda, cobalah untuk meluangkan sedikit waktu anda untuk berolahraga. Dengan berolahraga bisa membuat hati kita menjadi fress dan menghilangkan stres, menyehatkan jantung dan membuat metabolisme tubuh meningkat.

Itulah 5 Tips menjaga kesehatan untuk mahasiswa apalagi yang jauh dari orang tua atau yang hidup diperantauan. Semoga Artikel ini dapat bermamfaat bagi anda. Jangan Lupa untuk di share ya.

2 komentar pada “5 Cara Hidup Sehat Untuk Mahasiswa

Komentar: