Halo sobat mahasiswa dan pelajar di seluruh Indonesia !

Bagaimana kabarmu dan perkuliahanmu ? Semoga baik-baik saja dan selalu lancar ya.

Dalam artikel kali ini kami akan memberikan informasi mengenai platform LinkedIn. Apa sih platform Linkedin itu?

LinkedIn pada dasarnya adalah media sosial. Namun, berbeda dengan media sosial yang lainnya karena LinkedIn digunakan dengan tujuan yang khusus, yaitu meningkatkan profesionalitas pengguna di bidang karir dan pekerjaan.

Atau dengan kata lain, “memasarkan/mempromosikan” diri kamu kepada perusahaan ataupun para profesional melalui media sosial.

Melihat sejarah LinkedIn bisa dikategorikan media sosial yang cukup lama kehadirannya. LinkedIn mulanya didirikan oleh Reid Hoffman pada tahun 2002, dan resmi diluncurkan pada 5 Mei 2003.

Pada tahun 2006, LinkedIn diakses kurang lebih 20 juta orang. Pada tahun 2007 LinkedIn memiliki lebih dari 14 juta pengguna terdaftar, diantaranya 150 perusahaan industri dan lebih dari 400 bidang ekonomi.

Pada tahun 2013, LinkedIn melaporkan telah memiliki pengguna aktif lebih dari 259 juta yang tersebar di 200 negara di dunia.

Nah, bagi kamu para mahasiswa, LinkedIn ini memiliki manfaat dan bisa membantu kamu dalam beberapa hal dibidang persiapan kerja, karir dan lainnnya

Apa saja manfaat yang bisa kita peroleh dari LinkedIn?

Mari kita simak 5 manfaat LinkedIn untuk mahasiswa di bawah ini!

1. Mencari dan Mendaftar Organisasi, Relawan dan Tempat Magang

Sumber gambar : unplash.com

Dalam LinkedIn banyak sekali referensi yang bisa di temukan yang membantu mahasiswa.

Bagi kamu mahasiswa yang ingin produktif dengan cara ingin menjadi bagian organisasi ataupun relawan / volunteer, LinkedIn adalah salah satu wadah yang tepat untuk menjawab kebutuhanmu tersebut.

Tidak sedikit informasi mengenai oprec relawan ataupun organisasi di LinkedIn yang bisa kita dapatkan.

Namun, itu tergantung pada dirimu dengan cara aktif terhubung dengan para profesional yang memiliki background dengan kebutuhanmu tersebut.

Untuk kamu mahasiswa yang bingung mencari tempat magang / internship untuk kebutuhan akademik kamu, LinkedIn juga menjadi salah satu wadah yang tepat untuk hal itu.

Dengan aktif terhubung dengan akun para HR, perusahaan, instansi ataupun para profesional tentunya sangat memudahkan pencarian mu ataupun kamu bisa dengan mencari dengan menggunakan key keyword di pencarian LinkedIn.

2. Memperluas Jaringan Relasi (Networking)

Pengguna LinkedIn pada umumnya adalah profesional dari perusahaan dan para pencari kerja.

Jika sejak mahasiswa sudah aktif di LinkedIn tentunya relasi yang kita dapatkan ketika lulus akan sangat banyak dan bisa membantu ketika melamar kerja nanti.

LinkedIn hampir digunakan di seluruh penjuru wilayah Indonesia dan internasional, kamu juga bisa menggunakan LinkedIn sebagai wadah menambah relasi teman dan sebagai wadah diskusi.

Baca juga: 7 Tips Anti Pengangguran untuk Fresh Graduate

3. Mempelajari Banyak Ilmu Seputar Dunia Kerja

Ketika kamu terhubung dengan banyak para profesional di LinkedIn kamu akan mendapat sangat banyak ilmu yang bisa mengupgrade dirimu.

Para profesional di LinkedIn seringkali memberikan tips dan trik di berbagai bidang pekerjaan yang mereka teknuni

Misalnya tips wawancara dengan HRD, persiapan berkas lamaran, cara membuat CV yang baik, contoh soal psikotest, cara negosiasi gaji hingga membagikan pengalaman hidup pribadi mereka dalam menjalani karir profesional.

Dari informasi yang didapatkan tersebut secara tidak langsung kamu sudah tertempa menjadi pribadi yang lebih siap ketika lulus nanti ingin melamar kerja.

4. Menjadi Wadah untuk Personal Branding 

manfaat linkedin untuk mahasiswa
Sumber gambar: unsplash.com

Di LinkedIn, kamu bisa melakukan personal branding terhadap dirimu karena ada menu tampilan yang bisa kamu isi dengan pencapaian dan prestasi yang pernah kamu capai.

Kamu bisa mencantumkan riwayat pendidikan, organisasi, pekerjaan, relawan, pelatihan, portfolio, atau skor tes TOEFL, dll. 

Ketika kamu mencamtumkan pencapaian dan prestasi bisa membuka peluang, kemungkinan kamu akan dilirik oleh para HRD perusahaan yang melihat profile kamu.

Dalam LinkedIn kamu juga bisa mencantumkan portofolio karya yang pernah kamu buat, di antaranya artikel, poster, video, infografis, dll. 

Baca juga: 9 Tips Persiapan Karier sejak masih Kuliah

5. Wadah Investasi Ketika Lulus Nanti

LinkedIn menjadi wadah investasi?

Investasi yang dimaksudkan adalah usaha untuk mempersiapkan diri untuk karir yang gemilang.

Melalui 4 penjelasan di atas, LinkedIn akan sangat membantu mahasiswa dalam perkuliahan dan juga ketika lulus nanti.

Beberapa orang beranggapan investasi terbaik adalah relasi. Nyatanya, kalimat tersebut benar adanya dalam kehidupan pekerjaan, tentunya tidak meninggalkan usaha pencapaian dan prestasi.

Sangat banyak orang yang aktif dalam LinkedIn karena melihat tingkat potensi yang di berikan oleh LinkedIn untuk kesempatan yang baik dalam proses pekerjaan mereka.


Nah, bagaimana sobat Ruang Mahasiswa mengenai penjelasan dari 5 manfaat LinkedIn untuk mahasiswa di atas?

Ya, banyak sekali manfaat menggunakan LinkedIn untuk mahasiswa yang aktif menggunakannya.

Semoga, melalui artikel ini kamu bisa mempertimbangkan untuk membuat akun LinkedIn dan juga aktif di LinkedIn ya, sobat!


Penulis Jeki Anderson Nababan
Mahasiswa Politeknik Ahli Usaha Perikanan

*Artikel ini telah ditulis berdasarkan banyak referensi yang bersumber dari media online terpercaya