5 Cara Membuat dan Memaksimalkan CV Online Lebih Profesional

Sumber gambar: mamikos.com

Tentunya ketika melamar sebuah pekerjaan, salah satu syarat berkas yang harus selalu ada adalah CV ( Curriculum Vitae).

CV atau dalam bahasa Indonesia disebut dengan riwayat hidup adalah dokumen yang memberikan gambaran data dan pengalaman seseorang serta kualifikasi lainnya.

Tentunya CV ini penting untuk dilihat perusahaan yang umumnya melalui HRD sebagai tahap awal, apakah pelamar memenuhi kualifikasi dasar dari perusahaan tentukan.

Seiring berjalannya waktu, bentuk CV pun berkembang yang dulunya dalam bentuk fisik (hard copy), sekarang sudah lebih familiar dengan CV online.

Apalagi di zaman pandemi Covid-19 ini, hampir 90% proses perekrutan kerja dilakukan secara online. Sudah wajib para pelamar untuk mengirimkan CV online.

Nah… bagi kamu pelamar yang bisa saja merupakan fresh graduate atau mahasiswa yang ingin internship, juga orang yang ingin mencari perusahaan baru.

Bagaimana sih membuat dan memaksimalkan CV online?

Berikut ini sudah kami susun dari tim RuangMahasiswa tips, cara dan platform untuk membuat CV online agar lebih maksimal dan menarik.

Langsung di simak aja ya.

1. Susun Informasi secara Berurutan

Ketika ingin membuat CV online, pastikan perhatikan informasi apa saja yang ingin kamu cantumkan.

Mulai dari identitas dasar, riwayat pendidikan, riwayat organisasi, skill dan portofolio, riwayat pengalaman kerja (jika sudah ada) hingga kontak dan media sosial kamu.

Nah, jika ada tersebut disusun, berikut urutannya yang sesuai:

  • Data atau identitas diri berisi nama lengkap, alamat, kontak dan data diri lainnya
  • Riwayat pendidikan, jurusan kuliah, hingga IPK
  • Soft skill dan hard skill
  • Riwayat pengalaman kerja, jika sudah punya karena ini menjadi nilai tambah ketika kamu melamar pekerjaan.
Sumber gambar: resumeprofessionalwriters.com

2. Tonjolkan Skill dan Kompetensi

Mengisi informasi dan data diri saja tidaklah cukup, karena semua kandidat pasti mempunyai ini.

Bahkan pendidikan dan nilai IPK juga untuk saat ini tidak terlalu menarik, karena pelamar yang D3 dan S1 itu juga sudah cukup banyak dan umum.

Namun apa kira – kira yang membuat kamu berbeda dari kandidat lainnya? Pastinya apa skill dan kompetensi kamu yang menonjol, yang cocok untuk bidang kerja yang kamu lamar.

Nah, jadi kamu bisa menonjolkan soft skill dan hard skill yang kamu miliki

Baca juga: TOP 5 Soft Skill dan Hard Skill yang Paling Dibutuhkan Tahun 2021 ke Atas

Misal kamu melamar posisi desainer grafis di sebuah startup atau perusahan teknologi. Kamu bisa mencantumkan prestasi dan kemampuan mu.

Misalnya pernah membuat desain logo untuk perusahaan tertentu, poster untuk acara tertentu, atau memenangkan lomba / kontes desain grafis

Untuk soft skill nya kamu bisa banyak memberikan ide – ide atau gagasan kreatif agar gimana hasil desain untuk publikasi dan branding lebih menarik.

3. Buat CV yang Singkat dan Padat

CV harusnya singkat dan padat. Sebisa mungkin semua informasi bisa dimuat dalam 1 halaman saja.

Maka kamu harus benar – benar memilih informasi yang paling penting untuk tampil di CV onine. Jangan bertele – tele, atau mencantumkan informasi yang tidak berkaitan dengan bidang yang kamu lamar.

Misalnya, kamu ingin menjadi seorang programmer namun memasukkan pengalaman organisasi atau kepanitiaan pernah menjadi ketua bakti sosial atau panitia lomba debat.

Secara konteks, ini kurang berhubungan. Jadi akan lebih baik jika tidak dimasukkan saja

Baca juga: PENTING! Ini Dia Perbedaan CV dengan Portofolio

4. Gunakan Ikon dan Warna Menarik

Nah, selain memuat informasi penting dan menarik. Kamu juga tentunya harus memilih ikon dan warna yang menarik pula.

Terutama dalam pemilihan font juga harus lebih jelas, resmi dan tidak terlalu banyak style. Tapi jangan juga menggunakan font yang terlalu basic dan umum, misalnya Times New Roman.

Dalam pemilihan warna juga, hindari menggunakan warna terlalu banyak dan ramai. Misalnya 4 atau lebih warna berbeda.

Desain yang bagus adalah yang mengkombinasikan 2 – 3 warna saja.

Selanjutnya gunakan lah icon – icon yang menarik, misalnya ingin menampilkan nomor HP kamu, jangan tulis nomor handphone, cukup masukkan icon call, atau ingin menampilkan media sosial facebook, jangan tulis facebook, tapi cukup masukkan icon facebook

Icon – icon ini dapat kamu unduh gratis di flaticon.com

5. Gunakan Website Siap Pakai

Pertanyaan selanjutnya, bagaimana membuat CV online ini agar menarik?

Sebenarnya sudah ada beberapa situs atau website profesional yang menyediakan fitur untuk langsung membuat desain CV yang menarik, dengan template – template yang banyak pilihan.

Jadi bagi kamu juga tidak ada basic desain sangat mudah untuk membuat membuat CV online yang menarik ini dan sangat menghemat waktu. Karena bisa diselesaikan dalam hitungan jam.

Berikut 6 website sebagai platform pembuatan CV online yang kami rekomendasikan:

  1. canva.com
  2. visualcv.com
  3. resume.com
  4. resume.io
  5. novoresume.com
  6. kickresume.com

Baca juga: 8 Tahapan Rekrutmen Kerja dan Tips Menghadapinya

6. Selalu Perbaharui Info CV

Sumber gambar: canva.com

Setelah selesai membuat dan mendesain CV online kamu, sebaiknya update secara berkala. Misalnya perubahan alamat, penambahan portofolio, foto terbaru, hingga pengalaman kerja yang bertambah.

Karena ini akan berguna ketika kamu mengirimkan CV ini untuk lamaran kerja yang baru nantinya, atau untuk ikut program konferensi, studi banding, pelatihan lainnya

Nah… itulah 6 cara membuat dan memaksimalkan CV online buat kamu mahasiswa, fresh graduate, calon intership, pelamar kerja.

Nah, kamu juga bisa membuat website atau blog yang bertema personal branding, yang bisa juga kamu jadikan sebagai CV online. Jadi ketika orang – orang, HRD atau pihak tertentu meminta CV kamu. Kamu hanya perlu mengirimkan situsnya.

Keren kan? jadi tidak perlu lagi mengirimkan file pdf atau gambar. Cukup link aktif saja.

Nah… untuk memulai membuat blog atau website, kamu bisa menggunakan cloud hosting terbaik yang ada di Indonesia, agar nantinya blog atau website kamu aksesnya cepat, dan juga aman.

Semoga artikel ini membantu kamu dalam membuat CV, blog atau website menarik ya. Jangan lupa untuk terus update informasi kamu di website kami ruangmahasiswa.com atau ig @ruangmahasiswa.

Redaksi: Ruang Mahasiswa adalah platform pengembang akademi online dan media informasi untuk mahasiswa dan calon mahasiswa. Wadah bimbingan & konsultasi online masuk SNMPTN, SBMPTN, beasiswa, kegiatan mahasiswa, membahas informasi seputar perkuliahan dan dunia Kampus