Kosakata atau vocabulary adalah salah satu komponen penting dalam pembelajaran bahasa, maka tak heran jika seorang bayi akan diajarkan kosakata terlebih dahulu sebelum diajarkan tata bahasa. 

Bayangkan saja jika sobat diminta untuk membuat sebuah kalimat dalam bahasa asing tetapi tidak ada satu kata pun yang sobat ketahui. 

Oleh karena itu, kali ini kami merangkum 7 tips untuk menambah kosakata bahasa Inggris kamu makin bisa meningkatkan kemampuan bahasa Inggris kamu.

Yuk baca dan ketahui lebih lanjut di bawah ini!

1. Baca, Baca, dan Baca

Semakin banyak bahan bacaanmu, maka semakin banyak pula kosakata yang kamu miliki. Tak hanya itu, dengan membaca kamu juga mengerti konteks dan pemakaian suatu kata.

Kamu bisa mulai dari bacaan ringan seperti majalah, artikel, blog, atau novel ringan yang berbahasa Inggris. Cari bacaan yang sesuai dengan minatmu, agar kegiatan membacamu terasa lebih menyenangkan.

Jika kamu tertarik dengan novel romance, kamu bisa coba membaca The Fault in Our Stars, If I Stay, atau To All the Boys I’ve Loved Before.

Kalau kamu menyukai novel fiksi ilmiah atau sci-fi, kamu bisa mencoba The Hunger Games atau Divergent. Dengan memiliki banyak bahan bacaan, pasti akan selalu ada kata baru yang kamu temukan.

Baca juga: 5 Website Berbahasa Inggris yang Wajib Dibaca oleh Mahasiswa

2. Gunakan Kamus dan Tesaurus 

menambah kosakata bahasa inggris
Sumber gambar: pexels.com

Jika kamu menemukan kata yang tidak kamu ketahui maknanya, jangan mager untuk mengecek di kamus, ya!

Apalagi sekarang kamu bisa mengakses kamus digital dengan mudah, bahkan sekarang sudah tersedia kamus versi daring dan luring seperti Google Translate misalnya.

Mungkin kamu pernah mendengar kamus bilingual dan kamus monolingual.

Nah, bagi kamu yang berada di tahap pemula, menggunakan kamus bahasa Inggris bilingual akan lebih cocok, ini dikarenakan kamus bilingual adalah kamus dua bahasa yang menyediakan terjemahan bahasa Indonesia.

Sedangkan untuk kamu yang sudah berada di tahap menengah, kamu bisa menggunakan kamus bahasa inggris monolingual seperti Oxford Learner’s Dictionary, Cambridge Dictionary, Merriam-Webster Dictionary, dsb.

Ini dikarenakan kamus-kamus tersebut tidak menyediakan terjemahan bahasa Indonesia tetapi menyediakan penjelasan makna kata yang lebih komprehensif dalam bahasa Inggris.

Selain menggunakan kamus, kamu juga bisa menggunakan tesaurus.

Tesaurus adalah sebuah buku dengan kumpulan sinonim

Tesaurus dapat membantumu menemukan daftar kata yang saling berhubungan, misalnya sinonim dan antonim.

3. Satu Kata (atau Lebih) Setiap Hari 

Buatlah rutinitas untuk membaca satu bacaan singkat dalam bahasa Inggris setiap harinya kemudian buat daftar kata bahasa Inggris dan terjemahannya dalam bahasa Indonesia.

Jika kamu menggunakan kamus digital, kamu bisa membuka bagian “word of the day” lalu salin kata tersebut ke buku catatanmu.

Bayangkan, kalau kamu mengumpulkan 3 kata tiap harinya, kamu akan memperoleh sekitar 90 kata baru dalam sebulan.

Baca juga: 7 Alasan PENTING Menguasai Bahasa Inggris di Era Digital

4. Menciptakan Suasana Lingkungan Belajar

Mungkin kamu pernah mendengar saran “Kalau ingin cepat lancar berbahasa asing, kamu perlu tinggal di negara tersebut.”

Ini karena kamu berada di lingkungan yang mengharuskan kamu menggunakan bahasa tersebut setiap hari. Namun, masih ada cari lain yang bisa kamu lakukan selain tinggal di negara asing.

Kamu bisa mulai mengkondisikan lingkungan belajar bahasa Inggris dengan memperbanyak bacaan bahasa Inggris, menonton film bahasa Inggris, mendengarkan lagu bahasa Inggris, atau menyetel bahasa sistem smartphone-mu ke bahasa Inggris.

Selain itu, kamu juga bisa memasukkan kata kunci dalam bahasa Inggris ketika searching di internet.

Contohnya, kamu sedang mencari resep roti di internet. Kalau biasanya kamu memasukkan kata kunci “resep roti”, kali ini kamu bisa memasukkan kata kunci “bread recipe”. 

Dengan begitu, hasil yang muncul adalah resep roti dalam bahasa Inggris. Cobalah terapkan kebiasaan ini, agar kamu mendapat banyak kosakata baru dan terbiasa untuk memakainya dalam kehidupan sehari-hari.

5. Menempatkan Kata sesuai Konteks

Apakah kamu pernah kesulitan menghafal sebuah daftar kosakata dalam bahasa Inggris? Jika kamu pernah mengalaminya, hal itu sangat wajar.

Membaca dan menghafal daftar kosakata tanpa contoh  bisa menjadi terlalu abstrak dan sulit diingat. 

Cobalah buat sebuah kalimat dari kata tersebut.

Misalnya, kamu menemukan kata epitaph yang memiliki arti “sesuatu yang tersisa untuk mengingatkan masyarakat pada suatu tokoh atau peristiwa tertentu”, mungkin makna kata ini agak abstrak dan sulit diingat.

Nah, kamu bisa mengembangkan kata epitaph tersebut menjadi “this slum village is an epitaph to the housing policy”. Dengan begitu, kamu dapat memahami dan mengingat makna kata epitaph dengan lebih mudah. 

Kebiasaan ini nantinya juga bisa meningkatkan kemampuan menulismu dalam bahasa Inggris loh.

6. Mencari Metode yang Cocok

Setiap orang memiliki cara / metode belajar masing-masing. Oleh karena itu, jangan ragu untuk mencoba berbagai metode belajar.

Kamu bisa mulai dari flashcard, scrabble, boggle, anagram, aplikasi belajar bahasa inggris, post-it, sampai buku kosakata bahasa inggris. 

Namun, yang perlu kamu ingat adalah latihan secara konsisten, ingat pepatah practice makes perfect. Cobalah menyisihkan waktu setidaknya 3 kali dalam seminggu.

Bahkan, sekarang kamu juga bisa bermain scrabble atau flashcard menggunakan handphone

Baca juga: 6 Kursus Online Bahasa Inggris Terbaik

7. Belajar secara Interaktif

menambah kosakata bahasa inggris
Sumber gambar: unsplash.com

Hal yang tak kalah penting adalah memperbanyak latihan kosakata melalui semua indra kita.

Jika di poin sebelumnya kita sudah membahas tentang pembuatan contoh kalimat, kali ini kamu perlu mendengarkan pengucapan kata tersebut dan mengulanginya.

Misalnya, kamu menemukan kata “illusion”, coba dengarkan pronunciation kata tersebut kemudian ikuti dan ucapkan kembali kata tersebut dengan lantang.

Dengan cara ini, kamu akan lebih familiar dengan kata tersebut karena kamu tidak hanya melihat tulisannya, tetapi juga mendengar dan mengucapkannya.

Nah, kalau kamu sudah merasa lebih percaya diri, kamu bisa mengajak temanmu untuk berlatih percakapan singkat dalam bahasa Inggris.


Itu dia beberapa tips yang bisa kamu coba untuk menambah kosakata bahasa Inggris. Jangan ragu untuk mencoba dan tetap semangat untuk berlatih ya.

Untuk menambah kosakata bahasa Inggris secara efektif, diperlukan konsistensi. Ingat pepatah consistency is key!


Penulis Felicia
Mahasiswi Sastra Inggris – Universitas Kristen Krida Wacana

*Artikel ini telah ditulis berdasarkan banyak referensi yang bersumber dari media online terpercaya seperti britishcouncilfoundation.id, badanbahasa.kemdikbud.go.id, ef.co.id, masterclass.com, ruangguru.com