Generasi milenial menjadi salah satu topik hangat dalam perbincangkan dalam era zaman-now, mulai dari cakap-cakap di kedai kopi, diskusi di kampus-kampus yang mengangkat tema generasi millennial, hingga penelitian sosial dan studi tentang generasi millenial di dunia.

Di Amerika studi ini telah banyak dilakukan, diantaranya riset yang dilakukan oleh Boston Consulting Group (BCG) bersama University of Berkley dengan mengangkat tema American Millennials : Deciphering the Enigma Generation, berikutnya ada lagi riset dari Pew Research Center dengan judul Millennials : A Potrait of Generation Next.

Namun pada artikel ini saya bukan membahas isi dan hasil riset tersebut ya teman-teman, anggap saja itu intro atau just information.

Pada artikel ini saya mau membahas bagaimana strategi membentuk kepercayaan diri seorang mahasiswa di era millenial.

Sebelumnya kita juga perlu tahu, beberapa yang menjadi karakteristik mahasiswa milenial.

Mahasiswa millenials tendensi mengabaikan kualitas diri dan tidak terlalu fokus mempersiapkan kualitas diri, sehingga kepercayaan diri mahasiswa tidak terbentuk dan kepercayaan diri semakin terdegradasi.

Baca juga: Penting: Mengetahui Karakter Generasi Milenial

Bung, berat banget sih pembahasannya, baiklah sederhananya gini, kita akan membahas bagaimana agar kamu tampil sebagai mahasiswa yang confident, bermutu dan keren di kampus.

Yeeah, mari langsung kita bahas aja strategi-strategi berikut :

1. Understanding Confidence

Langkah awal membentuk kepercayaan diri kamu adalah dengan memahami bagaimana akibat jika kamu tidak percaya diri dan situasi apa yang membuat kamu merasakan hal tersebut, berikutnya bagaimana jika kamu tampil percaya diri di kampus atau dalam forum-forum publik.

Memahami situasi tersebut dan akibat-akibat yang ditimbulkan kedua hal tersebut dapat memicu dirimu untuk memilih dan melakukan tindakan yang benar dan hasilnya itu merupakan yang kamu harapkan di isi kepalamu.

So, pahami kemudian tentukan pilihanmu!

2. Gunakan Mantra

bagaimana menjadi mahasiswa milenial

Source: unsplash.com

Menggunakan mantra bukan berarti kamu seorang paranormal atau dukun ya!

Mantra yang dimaksud disini adalah  ungkapan positif yang kamu ulang-ulang bagi dirimu sendiri, menguatkan pikiran positifmu dengan penguatan, seperti “Aku mampu melakukannya”, atau “Aku bisa kok”.

Baca: 5 Tips Meningkatkan Kepercayaan Diri

Gunakan mantra tersebut untuk menguatkan potensi yang sebenarnya ada dalam dirimu, lakukan berulang-ulang secara rutin.

Hal-hal tersebut akan memberi penguatan akan kemampuanmu dan kepercayaan dirimu akan semakin terbentuk.

3. Membuat Happy List

Cobalah membuat daftar tentang segala hal baik yang ada di dalam hidup kamu.

Bisa juga berupa kemampuan baik softskill maupun hardskill yang sebenarnya dapat kamu asah dan fokus lakukan selama di kampus.

Menentukan hal ini mungkin terlihat sulit ketika memulai, namun kamu dapat meminta bantuan dari teman kuliah dan juga keluargamu.

Minta mereka untuk menilai potensi dalam diri kamu dan meminta rekomendasi dari mereka.

Daftar hal positif yang telah kamu temukan dan rasa cocok, segera tuliskan dan tempel di ruangan yang setiap hari kamu jangkau dan lihat.

Jika kamu memang mahasiswa milenial banget, kamu dapat membuat daftar tersebut di notepad pada smarthphone-mu.

Hal tersebut akan menjadi pengingat dan fokus yang harus kamu lakukan setiap hendak berkegiatan ke kampus maupun sedang berada di ruangan tersebut.

Tentunya biar hal-hal positif tersebut masuk dalam dirimu, dan kamu harus tetap confident pada happy list yang telah kamu buat.

4. Tegakkan badanmu, kemudian berbicara dengan sungguh-sungguh

Mahasiswa milenial cenderung memerosotkan badan saat duduk atau membungkukkan pundak ketika berdiri dan menunduk terlalu lama pada gadget.

Jika kamu masih terjebak pada keadaan seperti itu, segera tegakkan! Memperbaiki posturmu dapat secara langsung membuat orang lain melihat kamu lebih positif dan percaya diri.

Penelitian menunjukkan hal tersebut juga mengarahkan pada percaya diri dalam bepikir dan mood yang lebih baik.

Mahasiswa milenial, segera busungkan dadamu dan tegakkan kepalamu, maka kamu akan terlihat dan lebih merasa yakin dan siap.

tips menjadi mahasiswa milenial

Source: unsplash.com

Berikutnya, kamu harus juga bertindak percaya diri. Tindakan yang bisa kamu lakukan yaitu berbicara dengan sungguh-sungguh, nada suara yang kamu pakai ketika berbicara dengan orang lain akan menunjukkan apakah kamu percaya diri atau tidak.

Jika kamu dalam suatu forum diskusi mahasiswa dengan jelas memperlihatkan ke pendengar bahwa kamu gugup, seperti suara tidak jelas, atau berbicara terlalu cepat atau diam, mereka akan cenderung tidak menganggap kamu serius.

Pakailah nada yang lebih dalam, pelan dan suara menunjukkan bahwa kamu merasa tenang dan percaya diri, serta mengerti apa yang sedang kamu bicarakan.

Hal ini tentu akan berguna ketika berbicara di depan public, seperti sewaktu kamu presentasi hasil penelitian didepan dosen dan teman-temanmu.

5. Bersiap untuk hari besok

Kamu bisa membuat perencanaan hal –hal yang akan kamu lakukan dan tetap terorganisir.

Menetapkan tujuan dan melakukan tindakan yang mengarah pada tujuan yang telah kamu buat sehingga kamu merasa sedang berjuang untuk melangkah pada suatu rasa pencapaian.

Jika kamu tidak terorganisir dalam bertindak, hal ini akan mengacaukan tingkat percaya dirimu.

Seperti tekanan deadline tugas kuliah, rapat organisasi dan tugas kelompok yang menumpuk, hal ini akan membuat kamu meragukan kemampuanmu dalam menangani sesuatu.

Cara sederhana mengurangi perasaan tertekan ini adalah dengan merencanakan dan mempersiapkan sesuatunya terlebih dahulu.

Baca : 5 Kemampuan yang Harus Dimiliki Generasi Millennial di Era Digital

Seperti memastikan jadwal perkuliahanmu dan jadwal rapat organisasimu atur sebaik mungkin, melihat jadwal transportasi umum supaya kamu tidak buru-buru dan telat tiba di kampus jika kamu pengguna transportasi umum.

Atau bahkan kamu harus membuat daftar tugas yang ingin kamu selesaikan setiap harinya, sehingga semuanya terencana.

Mengambil langkah ini dapat memberikan dirimu percaya diri lebih dalam bertindak dan menyelasaikan tugas dan tanggung jawabmu.


Nah, itulah strategi-strategi yang dapat kamu terapkan selaku mahasiswa milenial yang cerdas dalam membentuk kepercayaan dirimu.

Penulis : Monides Sagala
Seorang anak petani kopi tinggal di Sumatera Utara, pernah jadi mahasiswa USU.
Instagram : @monidessagala