Mungkin ada beberapa faktor yang membuat kita akhirnya harus bekerja di bidang yang tidak sesuai dengan jurusan kita. Bahkan, menurut sebagian orang hal ini adalah hal yang tidak menguntungkan. Tapi tunggu dulu seperti ada istilah yang mengatakan dibalik suatu kejadian pasti ada hikmah yang bisa diambil. Nah, apa saja keuntungan yang bisa kita dapatkan ketika kita bekerja tidak sesuai dengan jurusan kita?

Punya Skill atau Kemampuan Baru

Punya Skill atau Kemampuan BaruPercaya atau tidak, pastinya kita akan memiliki skill atau kemampuan baru yang berbeda dari jurusan kita sebelumnya.

Contohnya, dulu kuliah di jurusan pertanian. Namun, karena pekerjaan yang sesuai dengan jurusan kita tidak kunjung datang, akhirnya kamu memilih pekerjaan lain. Contohnya, menjadi guru les privat.

Intinya, pekerjaan ini bukanlah lari dari kenyataan. Kamu dapat mengembangkan skill kamu menjadi seorang pendidik apalagi jika kamu adalah anak tertua dari keluargamu. Otomatis kamu memiliki lebih banyak peluang untuk menjadi seorang guru yang baik.

Baca juga: 5 Kemampuan yang Harus Dimiliki Generasi Millenial di Era Digital

Pola Pikir Menjadi Lebih Luas

Bekerja tidak sesuai jurusan saat kuliah akan membuka cara pandang kita dan tentunya akan membuat pola pikir kita menjadi lebih luas.

Misalnya, pada saat kuliah kamu mengambil jurusan di bidang kesenian yang biasanya cenderung lebih santai dan cuek dalam hal berpenampilan. Contohnya, dalam hal berpakaian dan mungkin rambut yang sering acak-acakan.

Nah, setelah bekerja di sebuah perusahaan maka kamu akan dituntut untuk berpenampilan rapi. Kamu bukan saja mendapatkan pengalaman baru atau pandangan baru tetapi pola pikirmu juga akan lebih luas.

Seseorang pernah berkata bahwa pekerjaan yang baik itu adalah pekerjaan yang bisa membuat kita tahu bahwa masih ada dunia di luar sana yang belum kita lihat sebelumnya. Jadi, jangan pernah menutup diri dari hal-hal baru yang membuat pola pikir kita menjadi lebih luas.

Mengasah Bakat Yang Terpendam

Mungkin pada saat kuliah kamu hanya fokus pada satu bidang saja sehingga kamu tidak sadar ternyata kamu memiliki bakat lain yang masih terpendam dalam diri kamu.

Nah, siapa tahu pekerjaan yang tidak sesuai dengan jurusanmu ini adalah jalan kamu menemukan bakat itu dan mengembangkannya. Jadi tetaplah berfikir positif , bukankah Tuhan telah merancang segala sesuatu boleh terjadi dalam hidup kita untuk kehidupan yang lebih baik?

Bisa Jadi Batu Loncatan Menuju Impian Kamu

Bisa Jadi Batu Loncatan Menuju Impian KamuJangan langsung berkecil hati dan merasa impian kamu menjadi hancur ketika kamu bekerja tidak sesuai dengan jurusan kamu. Karena bisa saja pekerjaan kamu saat ini adalah sebuah batu loncatan menuju mimpi kamu sebelumnya atau mimpi yang sudah lama kamu idam-idamkan.

Contohnya, dulu kamu adalah mahasiswa jurusan IT dan berharap menjadi seorang programmer yang hebat dan handal. Tapi nyatanya, sekarang kamu malah bekerja sebagai seorang guru matematika yang dapat dikatakan sangat jauh dari mimpi kamu.

Tetapi jangan langsung bersedih. Bisa saja kamu membuat sebuah program yang berkaitan dengan matematika. Ini akan berguna untuk pendidikan atau setidaknya dapat membantu kamu dalam mengajar matematika.

Baca juga: Jangan Terlarut Dalam Kegagalan, Bangkitlah untuk Sejuta Mimpi


Nah itulah 4 keuntungan yang dapat kita miliki ketika kita bekerja tidak sesuai dengan jurusan kita sebelumnya. Jadi, jangan bersedih ya. Intinya, jangan pernah menyerah dan jangan pernah berhenti untuk bermimpi. Selalu bersyukur untuk apa yang masih boleh terjadi dalam kehidupan kita. Tetap semangat karena semua akan indah pada waktunya.

Hosting Unlimited Indonesia

Baca juga: 7 Hal yang Dapat Dilakukan Mahasiswa Jika Salah Jurusan