Coba kamu sebutkan siapa saja orang yang tidak pernah GAGAL. Jawabannya TIDAK ADA. Kegagalan sudah merupakan menjadi bagian hidup, suatu hal yang selalu mengintai di mana kita berada, selalu ada di belakang kita saat kita melangkah. Ketika kita tidak siap, maka ia akan hadir.

Baca: Merry Riana, Dampak Positif untuk Satu Juta Orang

Nah, kamu semua yang membaca artikel ini sudah yakin dan tahu bahwa kegagalan pasti dirasakan oleh setiap orang, namun mengapa kamu masih saja terlarut dalam kegagalanmu?

Pastinya dalam setiap rencana, langkah dan gerakan pasti kamu selalu mengharapkan suatu keberhasilan. Namun apa daya, toh keberhasilan dan kegagalan ibarat koin. Jika tidak keberhasilan yang muncul ke permukaan maka itu adalah kegagalan.

Jadi intinya jika kamu mendapat suatu kegagalan, bukan berarti kamu harus terlarut, harus merenungi nasibmu dan kecewa atas dirimu sendiri.

Kegagalan memberikan pesan kepadamu bahwa kamu adalah orang yang harus berusaha 2 kali lipat dibandingkan orang yang berhasil, orang yang harus memiliki semangat lebih tinggi untuk melangkah dan orang yang harus punya hati sekuat baja untuk bersabar.

Kamu yang sudah dewasa, sudah seharusnya menentukan pilihan untuk selanjutnya, mengambil langkah yang terbaik menurut kamu.

Baca: 5 Kunci Kesuksesan Sundar Pichai menjadi CEO Google

Sekarang coba renungkan pertanyaan ini.

Apakah kegagalan adalah kesalahan terbesarmu? Apakah kegagalan adalah akhir dari cerita masa depanmu?

TIDAK, sangat jelas TIDAK. Kamu yang saat ini gagal pasti akan memiliki semangat yang lebih tinggi untuk melangkah lebih jauh lagi. Jangan terlalu menyalahkan diri sendiri, merasa BODOH, merasa KECIL dan merasa kalah bersaing.

Tentunya kegagalan bukanlah akhir dari sebuah cerita, karena masih banyak lembaran – lembaran baru yang bisa kamu ukir, karena sejatinya kegagalan itu adalah hak semua orang.

Seperti yang dikatakan di atas tadi bahwa, tidak ada orang yang tidak pernah gagal. Orang sukses sekalipun pasti pernah gagal. Siapa saja orang – orang sukses dan terkaya di dunia pasti sudah lelah dari kegagalan, tetapi mereka belajar dari kegagalannya tersebut dan bahkan kesuksesan mereka adalah buah dari kegagalan.

Kuncinya adalah karena mereka selalu berusaha memperbaiki diri dari kegagalan mereka.

jangan takut gagal

Contoh sederhananya saja, di waktu masih bayi, di saat kita belum bisa bicara, kita pernah kok gagal untuk ratusan kali hanya untuk menyebutkan kata “mama”.

Baca kisah inspiratif ini: Pemulung Ini Ingin Lanjut S3 di Luar Negeri

Nah, masa sih karena gagal 1 atau 2 kali saja kamu langsung menyerah?

Intinya ketika mendapat kegagalan, berusahalah untuk berbesar hati dan berpikir bahwa kegagalan itu adalah pelajaran hidup.

Kemudian belajarlah dari kegagalan tersebut bahwa kamu harus lebih baik dari itu. Kemudian lakukan persiapan yang matang untuk langkah selanjutnya.

Jadi intinya gagal tidak akhir dari segalanya, tetapi niat dan semangat tinggi akan menentukan langkah kamu ke depan.

So, masih saja duduk merenungi kegagalan atau pilih berdiri dan mulai melangkah untuk menentukan masa depan yang tepat menurut kamu.

Silahkan, stir mobilnya sekarang ada di tanganmu.