Malang, 24 Agustus 2020– Ditengah mewabahnya covid-19 dan berlakunya new normal di Indonesia, Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) melakukan Kuliah Kerja Nyata Bhaktiku Negri (KKN-PMM).

Tema yang diusung oleh mahasiswa KKN 64 dibawah bimbingan bapak Ary Bakhtiar, S.P, M.Si ini adalah “Meningkatkan Ekonomi Masayarakat melalui tanaman rempah”, yang ada di desa Sumberpucung.

Pada program kerja kali ini mahasiswa KKN kelompok 64 UMM memberikan pengetahuan terlebih dahulu kepada masyarakat tentang tanaman rempah yang mempunyai banyak manfaat yang jarang diketahui masyarakat.

Kegiatan ini lebih menargetkan kepada ibu-ibu Rumah tangga dan diharapkan dengan adanya pelatihan ini, para ibu rumah tangga dapat membuka peluang untuk usaha sampingan.

Baca juga: Edukasi Pola Hidup New Normal di Masa Pandemi Covid-19 – KKN 64 UMM

Melinia dan Findy selaku mahasiswa dari jurusan Farmasi memberikan edukasi terkait pembuatan jamu dan khasiat dari masing-masing tanaman rempah tersebut, selain itu mereka juga memberikan tips dan trik bagaimana menghasilkan rempah-rempah yang baik.

KKN PMM - Universitas Muhammadiyah Malang

Acara ini berlangsung 2 sesi, yaitu:

  • Sesi pertama tentang seluk-beluk jamu, dan
  • Sesi kedua tentang cara pemasaran jamu tersebut dengan tampilan yang menarik konsumen yang diarahkan langsung oleh Gamajaya dan Prima.

“Jamu ini kami beri nama jamu tangguh karena khasiat secara umumnya dapat meningkatkan imunitas tubuh.” Kata Gamayaja sambil membagikan produk jamu yang telah mereka buat terlebih dahulu dan dikemas dengan tampilan yang menarik..

Antusias masyarakat Sumberpucung sangat baik, mereka menyimak semua materi yang diberikan mulai dari awal hingga akhir bahkan ada pula yang membawa buku untuk mencatat hal-hal yang menurut masyarakat tersebut penting.

KKN PMM - Universitas Muhammadiyah Malang

Masyarakat sangat berterimakasih sudah diberikan ilmu yang bermanfaat atas pelatihan yang diberikan, “Terimakasih banyak kepada anak-anak KKN, sudah memberikan pelatihan kepada kami. Jadi kan kita gini jadi punya pemikiran usaha cara buat jamu dan cara jualnya” ucap Bu Iin salah satu ibu rumah tangga.

Baca: Cara Tetap Hemat dan Terjaga di Masa Pandemi – KKN 64 UMM

Diketahui bahwa dengan adanya pandemi ini banyak sekali hal yang ditimbulkan, salah satunya PHK yang menyebabkan perekonomian keluarga menjadi tidak stabil.

Dengan adanya pembuatan produk jamu dengan kemasan yang menarik ini diharapkan mampu membantu kelangsungan hidup masyarakat.

Penulis: Tim KKN 64 PMM 
Universitas Muhammadiyah Malang