Bagi mahasiswa tingkat akhir yang sebentar lagi akan lulus, maka tantangan selanjutnya adalah mencari kerja sesuai dengan impian dan rencana yang sudah disusun.

Untuk mewujudkan hal tersebut, tentu mahasiswa harus menyiapkan dan menyusun CV serta portofolio yang menarik. Kedua hal ini memang berbeda, namun sama-sama penting untuk memudahkan Anda mendapatkan pekerjaan yang diinginkan.

Secara umum, CV atau Curriculum vitae yang merupakan data diri, dan beberapa pengalaman kerja, organisasi serta keunggulan diri Anda yang ditulis secara singkat. Sedangkan portofolio adalah karya atau hasil kerja dan kemampuan Anda yang tentunya berkaitan dengan pekerjaan yang Anda pilih.

Kedua hal ini sangat penting dilampirkan ketika melamar pekerjaan dan tentunya kedua-duanya harus disusun dengan baik dan menarik agar Anda dilirik HRD.

Perbedaan CV dan Portofolio

pexels-desain cv dan portofolio
Sumber gambar: pexels.com

Sebelum mengetahui cara menyusun CV dan portofolio bagi mahasiswa, alangkah baiknya jika Anda mengetahui terlebih dahulu perbedaan CV dan portofolio. Berikut beberapa perbedaannya:

Portofolio:

  • Memiliki fungsi untuk menunjukkan pengalaman kerja dengan hasil karya atau project yang bisa ditunjukkan sesuai dengan pekerjaan yang akan di apply.
  • Dibuat dengan jelas, rinci, tidak terbatas kata dan kalimatnya serta jumlah halamannya bebas.
  • Dibuat untuk membuktikan deskripsi yang tercantum pada CV

CV:

  • Memiliki fungsi Untuk menginformasikan data diri, pengalaman kerja, organisasi, prestasi, dan hal-hal lainnya yang perlu diketahui perusahaan secara singkat.
  • Ditulis secara jelas, padat dan tidak bertele-tele.
  • Dibuat semenarik mungkin untuk menarik perhatian HRD atau user dan biasanya dalam satu halaman saja

Biar lebih jelas, baca lebih luas : PENTING! Ini Dia Perbedaan CV dengan Portofolio

Tips Buat CV Menarik

Agar CV yang Anda buat dilirik oleh HRD dan berhasil masuk ke perusahaan impian, Anda harus tahu cara buat CV menarik. Pasalnya ada beberapa peraturan umum yang harus Anda perhatikan dalam membuat CV.

Ini wajib diketahui bahkan saat Anda masih menjadi mahasiswa, agar memiliki persiapan yang matang. Berikut cara buat CV menarik:

1. Lengkapi Informasi

Setiap perusahaan pasti akan memilih calon pekerja yang baik dan berkompeten untuk berkontribusi dalam memajukan perusahaan.

Sehingga pihak HRD membutuhkan informasi tentang calon pekerja untuk menilai seberapa pantas calon pekerja tersebut diterima.

Pada umumnya, yang harus ada pada CV yang Anda buat yaitu identitas diri, pendidikan terakhir, personalitas, keterampilan, proyek atau pengalaman kerja, training dan prestasi Anda.

2. Perhatikan Tata Bahasa dan Penulisan

Tata bahasa dan penulisan yang Anda buat dalam CV mampu dinilai oleh pihak HRD.

Pastikan Anda menggunakan tata bahasa yang baik sesuai KBBI, dengan penulisan yang singkat, jelas dan tidak bertele-tele.

3. Desain

Desain CV juga menjadi salah satu hal yang harus Anda perhatikan, karena ini juga menjadi daya tarik tersendiri di mata HRD. Anda bisa mendesain CV yang simple namun memuat informasi penting yang dibutuhkan perusahaan.

Pastikan CV yang Anda buat tidak terlalu polos atau terlalu ramai dengan desain yang mengganggu.

Debra Wheatman dari Careers Done Write sendiri menyatakan bahwa ada beberapa hal yang sebaiknya perlu diperhatikan ketika membuat CV, bukan sekedar desain nya saja, bahkan untuk hal-hal kecil juga perlu diperhatikan seperti penggunaan italic, capslock, bold dan lainnya.

4. Pas Foto

Saat membuat CV, tentu kamu juga perlu memasang pas foto di lembar CV tersebut.

Pastikan foto yang dilampirkan jelas, berwarna biru atau merah, tampilan resmi, ukuran yang pas, serta tidak pecah atau blur.

Baca juga: Apa Itu CV ATS – Friendly? 6 Rahasia dan Cara Membuatnya

pexels-penyerahan berkas lamaran kerja termasuk cv
Sumber gambar: pexels.com

Tips Buat Portofolio Menarik

Setelah mengetahui cara buat CV yang menarik Anda juga perlu mengetahui cara membuat portofolio yang menarik. Perlu diperhatikan bahwa dalam pembuatan portofolio berarti Anda harus memiliki karya atau proyek yang sudah pernah dikerjakan dan berhubungan dengan pekerjaan yang Anda lamar, misalnya jika Anda melamar sebagai desain grafis berarti Anda harus melampirkan desain yang sudah dibuat. Berikut cara buat portofolio menarik yaitu:

1. Desain yang Rapi

Dalam membuat portofolio, alangkah baiknya jika Anda juga perlu memperhatikan desainnya pastikan tidak terlalu polos atau terlalu berlebihan.

Desain yang rapi membuat HRD berpesan dengan hasil karya Anda.

Di halaman awal, Anda bisa menuliskan nama Anda dan sebagai apa dalam portofolio tersebut, jangan lupa untuk deskripsikan diri Anda kembali, dan mulai dengan karya atau proyek yang pernah Anda buat lalu diberikan deskripsi dengan jelas.

2. Berikan Karya atau Proyek Terbaik

Dalam menyusun portofolio, pastikan Anda mencantumkan atau memberikan karya, proyek dan prestasi terbaik Anda selama magang atau menjadi mahasiswa. Karena hal tersebut akan menunjukkan kemampuan anda dalam bekerja.

Baca juga: 7 Kunci Sukses Masuk Dunia Kerja untuk Mahasiswa Fresh Graduate

Itulah beberapa hal yang bisa Anda ketahui terkait buat CV dan portofolio yang menarik dan berkesan di mata HRD.

Anda bisa mendesain CV menarik dengan mudah dan praktis di https://cvmenarik.com/.

Untuk mendapatkan informasi dan tips menarik dan lengkap untuk mahasiswa atau fresh graduate, anda bisa terus baca dan update ruangmahasiswa.com/category/tips/.