Hai, pelajar di seluruh Indonesia! Memasuki tahun ajaran baru memang perlu banyak persiapan yang ekstra, ya. Mengingat kegiatan belajar-mengajar di semester depan bisa saja masih melalui jarak jauh karena pandemi.

Penting sekali bagi pelajar mulai mempersiapkan diri agar mampu meningkatkan nilai akademiknya, salah satunya dengan berlangganan di aplikasi belajar online terbaik di Ruangguru.

Ruangguru merupakan salah satu platform belajar online unggulan yang menyediakan guru berkompeten, dan materi yang mudah dipahami.

Bukan hanya itu, Ruangguru pernah menjadi satu aplikasi belajar online terpopuler dalam ajang Indonesia Google Play User’s Choice Award 2018, lho.

Saat ini, Ruangguru memiliki banyak produk berkualitas yang dapat membantu anak dalam belajar, salah satunya Ruangbelajar.

Nah, untuk mengenal Ruangbelajar lebih dalam, lihat penjelasan lebih lengkapnya berikut ini!

Belajar Online Lebih Mudah di Rumah dengan Ruangbelajar

Ruangbelajar merupakan salah satu produk unggulan dari Ruangguru. Program Ruangbelajar dari Ruangguru ini bisa menjadi teman belajar online terlengkap untuk siswa semua jenjang pendidikan dari SD, SMP, SMA dan SMK.

Ruangbelajar menawarkan pembelajaran interaktif melalui video, dan juga menyediakan bank soal untuk persiapan ujian UTS, UAS hingga UTBK.

Buat yang khawatir terkendala gangguan sinyal, tenang saja ya. Karena Ruangbelajar menyediakan fasilitas ribuan materi yang dapat diunduh dan di-print.

Baca juga: Dengan 9 Layanan Ini, RuangGuru menjadi SuperApp Belajar Online

Bukan hanya itu saja lho, tersedia juga rangkuman dari setiap materi yang disajikan menarik secara visual yang tentunya dapat diunduh.

Fitur-fitur Ruangbelajar dari Ruangguru

Ruangbelajar dari Ruangguru ini sangat membantu orangtua lho. Kehadiran produk ini mampu membantu siswa-siswi untuk belajar mandiri dengan berbagai fitur menarik di dalamnya.

Sebelum Anda memutuskan untuk memilih fitur apa yang dibutuhkan, alangkah baiknya Anda perlu berkenalan dulu dengan berbagai fitur yang ditawarkan oleh Ruangbelajar.

1. Ruangguru PET

Sumber: www.ruangguru.com

Ruangguru PET merupakan salah satu fitur andalan di mana nantinya pengguna akan ditemani oleh 3 karakter hewan lucu.

Menariknya, ketiga karakter imut ini dapat dipilih sesuai dengan keinginan pengguna. Apa saja karakter tersebut? 

  • Candra: si Burung Cendrawasih yang tinggal di hutan rimbun.
  • Modo: komodo purba yang hidup dan tinggal di pulau terpencil.
  • Harry: harimau unik yang tinggal di hutan Sumatra.

Fitur tersebut pastinya membuat anak-anak semakin betah belajar dengan cara yang menyenangkan. Hal ini juga memudahkan orangtua mengikuti kemajuan belajar anaknya.

2. Dafa dan Lulu

Sumber: www.ruangguru.com

Dafa dan Lulu merupakan dua karakter lucu yang berasal dari Ruangbelajar SD dan siap menemani anak-anak selama belajar di rumah.

Belajar dengan ditemani oleh dua karakter imut ini menggunakan pendekatan yang interaktif menggunakan animasi dan materi pembelajaran yang pas banget untuk para #AnakPintar kebanggaan keluarga!

Tak hanya itu, materi yang diajarkan di Ruangbelajar SD ini menerapkan metode pembelajaran tematik yang disesuaikan dengan kurikulum di sekolah.

Pastinya, anak-anak tidak akan ketinggalan materi sekolah dan tidak akan bosan belajar.

3. Adapto

Sumber: www.ruangguru.com

Adapto adalah salah satu fitur yang baru launching oleh Ruangguru. Metode pembelajarannya melalui video belajar yang dapat disesuaikan dengan kemampuan pemahaman setiap siswa. 

Adapto memberikan pengalaman belajar yang jauh lebih interaktif, membuat Anda merasa seperti memiliki tutor di rumah.

Fitur Adapto juga menyediakan opsi jawaban langsung untuk memahami materi yang sedang dipelajari sehinga membuat pemahaman lebih terukur.  Tak hanya itu, Anda juga bisa memilih cara penyampaian materi yang dibawakan tutor.

Baca juga: 7 Kelebihan Menggunakan Aplikasi Belajar Online

4. Playlist Belajar

Ini dia satu-satunya fitur yang hanya ada di Ruangguru, yaitu Playlist Belajar. Nah, dalam Playlist Belajar ini berisikan kumpulan video pembelajaran yang telah diurutkan dan disesuaikan dengan kebutuhan kamu.

Tujuan dari fitur Playlist Belajar ini adalah untuk menciptakan kebiasaan disipilin terkait materi apa yang harus siswa-siswi pelajari setiap minggunya.

Nantinya, mereka dapat dengan mudah melanjutkan materi tanpa harus mengulang dari awal. 

5. Subtitle video

Subtitle video ini dibuat berdasarkan pada tolok ukur untuk aplikasi pembelajaran, terutama pada konten yang telah direkam sebelumnya.

Cara kerja fitur ini seperti transkrip yang menyediakan tampilan kata demi kata sehingga dapat membantu siswa untuk merekam video pembelajaran.

Nantinya, siswa dapat melihat kembali konten secara detail selama menonton video, dan memahaminya tanpa ketinggalan poin penting.

Baca juga: Makin “Nyaman dan Betah” Belajar dengan 6 Fitur Baru Ruangbelajar

6. Fitur pencarian

Fungsi pencarian ini berfungsi sebagai jalan pintas bagu pengguna dalam memudahkan pencarian materi yang harus dipelajari di aplikasi.

Jadinya, siswa tidak kerepotan lagi dalam mencari materi karena sudah ada cara tercepat untuk menemukan materi pembelajaran.

7. Pet Mission

Jika Anda adalah penggemar game online yang kesulitan belajar, wajib banget mencoba fitur yang satu ini.

Yaps, fitur Pet Mission ini telah terbukti sebagai salah satu fitur yang dapat mendorong pengguna yang suka bermain game online menjadi lebih semangat belajar.

Cara penggunaannya sangat mudah. Pengguna aplikasi cukup mengikuti misi hewan peliharaan harian yang disediakan pada halaman evolusi hewan peliharaan.

Anda hanya perlu menyelesaikan 4 misi selama satu minggu, dan secara otomatis akan mendapatkan reward berupa 1 batu evolusi hewan peliharaan. Wah, keren banget kan!

8. Tes Minat Bakat

Nah, salah satu kelebihan dari Ruangbelajar ini adalah adanya fitur tes minat bakat yang mengusung tes psikologi dalam bentuk tes RIASEC (Realistic, Investigative, Artistic, Social, Enterprising and Conventional). 

Tujaun dari tes minat bakat ini adalah untuk membantu siswa-siswi dalam memperkirakan karier yang sesuai dengan diri masing-masing.

Selain digunakan untuk mengukur kemampuan, hasil dari tes ini dapat menemukan jurusan-jurusan sesuai minat dan bakat dimiliki oleh setiap anak.

9. Konsep Kilat

Terakhir, ada konsep kilat yang merupakan produk inovasi dari Ruangguru yang dapat memantapkan siswa dalam menghadapi Ujian Tertulis Berbasis Komputer atau UTBK.

Dengan konsep kilat ini, siswa-siswi dapat memindai soal yang sudah dikerjakan dengan mudah melalui aplikasi Ruangguru. Setelah itu, mereka akan mendapatkan hasil score. Keren banget, kan!

Seru banget ya fitur-fitur baru dari aplikasi belajar online terbaik Ruangbelajar ini. Tentunya semua fitur tersebut akan sangat memudahkan siswa-siswi agar lebih semangat belajar.

Pastinya semangat terus dong! Yuk, langganan Ruangguru sekarang untuk mempersiapkan dirimu di semester baru nanti!

Ada spesial diskon hingga 80% setiap membeli salah satu kelas di Ruangguru dengan gunakan kode promo: XRUANGMAHASISWA atau klik di sini 


Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai seleksi masuk perguruan tinggi, perkuliahan, hingga tips terkait karir, pantau terus website Ruang Mahasiswa dan follow instagram kami di @ruangmahasiswa. Sampai jumpa!