Halo, Sobat Ruang Mahasiswa!

Siapa nih yang semangat kuliahnya sedang di titik rendah? 

Rasa malas mengikuti kelas, bersosialisasi dirasa hanya basa basi, dan banyak alasan lainnya yang membuat diri enggan terlibat dalam segala urusan yang menyangkut perkuliahan. 

Kalau kamu yang biasanya bergairah kuliah tapi sekarang jadi mudah lelah dan tidak semangat untuk melakukan apapun, bisa jadi kamu sedang mengalami penurunan semangat yang akarnya dari motivasi kuliah itu sendiri.

Ibarat bensin, motivasi merupakan bahan bakar bagi manusia untuk bergerak dan melakukan suatu tindakan. Motivasi sendiri dapat berasal dari dalam diri sendiri (intrinsik) dan dari luar (ekstrinsik).

Ketika seseorang ingin melakukan suatu hal, maka dapat dikatakan ia termotivasi secara instrinsik.

Sedangkan, apabila seseorang melakukan sesuatu dikarenakan merasa harus melakukannya menandakan bahwa orang tersebut termotivasi secara ekstrinsik (Werbach dan Hunter, 2012).

Motivasi ekstrinsik berasal dari berbagai alasan di luar kesenangan dan keterikatan saat melakukan aktivitas itu sendiri.

Sebenarnya banyak cara untuk membangkitkan bara semangat ketika kita tidak termotivasi.

Namun sebelum melakukannya, penting untuk kita mengetahui motivasi awal yang menggerakkan kita untuk melakukan tindakan dan mengambil keputusan, termasuk ketika memutuskan untuk menjadi mahasiswa.

Kalau Sobat Mahasiswa sadar apa yang menjadi dasar keinginan untuk berkuliah, kita bisa jadi lebih terarah dalam mencari dan menerapkan solusi ketika sedang tidak bersemangat untuk menjalaninya.

Nah, jadi langkah-langkah apa aja yang bisa kita lakukan untuk menghadapi diri sendiri yang sedang kehilangan semangat kuliah?

1. Ingat Tujuan Kuliah

menggunakan biaya kuliah sebaik - baiknya
Orangtua selalu mengharapkan yang terbaik untuk anaknya.

Pertama-tama, ada baiknya merenungi tujuan awal kamu ingin kuliah.

Apakah dengan menjadi mahasiswa berasal dari keinginan sendiri untuk mencapai keinginan pribadi (intrinsik) atau dikarenakan adanya dorongan dari luar seperti keluarga dan lingkungan sosial (ekstrinsik). 

Misalnya kuliah supaya masa depan lebih cerah, memiliki profesi atau pekerjaan yang menjanjikan, atau ingin memberikan kebanggaan kepada orangtua atau keluarga.

Sobat Mahasiswa juga dapat menuliskan hasil perenungan tersebut agar lebih mudah memahami bagaimana posisi dan prioritas kuliah dapat mengantarkan kita untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Baca juga: 7 Hal yang Akan Mahasiswa Baru Rasakan di Awal Masa Kuliah

2. Evaluasi Penyebab Tidak Semangat Kuliah

Jika telah selesai melakukan langkah pertama berarti kita sudah cukup mengerti bagaimana dengan menjadi mahasiswa mengantarkan kita pada tujuan.

Begitu pula dengan konsekuensi yang diprekdiksi apabila mengalami kendala di tengah jalan.

Selanjutnya, kita perlu melakukan penilaian secara jujur dari diri sendiri terkait bagaimana kita menjalani perkuliahan selama ini.

Langkah evaluasi ini diharapkan mampu mengantarkan Sobat Mahasiswa untuk mengerti hal-hal yang menyebabkan semangat kuliah menurun. 

Baca juga: 5 Tips agar Tetap Semangat Menjalani Kuliah

3. Buat Alternatif Solusi

kebiasaan untuk meningkatkan kecerdasan
Sumber gambar: pexels.com

Merenung dan menuliskan hasil renungan dari tujuan kita berkuliah hingga penyebab meredupnya semangat kuliah tidak lain untuk menuntun kita dalam menemukan solusi yang tepat.

Penyusunan penyelesaian masalah agar teman – teman bisa kembali menjalani perkuliahan dengan semangat ini bisa dibagi ke dalam dua solusi, yakni jangka pendek dan jangka panjang.

Solusi jangka pendek bisa dikatakan sebagai penawar yang sifatnya sementara. Sedangkan solusi jangka panjang digunakan untuk menyelesaikan masalah untuk kurun waktu yang lebih lama. 

Kedua solusi ini sebenarnya sama-sama bisa menuntaskan akar permasalahan apabila identifikasi motivasi dan penyebab permasalahannya juga tepat. 

Baca juga: Mengapa harus KULIAH, apakah masih PENTING? Berikut 5 Alasannya

Untuk memahami cara-cara di atas, kamu bisa lihat contoh yang kami buat dari Tim Ruang Mahasiswa berikut ini.

Simak baik-baik yaa!

Motivasi apa yang mendorong saya untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi?

  • Saya memutuskan untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi agar dapat menjadi manusia yang dapat berpikir dengan baik, yakni secara ilmiah, kritis, dan komprehensif
  • Saya memutuskan untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi agar mendapat pekerjaan dengan lebih mudah
  • Saya memutuskan untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi untuk memperluas relasi 
Penyebab tidak semangat kuliahApa yang bisa saya lakukan dalam jangka waktu dekat?Bagaimana saya bisa mengatasi permasalahan ini di masa depan?
Kegiatan perkuliahan online di masa pandemi sangat monoton dan membosankan sehingga saya malas mengerjakan tugas baik akademis maupun organisasi/kepanitiaan yang mengharuskan saya berlama-lama duduk di depan laptop. Melihat daftar tenggat waktu tugas dan mengerjakan yang paling dekat waktu pengumpulannya. Sebelum mengerjakan tugas yang jangka waktunya panjang, saya akan rehat sehari untuk mengobrol bersama teman dan menonton film.– Menerapkan teknik Eisenhower untuk membagi prioritas.
– Menerapkan teknik Pomodoro ketika mengerjakan tugas.

Itulah beberapa cara yang dapat kamu lakukan ketika kehilangan semangat kuliah.

Jadi, tunggu apalagi, Sobat Mahasiswa?

Selamat mencoba dan semoga kembali semangat!


*Artikel ini telah ditulis berdasarkan referensi valid yang bersumber dari beberapa media online terpercaya

Penulis Septiana Noor Malinda
Mahasiswi Universitas Gadjah Mada