Kamu mahasiswa semester berapa nih, guys? Atau, kamu mahasiswa baru alias Maba? Selamat ya buat kamu mahasiswa baru, selamat datang di dunia kampus.

Mahasiswa selalu berusaha dapat beasiswa, kenapa?

Mahasiswa atau pun calon mahasiswa mungkin menyadari bahwa salah satu penghambat mimpi untuk kuliah karena aggapan tentang mahalnya uang kuliah. Tak jarang orang untuk menutup keinginanya untuk kuliah hanya karena ketidaksanggupan untuk memenuhi kebutuhan kuliah

Namun, saat ini ternyata tidak harus demikian, karena beasiswa sekarang banyak yang bisa kamu coba dan dapatkan.

Beasiswa memang menjadi salah satu alternatif yang dapat membantu proses pendidikan mahasiswa dengan segala jenis beban biaya pendidikan.

Baca: 7 Langkah Mendapatkan Beasiswa Kuliah

Bukan hal yang mengherankan lagi banyak mahasiswa yang selalu cari informasi dan mencoba banyak jenis beasiswa.

Beasiswa BUMN merupakan salah satu beasiswa yang boleh kamu coba, nih guys!

Kali ini, kami memberikan informasi beasiswa yang disediakan oleh Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk kamu agar proses perkuliahan kamu semakin lancar.

Jenis – jenis beasiswa BUMN di bawah ini boleh kamu jadikan dapatkan, yaitu:

1. Beasiswa Pertamina

Beasiswa Pertamina adalah beasiswa dari BUMN bidang minyak bumi dan gas, yaitu program beasiswa yang diperuntukkan buat kamu mahasiswa on-going yang saat ini sudah berada di semester 5 di perguruan tinggi yang menjadi mitra Beasiswa Pertamina.

Beasiswa ini dibagi menjadi dua jenis, yaitu:

  • Beasiswa Pertamina Sobat Bumi buat kamu yang kuliah di perguruan tinggi yang ada di Indonesia bagian Barat dan Tengah,
  • Beasiswa Pertamina Inspirasi Indonesia buat kamu yang kuliah di Indonesia bagian Timur.
Fasilitas  yang didapatkan para penerima program Beasiswa Pertamina Sobat Bumi adalah:
  • Bantuan UKT maksimal sebesar Rp 5.000.000/ semester
  • Bantuan biaya hidup sebesar Rp 500.000/bulan

Untuk lebih jelasnya, pastikan dulu apakah kampus kamu termasuk mitra beasiswa ini ya, guys!

Untuk informasi selengkapnya, kamu bisa cek di beasiswa.pertaminafoundation.org

2. Beasiswa Bank Mandiri

Saat ini, banyak bank yang mengadakan program beasiswa untuk mahasiswa, salah satunya Bank Mandiri. Gak asing lagi, dong dengan perusahaan yang satu ini.

Program ini dikhususkan bagi kamu mahasiswa aktif minimal semester 2 yang kurang mampu secara finansial. Namun untuk apply beasiswa ini, kamu harus melengkapi beberapa berkas yang merupakan syarat pelamarbeasiswa.

Kamu akan dapat tunjangan setiap semester yang akan membantu kamu selama periode satu tahun akademik.

Ingin tahu lebih lanjut? Kamu bisa cek di website resminya csr.bankmandiri.co.id

3. Beasiswa BRI

beasiswa bumn nusantara cerdas BCN

Source: quipper.com

Selain Bank Mandiri, BRI juga menjadi salah satu bank BUMN yang mengadakan program beasiswa, yaitu Beasiswa Nusantara Cerdas (BCN).

Beasiswa ini diperuntukkan buat kamu yang sedang menempuh pendidikan di universitas terkemuka di pulau Jawa, seperti UGM, ITB, dan beberapa universitaslainnya.

Apa yang akan kamu dapat jika apply beasiswa ini?

Bank BRI akan memberikan bantuan finansial untuk menunjang biaya pendidikan selama 4 tahun, biaya pengembangan diri, biaya hidup, serta perlengkapan kuliah untuk mahasiswa yang mendapatkan beasiswa.

Baca: 8 Beasiswa Bergengsi Luar Negeri Paling Diburu Pelajar Indonesia

Selain untuk mahasiswa di pulau Jawa, BCN pada tahun ini diberikan untuk untuk mahasiswa berpretasi dari daerah kategori 3T (Terdepan, Terpencil, dan Terluar), serta peraih nilai UN terbaik di Indonesia.

Mekanisme perekrutan Beasiswa Indonesia Cerdas dilaksanakan melalui 19 kanwil BRI di seluruh Indonesia yang ditunjuk sebagai Unit Kerja Pelaksana.

Masing-masing kantor wilayah akan melakukan pemilihan 80 hingga 140 mahasiswa berprestasi dengan Index Prestasi (IP) minimal 3.00  dari skala 4.00.

Selanjutnya untuk mahasiswa terpilih akan diberikan bantuan pendidikan sebesar Rp. 5.000.000 selama masa pendidikan berlangsung (Update: Mei 2019). Cek info selengkapnya di sini

4. Beasiswa Bank Indonesia

Beasiswa ini adalah salah satu beasiswa BUMN bergengsi yang dapat kamu coba, sobat!

Mengapa?

Karena nominal yang diberikan cukup tinggi, yaitu berkisar Rp750.000,00 sampai dengan Rp1.000.000,- per bulan.

Yakin gak tertarik?

Namun, beasiswa ini diperuntukkan buat kamu mahasiswa kurang mampu secara finansial, memiliki IPK minimal 3, dan sedang menempuh pendidikan di perguruan tinggi yang bermitra dengan Bank Indonesia.

Ayo cari tahu apakah kampus kamu termasuk mitra mereka, tanyakan pada bagian kemahasiswaan di kampus kamu, ya guys! Hopefully, you’ll get it!

5. Beasiswa APERTI BUMN

beasiswa aperti bumn kuliah mahasiswa

Source: siedoo.com

Selain untuk mahasiswa, banyak juga beasiswa yang diprogramkan khusus buat kamu lulusan SMA/MK yang berminat untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi, salah satunya Beasiswa APERTI BUMN (Aliansi Perguruan Tinggi Swasta Berbasis Badan Usaha Milik Negara)

Beasiswa ini diperuntukkan buat kamu yang ingin menjadi mahasiswa di universitas – universitas APERTI BUMN. Kamu yang lulus beasiswa ini akan mendapatkan beasiswa penuh selama 4 tahun, loh!

Tunggu apalagi, cek informasi selengkapnya di beasiswa.apertibumn.id


Nah, 5 beasiswa dari BUMN di atas ini adalah beasiswa yang wajib dicoba oleh kamu pengejar beasiswa. Semakin bergengsi beasiswa nya, biasanya syarat yang diajukan juga akan lebih bergengsi.

Baca: Jenis Beasiswa di Perguruan Tinggi yang Perlu Kamu Tahu

Yang terpenting adalah kamu mencoba terlebih dahulu. Gagal dan tidak diterima itu biasa. Jangan menyerah, sobat! Banyak beasiswa yang dapat kamu coba, kepoin terus informasi beasiswa dari internet maupun dari lingkungan kampusmu.

Kemudian jika kamu sudah dapat beasiswanya, silahkan lebih giat lagi untuk belajar dan meraih prestasi sebanyak – banyaknya. Buktikan kalau kamu adalah kandidat yang layak mendapatkan beasiswa itu.

Lakukan yang terbaik untuk mendapatkan yang terbaik. Wish you luck, guys!