Hallo para mahasiswa baru! Sudah siap untuk menjadi the new agent of change?

Selamat datang di dunia perguruan tinggi. Selangkah jalan untuk mewujudkan cita – citamu sudah terlalui melalui proses yang kamu jalani hingga saat ini

Masih ingat gak, gimana kamu melewatkan masa – masa putih abu – abu yang menyenangkan? Rasanya begitu cepat melaluinya sampai saat ini kamu udah berada di jenjang yang lebih tinggi.

Kamu sedang berada pada tahap peralihan.

Mau tidak mau, kamu akan mengalami banyak perubahan di jenjang yang menjadikanmu ‘Maha’ dari seluruh pengenyam pendidikan. Khususnya di awal masa kuliah, kamu akan menemukan banyak perbedaan yang signifikan antara kehidupan di sekolah dengan kehidupan di kampus.

Hal baru apa aja yang akan kamu rasakan?

Mahasiswa baru, hal – hal baru di bawah ini akan kamu rasakan di awal masa kuliah.

1. Merasa bahwa semua orang punya kesibukan sendiri

Memasuki awal masa kuliah, kamu akan menemukan teman sekelas yang beragam. Ada yang suka berkunjung ke perpustakaan, ada yang sibuk bermain gadget, ada yang bergabung dalam organisasi atau UKM , ada pula yang langsung pulang setelah jam mata kuliah berakhir.

Semua punya kesibukan masing – masing. Bukan masalah, kamu hanya perlu memulai mendekatkan diri kepada mereka. Jangan enggan untuk bertegur sapa, mulailah berkomunikasi untuk mencairkan suasana.

Baca: 5 Tips Cari Kost buat Mahasiswa Baru

Di awal masa kuliah, cobalah untuk menemukan kesibukan yang bermanfaat. Carilah lingkungan yang mendukungmu untuk menjadi lebih baik di awal masa kuliahmu ini ya, sobat!

2. Merasa bukan apa – apa

Setelah berkomunikasi dengan teman – teman baru yang beragam latar belakang sekolahnya, prestasi dan pengalamannya, kamu akan banyak merasa bahwa pencapaianmu selama masa sekolah bukanlah apa – apa.

Tidak apa, hal ini justru baik untuk memotivasimu agar lebih baik & berprestasi di dunia kampus. Sebaliknya, jangan biarkan perasaan minder yang mengelabuimu sehingga membuatmu tidak percaya diri, guys.

Semua orang punya kesempatan yang sama untuk berubah dan berkembang, sobat! Selama kamu punya usaha dan doa, kamu pasti bisa berkembang ke arah yang lebih baik di masa kuliah.

3. Lebih bersemangat

Berada di lingkungan baru, suasana baru, dan kesibukan baru biasanya membuat siapapun akan lebih bersemangat, termasuk kamu, bukan?

Kamu akan bangun lebih awal untuk mempersiapkan hal yang berhubungan dengan kegiatan kuliah, dan berangkat lebih awal.

Ini sebuah awal yang baik, sobat! Kamu perlu menjaga semangatmu agar rutinitas kuliahmu terasa lebih menyenangkan. Tetap semangat ya!

Baca juga: Mahasiswa Baru, Lakukan 8 Hal Ini Sebelum Masuk Kuliah

4. Tuntutan untuk lebih mandiri

hal yang dirasakan oleh mahasiswa baru

Source: unsplash.com

Memasuki awal masa kuliah, sesegera mungkin kamu akan menyadari bahwa yang paling bertanggung jawab untuk kebaikan proses kuliahmu adalah dirimu sendiri.

Kamu akan merasa harus lebih mandiri dalam segala aspek kehidupan. Benar, sobat, kalau di sekolah dulu kamu terbiasa untuk bergantung pada orang tua, guru, teman & orang lainnya, jangan sampai kebiasaan itu terbawa di dunia kampus.

Kamu dituntut untuk lebih mandiri dalam mencari informasi, mengatur jadwal dan prioritas, lebih memilih kebutuhan dibandingkan sekedar keinginan, dan masih banyak hal yang menuntut kemandirianmu. Karena masa kuliah ini semuanya tergantung diri kamu sendiri.

Tapi, jangan khawatir dengan tuntutan itu ya, teman – teman! Lambat laun, kamu juga akan terbiasa kalau terus melakukannya.

5. Rutinitas padat dan waktu yang berjalan sangat cepat

Kesibukan di awal masa kuliah akan membuatmu merasa bahwa waktu berjalan sangat cepat. Tugas – tugas kuliah akan menghampiri di hampir setiap harimu. Belum lagi jika kamu memilih sebuah organisasi untuk kamu ikuti.

Rutinitas akan melatihmu menjadi pribadi yang lebih menghargai waktu. Tapi, jangan lupa juga untuk menjaga kesehatan agar kamu dapat menjalankan aktivitasmu dengan baik ya, sobat!

6. Kebebasan untuk memilih

Dari sekian banyak kesibukan yang ditawarkan di dunia kampus, kamu memiliki kebebasan untuk memilih. Kalau di sekolah dulu, mungkin orang tua dan guru akan menuntunmu untuk memilih setiap keputusan yang akan kamu ambil.

Namun, di masa kuliah, saatnya bagi kamu untuk memilih kesibukan, memilih teman, dan masih banyak pilihan lain yang akan kamu temui. Kamu bebas untuk memilih, namun jangan sampai kamu jatuh dalam pilihan yang salah, sobat.

Dalam pilihan yang memang berat buat kamu, boleh kok meminta saran dari orang tua dan orang terdekatmu.

Baca: 4 Jenis Persiapan Mahasiswa Baru Menghadapi Dunia Perkuliahan

7. Keinginan mencoba hal – hal baru

hal yang dirasakan oleh mahasiswa baru

Source: unsplash.com

Setelah menemukan banyak hal baru di masa kuliah, kamu akan merasa tertarik untuk mencoba hal – hal yang baru.

Misalnya, keinginan untuk mengikuti kompetisi seperti kakak senior, menjadi pengurus dalam himpunan atau organisasi, ikut kepanitaan dalam acara, bentuk komunitas dengan teman – teman 1 hobby dan masih banyak lagi.

Jika kamu mulai memiliki keinginan untuk mencoba hal – hal baru yang baik, ini adalah sebuah langkah awal yang baik. Selagi keinginan itu masih baik, tidak ada salahnya untuk mencoba, sobat.

Ketujuh hal di atas adalah hal – hal baru yang akan kamu rasakan saat kamu akan memulai kuliah, guys. Intinya, tidak perlu merasa khawatir berlebihan di lingkungan barumu. Toh, semua mahasiswa baru juga akan merasakan hal ya sama denganmu.

Yang kamu perlukan adalah kepercayaan diri dan langkah awal yang tepat untuk masa kuliahmu. Semoga masa awal kuliahmu lancar dan menyenangkan ya, sobat!