5 Website Berbahasa Inggris Yang Wajib Dibaca Mahasiswa

Membaca website di gadget

Sudah seharusnya kita sebagai mahasiswa untuk lebih banyak membaca. Membaca sangatlah bermanfaat bagi kita. Mengapa?

Baca: 10 Alasan Mengapa Kita Harus Banyak Membaca

Semakin banyak kita membaca, semakin banyak yang kita tahu. Jadikanlah membaca sebagai hobi anda baik itu membaca buku, artikel, jurnal, dan lain-lain. Anda tidak akan menyesal memiliki hobi membaca.

Pada artikel ini, akan diulas 5 website berbahasa inggris yang wajib dibaca mahasiswa. Janganlah mengeluh ketika mendengar 2 kata ini yaitu “berbahasa inggris”.

Kita hendaknya jangan menjauh dari pengetahuan hanya karena bahasanya. Apalagi bahasa inggris merupakan bahasa kedua yang harus dipelajari mahasiswa untuk bersaing di dunia global.

1. Quora

Pada artikel sebelumnya, sudah diulas tentang Quora. Anda dapat membaca lebih lanjut di Quora, Aplikasi Tanya Jawab yang Direkomendasikan.

Situs tanya jawab bergaya media sosial ini menampilkan daftar pertanyaan yang sesuai dengan topik-topik yang anda pilih sebelumnya.

Anda dapat bertanya tentang topik apapun dan orang yang ahli di topik tersebut akan menjawab dan berbagi pengalaman dengan anda.

Anda juga dapat menemukan pertanyaan-pertanyaan unik yang mungkin tidak terpikirkan oleh anda.

Link: quora.com

2. Medium

Situs ini merupakan tempat dimana semua orang dapat menulis, mencurahkan opini, dan berbagi cerita/pengalaman dengan orang lain. Mirip dengan Kompasiana.

Sudah banyak orang yang menggunakan website ini sebagai platform untuk menulis. Anda juga bisa membuat blog atau publikasi sendiri di dalamnya.

Medium akan menampilkan artikel sesuai dengan topik yang anda pilih dan juga artikel populer/trending di situs tersebut. Konten di Medium sangatlah variatif mulai dari sains, teknologi, seni, politik, spiritualitas, hingga pengembangan diri.

Link: medium.com

3. Curiosity

Nah, website ini merupakan website yang unik. Sesuai dengan namanya, jika diterjemahkan, yaitu keingintahuan.

Bagi anda yang mempunyai rasa keingintahuan maupun rasa penasaran yang tinggi, website ini sangat cocok bagi anda.

Di dalamnya terdapat artikel-artikel sains, sejarah, penelitian, dan fakta-fakta yang jarang orang tahu. Misalnya, planet Pluto diberi nama oleh seorang gadis 11 tahun, atom sebenarnya hampir terdiri dari ruang kosong, dan masih banyak lagi.

Bukan hanya teks, Curiosity juga menyediakan video di dalam setiap artikel sebagai penjelasan mendalam.

Link: curiosity.com

4. Lifehack

Jika anda sering membaca buku tentang pengembangan diri, anda harus sering membaca website ini.

Website ini memiliki tujuan untuk membuat para pembaca menghentikan segala pemikiran dan kebiasaan negatif, menyelesaikan pekerjaan dengan cepat, dan meraih tujuan yang diinginkan.

Anda dapat membaca tips-tips berbagai aspek kehidupan seperti produktivitas, motivasi, gaya hidup, komunikasi, psikologi, dan kesehatan.

Jadi, jika misalnya anda lagi bad mood, buka dan bacalah website ini untuk menenangkan diri anda dan bersemangat kembali.

Link: lifehack.org

5. Vice

Ada sedikit kelegaan dengan media ini karena tersedianya versi bahasa Indonesia.

Vice, yang fokus pada seni, kultur, dan berita, bukanlah seperti media mainstream lainnya. Mungkin masih sedikit orang yang mengetahui media ini.

Media ini menggunakan metode immersive journalism dimana jurnalis dari Vice akan langsung terjun ke lapangan untuk menginvestigasikan peristiwa/isu yang dinilai berdampak pada masyarakat.

Yang membuatnya unik adalah konten-konten yang disajikan Vice jarang ditemukan di media mainstream lainnya. Kontennya dapat berupa laporan maupun video dokumenter.

Link: vice.com, versi Indonesia: vice.com/id_id

Itulah 5 website berbahasa Inggris yang wajib dibaca mahasiswa untuk menambah pengetahuan. Jika anda mempunyai situs-situs unik lainnya, anda bisa menuliskannya di bagian komentar di bawah.

Baca: Menghidupkan Kembali Budaya Membaca

Komentar: