10 Alasan Mengapa Kita harus Banyak Membaca

alasan kita harus banyak membaca

“Semakin banyak membaca maka akan semakin banyak yang kita tahu”. Kata – kata mutiara ini benar adanya, bahwa sudah pasti membaca buku, artikel – artikel yang bermanfaat jelas menambah pengetahuan kita.

Sobat mahasiswa, kapankah kamu terakhir kali membaca? Kemarin, minggu lalu, bulan lalu atau bahkan tahun lalu? Nah, buat kamu yang sudah lama tidak membaca, sebaiknya kamu harus tahu bahwa beberapa penelitian telah membuktikan bahwa membaca berdampak besar bagi kehidupan manusia, di antaranya bagi kesehatan.

Di tengah teknologi yang semakin pesat ini, seharusnya semakin meningkatkan minat baca kita, karena dengan teknologi kita juga diberi kemudahan untuk membaca. Kita tidak hanya harus membaca dari buku atau majalah, tetapi sekarang ini kita bisa membaca dari e-book, artikel – artikel yang bermanfaat dari situs – situs di internet.

Baca: 10 Situs Download e-Book Gratis dan Legal

Namun, hal ini terbalik. Justru kita lebih sering sibuk di media sosial, melakukan hal – hal yang kurang bermanfaat, seperti bullying di medsos atau juga menonton video.

Perlu kamu tahu bahwa Indonesia merupakan salah satu negara dengan minat baca paling rendah. Maka dari itu ruangmahasiwa.com memberikan artikel menarik tentang mengapa kita harus banyak membaca, karena membaca bisa jadi hobi, dan pasti buat pintar. Selain itu masih banyak manfaat yang bisa kita dapatkan.

Berikut adalah ulasannya:

1. Pastinya menambah pengetahuan

Semua hal yang kita baca pastinya menambah pengetahuan dan informasi buat kita. Apalagi bacaan yang berbau positif. Tentunya kita akan banyak mengetahui aspek kehidupan, dengan begitu kita bisa mengarungi dunia hanya dengan membaca.

Semakin banyak pengetahuan yang kita miliki, maka kita akan lebih siap dalam menghadapi tantangan hidup di masa sekarang dan yang akan datang.

“Apa pun yang kita miliki bisa hilang begitu saja, kecuali ilmu pengetahuan.”

2. Meningkatkan daya ingat

Dengan sering membaca kita akan lebih sering menjumpai kata – kata yang sama. Kita akan banyak membaca cerita yang berkaitan satu sama lain, sehingga ketika kita pernah mengingat suatu hal, maka jika kita membaca kembali hal yang berkaitan, maka ingatan tersebu saling menguatkan.

3. Menstimulasi kemampuan otak

Membaca dapat membuat otak kita tetap aktif dan bereaksi untuk melakukan fungsinya secara baik dan benar. Membaca adalah salah satu cara termudah untuk menstimulasi otak, bahkan dapat mencegah risiko pikun atau Alzheimer.

4. Mengurangi stress

Setelah menjalani kegiatan dalam seharian, mungkin akan merasa ada tekanan dan kelelahan. Hal ini dapat membuat manusia menjadi stress. Namun, kegiatan membaca dapat membuat pikiran menjadi tenang dan rileks sehingga membuat emosi kita berada pada tingkat stabil.

Ketika lelah, lebih menyenangkan kita membaca buku – buku novel, cerita, dan motivasi.

Baca: Mengetahui 4 Dampak Buruk Begadang, Masih Beranikah Kamu Melakukannya?

5. Menambah kosakata

alasan mengapa harus banyak membaca

Membaca juga secara otomatis menambah kosakata di otak kita. Semakin banyak kita membaca, maka semakin sering kita mendengar kata – kata yang sama. Kemudian, ada saatnya kita mengetahui kosakata baru, baik itu dalam bahasa Indonesia maupun bahasa lainnya.

Tentunya dengan kosakata yang banyak kita miliki, kita akan memiliki kepercayaan diri yang lebih tinggi dalam hal berbicara, menyampaikan pendapat atau juga berpidato.

6. Memperkuat kemampuan analisis

Membaca juga terkadang membutuhkan analisis kita. Biasanya adalah cerita fiksi atau novel, kita dipaksa untuk berusaha menebak – nebak cerita yang selanjutnya, atau menebak akhir cerita. Tentunya ini akan melatih logika berpikir.

Terkadang kita dipaksa juga untuk menggunakan logika untuk mengetahui isi buku yang sebenarnya.

7. Melatih konsentrasi

Dalam setiap kegiatan kita membutuhkan konsentrasi agar dapat mencapai hasil maksimal, terutama ada kalanya suatu pekerjaan dilakukan harus dengan konsentrasi penuh.

Maka, untuk melatih konsentrasi kita perlu membaca sehingga kita hanya berfokus kepada yang kita baca. Misalnya membaca sebuah cerita, maka kita harus konsentrasi agar dapat mengetahui detail cerita dengan jelas.

8. Melatih kemampuan menulis

alasan mengapa harus banyak membaca

Dengan sering membaca, maka kita sudah tahu tata cara penulisan yang baik. Bagaimana menyusun kata – kata yang benar. Terutama kepada penulis, jika ingin menjadi handal maka perlu membaca banyak hal, terutama karya – karya orang lain yang sesuai dengan bidang tulisan si penulis.

Kemudian dengan luasnya perbendaharaan kosa kata, maka kita dapat menulis dengan baik sesuai kosa kata yang dimiliki.

Baca: 6 Langkah Menjadi Penulis Profesional

9. Memberikan ketenangan

Membaca juga akan memberikan dampak ketenangan. Contohnya membaca buku – buku spiritual akan memberikan pandangan hidup yang baru sehingga memacu kita untuk lebih semangat lagi.

10. Hiburan yang gratis

Dengan membaca akan berdampak ke segi keuangan, karena buku kita bisa miliki dengan murah bahkan gratis. Atau dapat kita akses dengan gadget kita. Bisa juga meminjam buku dari perpustakaan. Sehingga ketika kita memiliki waktu luang, kita bisa membaca tanpa pergi ke jalan – jalan ke bioskop, mall atau sebagainya.

Itulah 10 alasan mengapa kita harus banyak membaca. Jadi sudah tahukan, betapa pentingnya kegiatan membaca. Bisa dikatakan bahwa membaca adalah kegiatan wajib yang harus dilakukan.

Yukkss.. jadikah membaca jadi hobi, jangan hanya update status atau bullying di medsos…