Keuntungan dari kegagalan, artikel apa sih ini? Mungkin itu yang terlintas di pikiran kita tapi tunggu dulu. Saya jamin, setelah membaca tulisan saya ini, pasti kamu akan tau ternyata kegagalan itu tidak selamanya buruk.

Gagal, mungkin istilah ini akan membuat kita kecewa. Kenapa tidak? Coba bayangkan apa yang sudah kita impikan dan perjuangkan tiba-tiba gagal. Ooouh, pasti sakit kan? Tapi, apa boleh buat, kegagalan pasti akan selalu ada dalam kehidupan kita tergantung bagaimana setiap individu menyikapinya.

Kegagalan adalah keberhasilan yang tertunda. Mungkin kalimat sebelumnya tidak asing lagi bagi anda.

Nah, tanpa basa-basi lagi, 5 keuntungan yang dapat diperoleh ketika kita gagal itu apa saja ya? Yuk, langsung simak keuntungannya di bawah ini.

1. Ketika Kita Gagal, Terbuka Peluang Besar Untuk Sukses

Kok bisa? Pahamilah bahwa ketika anda gagal bukan berarti anda tidak akan mencoba lagi kan? Contohnya, anak kecil yang belajar berdiri. Anak itu pasti pernah jatuh tapi ia tetap mencoba dan mencoba dan akhirnya dia bisa berdiri, berjalan, dan bahkan berlari.

Jika masih belum puas dengan contoh ini, saya akan kasih contoh yang lain. Banyak orang sukses yang dulunya pernah gagal tetapi mereka tetap bangkit dan mencoba lagi. Contohnya, Thomas Alva Edison. Dia tidak pernah memandang bahwa kegagalan adalah akhir dari segalanya. Jadi, apakah kita mau menjadi seperti Thomas?

Baca juga: Jangan Terlarut Dalam Kegagalan, Bangkitlah untuk Sejuta Mimpi

2. Ketika Kita Gagal, Kita Akan Lebih Objektif Dalam Melihat Kekurangan Diri Sendiri

Lebih Objektif Dalam Melihat Kekurangan Diri Sendiri dan Mengevaluasi DiriJangan beranggapan bahwa kegagalan itu semuanya buruk. Bukan berarti kegagalan itu juga semuanya baik. Akan tetapi, yakinlah bahwa kegagalan adalah sebuah pijakan yang paling tepat untuk membuat kita memahami apa yang sudah kita lakukan.

Apakah yang kita lakukan sudah sesuai prosedur atau memang ada hal-hal yang harus diperbaiki? Intinya, kita harus menjadikan kegagalan ini sebagai bahan evaluasi untuk introspeksi diri dan menjadikan diri kita lebih baik.

Bersahabatlah dengan kegagalan, seberat apapun yang terjadi dalam kehidupan kita, anggaplah itu sebagai pemanis untuk kesuksesan.

3. Kegagalan Akan Membuat Kita Lebih Mengenali Diri

Yakin atau tidak, ketika kita belum mengenali diri sendiri maka kita tidak akan pernah tau impian terbesar dalam hidup kita.

Sebenarnya cara yang mudah untuk membuat kita mengenali diri sendiri adalah dengan gagal dulu. Bukan berarti kita sengaja membuat diri kita gagal ya.

Dengan kegagalan, kita akan lebih tau sampai dimana batas kemampuan kita baik dalam prestasi, berkarya, atau mungkin karir. Bahkan, kita akan memahami sampai kehidupan keluarga kita.

Baca juga: 5 Strategi Membentuk Kepercayaan Diri untuk Mahasiswa Millenial

4. Dengan Gagal, Sikap Rendah Hati Akan Terbentuk

Misalnya, dalam ujian atau perlombaan, ada 2 macam hasil yang bakalan kita peroleh yaitu kesuksesan dan kegagalan.

Terkadang, ketika kesuksesan yang kita dapatkan, kita akan merasa diri kita lebih tinggi daripada orang lain. Tetapi, ketika kegagalan yang kita dapatkan maka kita merasa gelap, memikirkan hal-hal yang bisa membuat kita jadi lebih terpuruk, dan bahkan ada orang yang nekat mengakhiri hidupnya.

Oleh karena itu, kita harus menjadi pribadi yang selalu rendah hati karena orang yang rendah hati akan ditinggikan oleh Tuhan. Ingatlah bahwa bumi ini berputar. Tidak selamanya kesuksesan terus menghampiri kita dan tidak selamanya juga kegagalan yang terus kita rasakan.

Persiapkan diri, jadilah pribadi yang rendah hati. Sikap inilah yang nantinya akan membuat kita tetap bertahan dari setiap goncangan hidup yang datang melanda.

5. Dengan Gagal, Kita Akan Lebih Dekat Dengan Yang Mahakuasa

Lebih Dekat dengan Yang MahakuasaBanyak orang yang beranggapan bahwa kesuksesan yang dia peroleh adalah hasil dari jerih payah sendiri dan bukan merupakan pemberian dari Yang Mahakuasa.

Ketika kita gagal, peluang akan semakin terbuka untuk lebih dekat dengan Yang Mahakuasa. Bisa jadi, ketika kita sukses, waktu kita banyak tersita untuk menjaga integritas atau popularitas yang sudah dibangun.

Jadilah pribadi yang selalu dekat dengan Yang Mahakuasa baik ketika gagal maupun sukses karena dialah yang memberi kehidupan.


Nah itulah 5 keuntungan yang dapat kita peroleh ketika kita gagal.

Jangan pernah merasa rendah ketika kita gagal. Intinya, bagaimana kita dapat bertahan, bangkit, dan semangat lagi untuk terus mencoba.

Terimakasih telah membaca artikel ini. Semoga anda menjadi pribadi yang sukses kedepannya.

Baca juga: Jangan Sedih, Ini 7 Manfaat Jadi Mahasiswa Jomblo